NAVY BRIDESMAID CARD – hi.paperdesign

bd5bd6bd7bd8bd9bd10bd11bd12bd13bd14

Advertisements

HAPPY MIND, HAPPY LIFE

True story of a friend :

4da1aed62de598b9b3962355898d2821

Ketika Usaha mu di nilai tidak penting, maka saat itulah kamu sedang belajar tentang keikhlasan”

sesuai dengan quotes di atas, seorang teman bercerita mengenai kehidupan rumah tangganya. yang baru ia bina sekitar 2 tahun kurang. usia pernikahan yang masih sangat muda. sudah di karuniai 1 orang puteri. dia sama seperti saya, bukan seorang wanita Karir, setelah menikah ia memutuskan untuk menjadi Ibu rumah tangga. sebut saja nama teman saya itu Jelita.   Ia merasa suaminya sudah tidak seperti dahulu. yang selalu berbicara dengan konotasi yang rendah, akhir-akhir ini suaminya selalu mudah emosi, kalau di mintai tolong seperti tidak ikhlas, selalu di awali dengan emosi. tapi ternyata Jelita bilang suaminya sudah mulai berubah semenjak ia hamil. memang sih, suaminya kalau kerja pulang selalu tepat waktu, tidak pernah telat. selalu berusaha pulang cepat karena saat itu istrinya sedang hamil. ia merasa suami nya sedang di atas angin, dimana posisinya seperti yang merasa dibutuhkan sehingga berperilaku semaunya. berbeda saat mereka masih pacaran dulu, ketika Jelita mengeluh sakit, sang suami banyak memberikan perhatian, setelah menikah, saat jelita mengeluh sakit, suami malah marah padahal jelita juga tidak membutuhkan yang lain, hanya ingin mengeluh kepada suami dan di beri sedikit perhatian, ketika fisik terasa sakit, batin pun ikut sakit. Jelita bilang sebenarnya setelah menikah ia berjanji pada dirinya sendiri, tidak mau cerita atau curhat soal rumah tangga kepada siapapun termasuk kepada keluarga khusunya orang tua. tapi, saya pun merasakan apa yang di rasakan jelita, sebagai ibu rumah tangga yang daerah kekuasaannya hanya sebatas di rumah, berbeda dengan ibu pekerja yang mungkin bisa saja meluapkan emosi atau kekesalannya ke teman kantor atau sekedar ke mall untuk refreshing. Mungkin itulah salah satu kejenuhan seorang Ibu rumah tangga, ketika yang dibutuhkan itu hanya sekedar teman berbicara.

Jelita bilang, sebelum menikah memang ia nakal, ia pernah selingkuh. karena posisinya saat itupun dia sedang merasa di atas angin juga. sang suami memohon-mohon dan jelita dengan angkuhnya pun mengacuhkannya. hingga akhirnya sampailah dimana mereka memutuskan untuk menikah karena Jelita juga tidak mau menikah dengan selingkuhannya karena banyak sebab. Setelah menikah, semua berubah Jelita sudah tidak mau memikirkan lagi mantan selingkuhannya itu, tapi jangan salah, Jelita berselingkuh juga ternyata sebelumnya sang suami pun pernah berselingkuh. Yap ! saya pun merasakan hal yang sama, dimana karma itu pasti berlaku, walaupun Jelita tidak berniat selingkuh, siapa sih yang bisa membolak balikkan hati. saya pun tau saat Jelita dulu pernah terpuruk juga saat sang suami berselingkuhPEOPLE WHO CREATE THEIR OWN DRAMA. DESERVE THEIR OWN KARMA. kirain hanya saya yang merasakan hal seperti itu, ternyata memang itu fase kehidupan. percayalah karma memang ada gengs!

kadang sepertinya harus berterimakasih juga dengan masa lalu. kalau tidak melalui jalur seperti itu mungkin hari ini pun tidak mungkin seperti ini. saya dan suami pun sudah merasakan bagaimana rasanya disakiti dan menyakiti, selingkuh dan di selingkuhi. so,  saya sudah tidak aneh lagi kenapa banyak orang yang berselingkuh. ya! karna saya pernah tau rasanya, emang sulit di deskripsikan, intinya manis di awal, akhirnya yaaa gitu deh.

oops! saya jadi keikutan baper inget masa lalu.  balik lagi ke curhatan Jelita, ia bilang setelah menikah dia mau fokus dengan keluarganya, tidak mau lagi mengenang masa lalu nya. apalagi tidak lama setelah menikah Jelita langsung hamil, jelas saja dia akan fokus dengan kehamilannya juga. kurang lebih waktu usia kehamilannya sekitar 2 bulan, ia sedang ngidam ingin makan Richeese, saat itu suaminya ngga mau pergi dan malah marah-marah. sontak saja Jelita ikutan sedih, di tambah kondisinya lagi ngidam. karena lelaki tak tau rasanya kalau ngidam itu seperti apa dan kalau ngga di turutin sedihnya seperti apa ahhaa. dari situlah suaminya mulai terlihat sering marah-marah lagi. (memang sih katanya marah-marahnya atau galaknya saat ini ngga sejahat dulu waktu dia pas waktu selingkuh) cuma kurang lebih sekarang karena sudah menikah juga suaminya mungkin sudah merasa jelita tidak akan lari kemana-mana lagi. dan jelita pun maunya mempertahankan pernikahannya dengan tidak mau cari gara-gara. hanya saja menurut Jelita, sekarang-sekarang ini disaat Jelita ingin berniat baik ingin menyenangkan suaminya pasti selalu salah, dan bikin suaminya marah. ya! itu bikin jelita frustasi. kenapa selalu salah. kenapa niat selalu tidak sesuai dengan realita. Yap, pada intinya Jelita hanya ingin belajar lebih baik. niatnya selalu di patahkan suaminya, suaminya selalu menganggap Jelita tidak bisa, kurang lebih tampak melecehkan, seolah tak percaya bahwa jelita Bisa. Jelita selalu di anggap tidak bisa melakukan pekerjaan multitasking, yang melakukan pekerjaan lebih dari satu. Kata siapa ? Sebelum menikah, Jelita sama seperti saya, Pemalas. tidak pernah melakukan pekerjaan rumah sama sekali, jarang di rumah, dan suka jajan. setelah menikah dan akhirnya punya anak semua pekerjaan dia belajar harus manage dengan baik, harus tau kapan jam anaknya bangun, harus tau kapan waktunya menyetrika baju, mencuci baju, beres-beres rumah. itu semua harus di lakukan saat anaknya tidur. kalau pas bangun, ya waktunya hanya untuk anaknya. gak mungkin kan anaknya di anggurin haha. dan berusaha setiap suaminya pulang rumah keadaan rapi. itu sungguh pekerjaan yang hebat untuk jelita, karena seumur hidupnya itu dia malas-malasan. dan selalu berantakan. perubahan yang drastis.

Saya pernah bertanya, apa kamu menyesal menikah dengannya? jawabannya Tidak. saya selalu bersyukur bisa menikah dengan dia, saya kenal lama dengan dia, saya tau saat dia jahat seperti apa, saat dia berubah menjadi baik seperti apa. walaupun dia seperti itu, dia masih lebih baik dari pada orang lain , menurut saya. kalau saya menyesal, trus saya mau apa ? saya tidak mau punya rasa menyesal, mungkin memang kalau berumah tangga seperti itu, tidak mungkin selalu lurus. konflik selalu ada, tinggal kita menyikapinya seperti apa. dan nikmatilah. walaupun dia seperti itu, dia suami saya, saya sayang dia, dia sayang saya dan keluarga kecil saya, hanya mungkin cara penyampaian dan timing kami selalu salah sehingga kami selalu bertengkar. lalu, kalau dia tau ini adalah resiko suatu pernikahan, kenapa dia harus panjang lebar cerita sama saya? oh yaa ternyata dia hanya butuh teman untuk mencurahkan keluh kesahnya sementara, dia tidak berani lagi cerita dengan lawan jenis, yap pengalaman saat sedang menhadapi masalah kemudian cerita dengan lawan jenis, malah timbul kenyamanan tersendiri. kita sudah menikah bro! jaga jarak aja dengan lawan jenis, kita tidak akan pernah tau kedepannya seperti apa, lebih baik mencegah sebelum terjadi hal yang tidak diinginkan. dia hanya ingin suaminya memperlakukan dia dengan baik dan tidak berbicara keras lagi. walaupun kadang suaminya itu katanya kalau marah tidak lama kemudian dia minta maaf. marah suaminya itu sebentar tapi kata-katanya cukup menyakitkan. sehingga refleks Jelita selalu menangis di buatnya. Apa dia harus melakukan semuanya sendiri lagi seperti dia sebelum menikah? kalau suaminya di mintai tolong selalu marah. tapi kalau melakukan sendiri, suaminya merasa tidak di hargai, so? serbasalah memang jadi wanita.

 

dari cerita di atas, kesimpulannya adalah hidup rumah tangga itu rumit, kadang mudah di jalani tapi kadang juga terasa berat. Pilihan untuk menjadi Ibu rumah tangga sebenarnya bukan pilihan sulit, tapi awalnya saya memang tidak berniat jadi IRT, semenjak menikah dan hamil, sayapun memutuskan untuk menjadi IRT, dengan sendirinya keinginan itu muncul. menjadi IRT pun ternyata tidak mudah, mengerjakan pekerjaan rumah yang tidak selesai, dari pagi ketemu malam masih selalu ada pekerjaan segunung, di tambah sekarang sudah punya bayi (walaupun kadang segitu masih di anggap saya tidak melakukan apa-apa, apalagi kalau sehari berantakan, di anggapnya saya masih jadi seorang pemalas, padahal sakiyeu ge uyuhan , dari anak pemalas seperti saya bisa melakukan kerjaan rumah, menurut saya ini suatu kebanggaan tersendiri, dan masih saja selalu di remehkan, resiko anak pemalas begitu, selalu di cap malas meski berniat berubah hahaha ) selain itu IRT pun membutuhkan teman bicara, butuh hiburan. saya selalu mencari cara supaya saya tidak bosan di rumah, untung saja di rumah saya ada fasilitas wifi yang bikin otak saya cukup segar, bisa semangat melakukan sesuatu. bisa mencari inspirasi dan tentunya bisa berjualan online. terimakasih teman, sudah berbagi pengalaman. Sebut dia Jelita karna nama asli disamarkan. hahaha

 

Demam Pertama Ragnar – Imunisasi DPT

26 oktober 2016, jadwalnya Ragnar Imunisasi. dan hari ini kebetulan jadwal imunisasi DPT. yang katanya mampu meningkatkan kekebalan tubuh seseorang secara aktif terhadap penyakit Difteri, Pertusis, dan tetanus. dan saya denger efek samping dari imunisasi ini bikin anak demam atau anget. 2 hari ini kebetulan Ragnar agak rewel, maunya nempel mulu. di tinggal sedikit dia pasti bangun. dan nangis. sebenernya dia kenyang juga cuma dia minta nenon terus. pas hari ini jadwalnya imunisasi, dan imunisasi nya bikin rewel, cocok! makin rewel dan makin nemplok nih.

sepanjang perjalanan di mobil menuju bidan, Ragnar ngga mau tidur. maunya duduk. biasanya dia kalo imunisasi tidur. hari ini itu dia lagi susah di tidurin karena selalu kebangun sebentar-sebentar dan bikin saya jadi ngga bisa beraktifitas karena dia nangis mulu. sepertinya dia kena grow spurt lagi. Grow spurt  itu adalah  sebuah kondisi saat pertumbuhan bayi berjalan lebih cepat dari biasanya. bulan lalu sempet seperti ini juga dan memang setelah itu dia sudah pintar dan mau mulai di ajak ngobrol dan matanya pun mulai fokus, jadi udah asyik di ajak bercanda. nah kali ini dia mau pinter apa ya?

sesampainya di bidan, dia masih belum tidur, alhasil dia di suntik dalam keadaan melek dan akhirnya nangis lah sejadi-jadinya. Duh rasanya saya ngga tega lihat dia d suntik. sesampainya di rumah, saya segera memberikan obar paracetamol drop yang di berikan bidan tadi. katanya mencegah panas. yang ternyata tengah malem pun masih aja demam. jam 11 malam itu, dia masih belum begitu panas. suhunya pun masih sekitar 36 derajat. dan sampai akhirnya jam setengah 1 malam mendadak nangis kejer yang bener-bener ngamuk, setelah saya pegang jidatnya badannya panas. pas di cek suhunya naik menjadi 38.4 derajat. karena ini pengalaman pertama untuk saya mengatasi anak sakit, saya mencoba untuk tidak panik dan harus tenang. saya coba pakai kompresan bawang yang di tumbuk. tapi ternyata pas Ragnar sedang menyusui, entah kenapa badan nya Ragnar mendadak seperti yang agak kejang. Dia memang mudah kagetan, tapi malam itu saya merasa kagetannya agak beda, mata nya agak melotot dan kagetannya pun tidak hanya sekali tapi berkali kali dalam waktu beberapa detik, disitu saya mulai panik. hal yang saya lakukan pertama adalah browsing, apa itu termasuk kejang demam.

saya baca baca memang sebagian ada yang mengalami kejang demam setelah melakukan suntik imunisasi DPT, katanya kalau sampai tahap kejang itu biasanya ada turunan. menurut Ibu saya, saya belum pernah sampai kejang / step. tapi ternyata suami saya pernah. menurut artikel-artikel yang saya baca, baiknya si anak di tidurkan dalam keadaan miring, benar saja. alhamdulillah nya Ragnar tidur pulas setelah di posisi miring. minimal jadi tidak begitu kagetan. saya masih bingung itu benar demam kejang atau bukan. berharap sih bukan, hanya kagetan seperti biasa. karena tidurnya miring, akhirnya kompresan bawang di sudahi. di ganti jadi kompresan air hangat. pada intinya saya mengawasi jangan sampai panasnya sampai atau melebihi 39. jadi semalaman itu saya benar-benar jadi zombie yang mengawasi dia sampai pagi.

menjelang pagi pun panasnya masih ada, walaupun agak turun. sampai siang pun masih hangat. tapi sudah bisa tertawa-tertawa seperti biasa, yap! tapi masih rewel dan tidak mau di tinggal. setiap minum obat, wajahnya menunjukkan  rasa ketidaknyamanan. beberapa yang tau boleh sih bayi di kasih air putih sedikit kalau minum obat, tapi saya ngga berani kasih, jadi mungkin rasanya di mulutnya kurang enak. lebih baik saya cari tau cara lain supaya mengobati anak tanpa harus minum obat ya. kasian juga kalau minum obat, atau anak bayi sudah terkontaminasi dengan bahan kimia. setelah saya cari tau, ada yang namanya young living essential oil yang katanya minyak ajaib bisa membantu menyembuhkan beberapa keluhan untuk dewasa dan untuk bayi. akhirnya saya memutuskan memesan minyak ajaib itu. review menyusul karena barangnya belum sampai.

Kami pulang ke rumah bertiga!

img_3851
foto keluarga pertama

16 Oktober 2016, setelah hampir 2 bulan tidak pulang ke rumah sendiri karena masih tinggal di rumah orang tua pasca melahirkan, akhirnya hari ini saya pulang. kangen banget dengan situasi di rumah. bedanya saat ini sudah bawa Ragnar kesini. Haha.

hari pertama ragnar di rumah, dia biasa aja tuh. gak nangis. artinya betah kali ya haha. malam hari nya pun tidak begitu rewel. hari pertama lulus. ternyata di hari kedua, tengah malamnya dia nangis sejadi-jadi nya. pokonya rewel. biasanya kalau di rumah orang tua, pas rewel gitu minimal ada yang gendong dan ngajak main, sekarang sendiri. tapi saya ngga mau ngeluh juga, ini kan kepingin saya juga buat segera balik ke rumah sendiri. jadi nikmatin aja ya sis!

hari kedua, saya mulai sibuk dengan beres-beres rumah. karena 2 bulan gak di isi kebayang dong berantakannya kaya apa, di tambah kemarin itu rumah saya ada sedikit perbaikan. jadi banyak barang yang berceceran. harus di susun ulang seperti awal lagi.

mindset saya dari awal, saya pasti bisa melakukan pekerjaan rumah, pekerjaan onlineshop, dan ngurus ragnar. saya ngga pernah mau anggap itu suatu beban, dan harus saya nikmati. walaupun saya baru sebagai ibu, pertama kali nya ngurus anak bayi, saya ngga boleh panik. harus tenang biar semua juga tenang. alhamdulillah sudah 2 minggu ini saya di rumah, saya bisa menghandle  semua nya sendiri, tanpa rasa capek sama sekali. malam-maam masih jadi zombie karena Ragnar tiap jam 12 malam- jam 2 dini hari-jam 4 subuh selalu bangun kadang minta susu kadang minta main. lama-lama juga saya sudah bisa mengerti mau dia apa. hahhaa karena awal-awal saya bingung kenapa dia rewel terus tiap malem. setelah saya paham mau dia apa minimal saya ajak dia ngobrol sebentar sampe dia capek, trus nenon , akhirnya pules dan bangun jam setengah 6. rewel nya sekarang agak lumayan lah ya.alhamdulillah Ragnar anak soleh, setiap saya mau melakukan sesuatu di rumah saya selalu bilang sama dia kalau saat dia lagi nenon, tiba-tiba dia lepas dan tidur pulas. minimal saya juga harus tau jadwal bangun tidurnya dia, jadi saya juga harus menyesuaikan pekerjaan saya dengan jadwal bangun dia. kadang saat saya tengok ke kamar, tau nya dia lagi asyik nonton tv tanpa nangis, alhamdulillah dia ngerti bundanya lagi sibuk kerja hahha. kalau dia bangun, pasti saya sempatkan untuk menghampiri dan ngajak ngobrol dan temani dia sampai tidur lagi.

sejauh ini karena dia juga belum begitu banyak gerakan yang ekstrim, jadi masih bisa di tinggal tinggal untuk beraktifitas. semoga selalu begitu ya nak! dalam hal mengurus anak ini, saya santai. kalau dia nangis, dan kebetulan saya lagi tanggung ngerjain sesuatu, saya minta dia untuk menunggu dan bersabar. kadang kalau dia lagi keadaan tidak lapar dia mau sedikit bersabar, kalau lagi lapar, jangan di tanya! haha. saya juga jarang menggendong dia kalau di rumah, paling kalau di jemur pagi dan nongkrong sore depan rumah, selebihnya kami masih menghabiskan waktu di kamar. kenapa jarang gendong? pertama berat. kedua kasian juga takutnya dia sakit badan, ketiga akhirnya dia kalau tidur ngga usah di gendong dan itu sungguh beruntung ngga bikin saya ribet. kalau mau tidur cukup nenon sambil tiduran, dia tertidur tanpa saya pindah sana sini jadi dia tidak mudah terbangun. dan saya bisa melakukan akifitas saya yeay!

Breastfeeding journey

Hari ini tepat usia Ragnar 7 minggu. Sore ini saya sedang santai sambil menyusui ragnar dan menonton acara televisi. Ketika saya di sibukkan dengan Ragnar yang selalu sibuk saat minum susu (tangan dan kaki nya gak mau diem) saya jadi teringat ketika saya pertama kali menyusui Ragnar. Beberapa jam setelah Ragnar lahir, dia menangis meronta-ronta mungkin lapar. Tangisan nya yang kencang bikin semua orang kasihan! Haha saat setelah melahirkan saya tidak melakukan IMD (inisiasi menyusui dini) karena saat itu ragnar belum menangis, lalu segera di bawa ke ruangan sebelah. Satu jam kemudian, susternya membawa Ragnar dan menyuruh saya menggendong , iya itu adalah moment pertama saya liat wajahnya.  Rasa nya susah di deskripsikan bagaimana bahagianya saat itu. Tidak lama kemudia suster kembali membawa Ragnar untuk di bawa ke ruangan lantai atas.

Saat itu saya masih di ruangan bersalin, setelah itu saya ke ruangan dimana saya akan menginap satu hari saja. Di dalam kamar semua keluarga saya sudah berkumpul. 

Ragnar nangis, iya nangis! Dia mau minum susu. Kembali saya menggendong ragnar, bingung! Gimana nyusuin nya nih!! Akhirnya ragnar di sodorkan payudara saya, iya dia mangap-mangap, memang sepertinya dia kelaparan. Tapi setelah disodorkan ternyata dia tampak kesel karena putingnya gak keluar, saya panik! Ragnar makin heboh. Semakin saya panik dia semakin riweuh.

Saya berniat ngasih ragnar asi eksklusif jadi jangan sampai di racuni pikiran untuk dikasih susu formula. Gak lama akhirnya dia tidur di pangkuan saya. Karena kondisi badan yang masih lemas., saya minta tolong kakak ipar saya untuk menaruh ragnar di kasur. 

Malam itu alhamdulillah lancar! Ragnar tertidur juga.

Eh Ternyata, saat tengah malam ragnar bangun, nangis sejadi-jadinya, bedong udah berantakan. oh my God! Ini bayi tenagany super duper gede banget, kembali berontak karena lapar. Saatnya belajar menyusui sambil tiduran. Lagi-lagi kesel karena gak dapet putingnya. Akhirnya di eyong-eyong dia tidur juga.

Subuh tiba, saya ingat saya bawa breast pump. Saya coba pumping payudara saya. Yes keluar! Masih berwarna kuning. Belum banyak tapi alhmdulillah. Metode ysng di gunakan untuk ngasih makan ragnar akhirnya make sendok, it works! Cuma terlihat dia sangat tidak sabaran. 

Finally, waktunya pulang. Hari pertama saya tinggal di rumah mertua saya. Sesampainya di sana disambut juga para tetangga yang pengen lihat adik bayik! 😍

Kondisi saya, kaki masih sakit di bawa jalan, badan, kaki masih bengkak. Jalan masih perih perih nikmat haha. Selama di rumah mertua Ragnar di gendong nenek nya karena saya juga masih nasa pemulihan belum berani banyak gendong karna badan masih sakit. Jadi saya hanya sibuk pumping asi. Awal keluar selalu 10ml, Ragnar selalu minta nambah jadi selalu rewel dan nangis. 

Saya mencoba bersikap tenang, karena saya tau bayi 1-3 haru itu kalaupun tidak di kasih minum dia masih kuat. Dan kalaupun minum perutnya masih sebesar kelereng atau sekitar 5ml cukup. Saya tenang belum tentu juga di sekeliling saya tenang. Saat Ragnar meronta-ronta nangis, neneknya pun kasian. Ditambah Ragnar belum pipis, karena asupan cairan nya kurang. 

Datanglah teman saya yang menjenguk ragnar. Kebetulan memang dia sudah punya anak. Ibu mertua saya nanya, gapapa kali ya kalo di kasih susu formula? Abis nangis terus kasian. Jawab teman saya ya gapapa kasian juga kalau nangis terus. Saya mau melarang rasanya gak enak. Alhasil saya nerimo juga liat Ragnar di kasih sufor untuk pertama kalinya. Rasanya sedih aja sih, karena niat saya ngasih asi eksklusif gagal, tapi mungkin itu memang lebih baik daripada Ragnar nangis terus. 

Rasa menyesel ada juga kenapa harus buru-buru di kasih sufor, nyatanya memang normalnya asi mulai banyak setelah Hari ke 3. Saya gak mau merasa stres, mau d bawa enjoy biar asi saya makin banyak. Makan sayuran hijau biar produksi asi meningkat.  Alhamdulillah pemberian sufor itu hanya satu hari dan sampai saat ini Ragnar di beri asi. Sengaja saya tidak menaruh sufor d rumah karena biar tidak ada setan yang menghantui saya untuk ngasih Ragnar sufor haha. Saya tidak anti sufor, hanya saja kalau ada susu gratis pemberian Allah yang jauh lebih kaya manfaat kenapa harus pakai sufor. Jelas manfaat dan kandungannya jauh lebih baik dari sufor.

Asi sudah lancar, tapi bukan berarti masalah selesai. Permasalahan lagi adalah Ragnar masih belum bisa menyusui langsung karena puting rata. Setelah satu mingguan akhirnya saya membeli nipple shield dari pigeon. Katanya bisa membantu bayi menyusui langsung dari puting. 

Setelah di coba, yap! Ragnar mau, hanya saja sebenarnya saya agak khawatir juga karena tekstur nipple  ini menurut saya agak besar, saya hanya takut nanti keterusan . Saat itu saya belum menperkenalkan dot.selain menggunakan nipple metode menyusui masih dengan cara disuapi pakai sendok. Setelah 2 minggu akhirnya saya memperkenalkan dot . Saya coba pakai pigeon peristaltic wide neck. Karena setiap malam dia rewel minta susu, agak ribet kalau nyendokin dalam keadaan ngantuk jadi belepotan dan takutnya berbahaya juga kalau nyuapi dalam keadaan ngantuk. Dia memang enjoy menggunakan dot, tapi kendalanya dia minumnya semakin cepat dan makin gak sabaran. Ditambah botol susu nya yang 240ml, jadi dia udah keenakan ngenyot sampai akhirnya saat susu habis pun dia masih mau ngenyot. Alhasil kembung! Jadi gumoh. Solusinya saya ubah ukuran dot nya yang lebih kecil, dan dia masih mau.

Saya tanya ke beberapa teman saya yang memang menggunakan Nipple juga. Mereka bilang nanti dia juga bis terbiasa tanpa nipple. Saya yakin dan percaya pasti bisa! Karena cukup repot juga pakai nipple, yang pasti harus bersih , harus di sterilkan, dan lumayan riweuh kalau Ragnar sudah keadaan lapar banget tapi nipple  lepas terus. Alhasil semua panik. 

Sempat takut juga dia sudah kenal dengan dot, dan keenakan pakai nipple jadi ngeri dia bakal bingung puting. Ragnar bayi pintar, saat usia 3 minggu, tanpa sengaja saat saya lagi malas mencuci nipple, keadaan belum merah asi di botol, dan Ragnar udah nangis kejer. Akhirnya saya coba untuk menyusui langsung tanpa nipple , kembali bersyukur dia mau menyusui langsung!. Pertama saya coba di payudara kanan. Dia tampak jauh lebih nyaman. Saya khawatir takutny kalau nanyi payudara di tutup puting ny masuk kedalam lagi dan ragnar sulit menyusui lagi. Tapi saya tetap berfikir positif , saya yakin ragnar bisa. Setelah saya coba tes dia menyusui di payudara kiri, ternyata dia mau juga! Akhirnya dia bisa menyusui tanpa nipple!  Dan hingga saat ini jadi nya fia menyusui langsung sampai akhirnya sambil tiduran pun dia sudah bisa menyusui langsung. Dia pun lulus tidak bingung puting karena sebagian besar saya susui langsung, penggunaan dot hanya saat saya tinggal sebentar atau saat di luar.

Pengalaman menyusui pertama kali rasanya menyenangkan walaupun rasanya sakit. Padahal dia belum punya gigi tapi rasanya sakit juga. Akhirnya di siasati setiap dia mau menyusui dan setelah menyusui pinggiran puting di basahi dengan asi. Yang katanya bisa mengurangi rasa sakit. Sejauh ini berhasil, sakitnya hanya saat awal dia menyusui lama-lama tidak begitu sakit. Entahlah gimana sakitnya saat dia sudah punya gigi ya?! Haha

Selamat datang ragnar!

Hari ini kamis, 15 september 2016. Yap udah lama sekali gak nulis blog semenjak kehamilan pas 9 bulan.  Hari rabu kemarin tepat debay sudah berusia 4 minggu. 

Oia nama anakku Ragnar Putra Wibowo , nama ragnar ini emang udah lama direncanakan, dari pas hamil 7 bulan, yang artinya pemimpin bijaksana. Biar kelak ia jadi seorang pemimpin.

Mau share pengalaman melahirkanku nih. Tanggal 17 agustus kemarin.

HPL ku sebenarnya tanggal 12 agustus, tapi dari sebelum tanggal 12 agustus itu belum ada tanda tanda mules, yakin nih pasti hpl mundur, cek ke dokter katanya klo hpl sesuai usg itu tanggal 29 agustus. Waduh mundurnya kok lama banget yak! Orang-orang sekitar udah pada nanya-nanya udah mules belum dll, tp emang yang saya rasain biasa aja, belum ada mules atau ada bercak dll. Memang sih keputihan udah agak banyak tapi belum ada darahnya, kata bu bidan kalo sudah ada darahnya baru boleh cek lagi ke bidan. 

Banyak yang menyarankan supaya cepet kontraksi dengan cara berhubungan badan, tapi di minggu minggu itu semua badan lagi bener-bener sakit. Jd agak males juga . Boro-boro buat kaya gitu, jalan pun sulit haha. 

Tanggal 14 agustus saya kembali cek ke bidan, setelah di periksa dalam masih belum ada pembukaan. Mulai agak khawatir nih di tambah orang sekeliling ikut khawatir juga, sampe ada yang menyarankan operasi saja. Sejauh ini saya USG posisi bayi dan lain lain nya normal keadaan bayi sudah di bawah, posisi sudah bagus, saya yakin saya bisa normal dan tidak mau buru-buru ambil jalan operasi karena memang semua normal dan memungkinkan lahiran tanpa operasi. 

Nah tanggal 15 agustus saya mulai keluar bercak darah, langsung saya ke bidan katanya sudah ada pembukaan 1, kata orang orang biasanya kalo sudah ada pembukaan bisa cepet lahiran nih udah predikai jangan-jangan hari ini lahiran. Haha. Tapi kok mules sering nya belum ada. Katanya tanda tanda mau lahiran itu salah satu mulesnya udh per10 menit sekali . Tapi ini masih mules dikit dikit.

Akhirnya tanggal 17 agustus, tanggal merah. Hari libur. Saya rencana periksa lagi ke bidan dan ternyata dia bilang malah belum ada pembukaan, padahal katanya kemaren udah pembukaan 1, bidan bilang itu masih lama dan belum siap lahir, padahal bercak darah sudah keluar terus masa iya belum ada pembukaan. Akhirnya saya segera ke dokter untuk melakukan usg, mau lihat bagaimana perkembangan di dalam sana. Setelah d cek bagian dalam sama dokter ternyata dia bilang bayi sudah d bawah dan siap lahir, hanya saja lubang rahim kecil sehingga belum adanya pembukaan terus, selain itu hasil usg juga menunjukkan ketuban sudah makin sedikit, dan sudah mulai mau pengapuran, karena memang sudah waktunya keluar, besok itu hitungannya sudah masuk 41 minggu! Akhirnya dokter menyarankan untuk lahiran hari ini dengan cara induksi kateter balon. Dengar kata induksi itu dari sebelum lahiran banyak yang bilang sakitnya melebihi sakit mules normal, tapi induksi itu juga ngga bisa sembarangan dilakukan karena banyak resikonya, nah karna kandungan saya sudah melebihi batas hpl jadi di bantu induksi kateter balon unuk membuka lubang rahim yang masih belum mau terbuka. 

Jam setengah 12 siang mulai di masukkan balon ke dalam rahim, gak sakit sih dan biasa saja. Perasaan saya mau lahiran saat itu adalah antara senang, bingung, takut karena itu mendadak banget. Niat saya mau usg aja ternyata lahiran hari itu juga. Alhamdulillah. Haha

30 menit awal pemasangan balon biasa saja, masih bisa jalan ke toilet atau jalan pindah kamar, mulai jam setengah 2 siangvsudah agak mulai mules, tapi masih bisa tertahankan. Semua keluarga sudah berkumpul karena memang pas hari libur kan. Jam setengah 3 sore di cek perawat ternyata sudah langsung bukaan 7. Balon di lepas dan pindah ke ruang bersalin. Mulai deg-degan. Di sebelah saya pun ada ibu muda juga yang sedang melakukan induksi balon juga sama seperti saya, saat itu dia sudah pembukaan 5, jam 3 sore di cek sudah naik ke pembukaan 8. Mules semakin menjadi, bersyukurlah suami mau menemani jadi saya bisa genggam terus tangan nya kalo pas lagi mules. Sempet juga saya bilang ke suami saya kalo saya ga kuat, dia tetep semangatin saya, peranan suami disitu penting banget! Saat saya udah hampir menyerah dia kembali menaikkan semangat. Di tambah lagi saya berfikir kalo semakin sakit berarti debay sudah ingin segera keluar dan cepet ketemu. Akhirnya setengah  4 sore pembukaan lengkap! Dan mulai siap eksekusi. 

Mules yang semakin sulit di deskripsikan, rasanya seperti mau buang air tapi bukan, alhamdulillaah saat itu banyak bidan yang membantu persalinan dan saling menyemangati, karena suasana tujuh belasan kali ya jadi pada semangat. Hahaa 

Saya riweuh juga bilang saya kaya mau buang air nih, semua sibuk nyuruh saya tarik nafas. Akhirnya saat dimana saya harus ngeden. Hampir 5 kali ngeden, sampai akhirnya keluar jugavtepat di jam 15:45. Ternyata si debay posisinya terlilit makanya dia agak sulit keluar, saat bayi keluar rasanya? Spechless, tak henti nya mengucap alhamdulillah bayi keluar normal, lengkap, sempurna. Masih gak percaya saat itu saya bisa melalui proses dimana saya merasa sempurna menjadi seorang wanita, sudah merasakan nikmatnya melahirkan. 

Sulit di ungkapkan saat ragnar di taruh di dada saya. Harusnya sih dilakukan proses IMD (inisiasi menyusui dini) tapi saatbitu ragnar masih belum menangis jadi harus d bawa dulu dan di buat menangis. Akhirnya saya dengar ragnar menangis. Alhamdulillah lengkap sudah jadi istri dan jadi ibu. Selamat datang ragnar!

my journey pregnancy #8month

33 weeks

harusnya 32 weeks itu masuknya k 8 bulan ya  hahaha. ini di awali dari 33 minggu. 8 bulan ini udah mulai deg deg serrr nih.. ternyata tinggal 1 bulan lagi. oh my god! antara bahagia, khawatir dan bingung. tapi banyak yang bilang di bawa rilex aja, maunya sih gitu. kadang-kadang normal lah ya kalo agak khawatir secara ini kehamilan pertama. perut agak kontraksi palsu (keram dan kerasa keras) perut sakit banget padahal itu cuma beberapa detik aja. apalagi entar ya.. hahhaa tapi tetep usahakan tenang dan berfikir positif dan pastinya berdoa untuk kelancaran sampai persalinan.

saya merasa sepertinya si kakak bayi ini semakin membesar berat badannya.. secara kontrol lagi nya setelah lebaran. padahal udah gak sabar banget pengen cek lagi ke dokter. mau tau sekarang berat si bayikk berapa. 

ada keluhan di minggu ini? ada dong. tau gak sih kalau bangun tidur itu sekarang- sekarang ini tulang di miss V atau namanya itu tulang pelvis itu berasa sakit banget apalagi kalau di pake jalan. sempet khawatir sih kenapa ya kok sakit. setelah googling ; ternyata ya itu salah satu proses dari kehamilan. karena si bayik semakin besar otomatis adanya pembesaran di area itu, ada lagi yang bilang katanya artinya si bayik sudah mulai masuk panggul makanya sakit. rasanya kalau tidur bergerak aja susah. 

lebih parah lagi, d usia kehamilan 33 minggu ini, saya keputihan parah. tapi ngga parah-parah banget sih. masih di batas wajar. cuma ga nyaman nya itu loh. jadi berasa lembab dan gak enak aja. 
34 weeks

di usia 34 weeks ini, udah mau lebaran, 5 hari di akhir puasa saya ga puasa, karena entah kenapa nafsu makan lagi meningkat banget. hahaha.. kayanya Berat badan semakin besyar. dan semakin menyadari bahwa perut semakin maju. apalagi pas jalan di mall trus liat di kaca. “eh ternyata perut ini udah besar” pantes aja jalan engap banget, angkat kaki aja susah. hahaha.. di minggu ini kakak bayik semakin aktif, saking aktifnya sampe eneg nya sampai ke tulang. hahaha.. tidur lebih susah bangun telat saur terussss.. padahal ada alarm lho! entah rasanya lelah banget, si kakak bayik nya semakin besar badan bundanya juga makin besar, jadi stamina butuh tenaga extra kali ya makanya sampe alarm aja ga denger saking capeknya wkwkw.

35 week

 Di minggu ini saya udah mulai sering jalan-jalan, katanya biar babynya cepet turun, biar gampang lahirannya,  badan udah terasa berat, bangun tidur rasanya udah sakit banget, ya tapi emang begini tuh namanya hamil, harus d jalankan dengan ikhlas demi kehadiran si buah hatiii (cieeeee hahaha) 

Di minggu ini tendangan mas bayik makin berasa, nafsu makan juga makin banyak. 

36 weeks

Di minggu ini ga tau kenapa lebih sering ngantuk, maunya males-malesan. Padahal harusnya udh mulai banyak gerak karna minggu depAn udah masuk 9 bulan haha. Nafsu makan makin meningkat. Pinggil makin terasa pegal. Dan sejauh ini kaki masih normal katanya kan suka ada yang bengkak tuh. Alhamdulillah saya belum mengalami dan kalau bisa jangan deh haha. Liat di kaca perut makin maju dan strechmark makin banyak . Hiks.  Perut juga lebih sering gatal, itu mungkin yang bikin strechmark makin jadi.

my journey pregnancy #7month

29 Weeks

29 weeks berarti usia kehamilan sudah masuk ke 7 bulan, dag dig dug serrrr .. semakin deket dengan persalinan. perasaan antara takut, bahagia, ngga sabar, ah pokonya campur aduk. keluhan di minggu ini tendangan super sudah semakin kerasa, dan saya merasa banyak banget mengalami keputihan, jadi harus sering ganti-ganti celana. memang bener ya selama hamil itu harus sering bersih-bersih terutama di daerah sensitif. selain itu, di minggu ini saya juga mendadak terkena diare, setelah baca-baca itu bisa di sebabkan pengaruh dari susu hamil, dan ternyata memang benar setelah saya stop dulu minum susu hamilnya, diare nya berkurang. padahal awalnya minum susu hamil itu biasa saja, dan tidak berpengaruh apa-apa. tapi memang, minggu kemaren itu agak males untuk bikin susu, mungkin karna beberapa hari libur minum susu, jadi sekalinya minum lagi perutnya butuh membiasakan lagi, mungkin. 😀

biasanya selama kehamilan ini, saya ngga pernah merasakan keluhan pusing, atau kurang enak badan, justru malah saya semangat melakukan aktivitas. sayangnya di minggu ini berbanding terbalik, badan mendadak drop, agak-agak meriang dan kepala agak pusing. tapi saya sih sangat mengusahakan untuk tidak mengkonsumsi obat. kalo pusing ya saya milih tidur, berharap pusingnya hilang, tapi memang sih saat bangun pun pusingnya belum hilang juga.

30 Weeks

usia kehamilan sudah masuk 30 minggu, si anak emas ini lebih jago nendangnya, terutama tendangan ke arah sebelah kanan, kanan ngerasa benjol sebelah hahaa. kalau duduk di bawah, dia pasti ga mau diem, kadang-kadang tendangannya sampe linu ke tulang-tulang. apalagi kalau sambil makan, aktifnya luarbiasa.

kemarin, saya berniat mau USG 4D di klinik amanda karawang, itu tepat jam 18.30 wib. ternyata disana masih rame banget. sekitar jam 19.15 saya masuk ke ruangan dokter, dan disitu ada Dr. Farid. lihat kondisi anak emas, sehat tapi dia posisinya lagi sujud. dan ngga mau liat ke depan. kata dokternya kalo posisi gitu susah buat 4d karna wajahnya ga kelihatan. agak lama nunggu si bayi ini muter, ternyata dia emang ngga mau muter-muter sampe akhirnya dokternya nyerah. ahhaa mungkin si bayi memang ngga mau ngasih lihat atau dia malu? atau dia lagi bobok?  karna bulan lalu, periksa ke Dr. Sitorus di jam malam juga, posisi si bayi ini memang sama, engga mau tampak depan. OK! ambil kesimpulan di jam itu dia bobok, berarti kalo mau periksa jangan jam segitu. hahha karna sebelum-sebelumnya, kalo tiap periksa pagi, dia pasti ga mau diem, justru cenderung sangat aktif.

 

31 Weeks

sewaktu percobaan USG 4d pertama itu udah usia 30w 5D, dan sekarang lagi mencoba peruntungan buat USG lagi pas di usia 31 W. katanya 31 W itu udah ukuran besar untuk 4d, Tapi di coba saja, siapa tau beruntung kan . hahhaa.. pergi ke klinik amanda lagi, hari ini datang pagi jam 8 pagi, posisi sedang puasa. klinik sepi. berharap si bayi kali ini mau pamer muka dan pamer jenis kelaminnya. setelah masuk dan diperiksa, ternyata si bayi MASIH ngga mau ngasih lihat muka nya, Hiks! dia anteng aja diem sambil membelakangi. jadi yang kelihatan hanya punggung, dan Jenis kelaminnya pun dia tutup rapat-rapat wkwk.. untuk kedua kalinya ayah bundanya di buat kecewa sama debay karna debay nya masih malu-malu. it’s OK! sebenernya rencana nya itu mau USG d Rs. Lira medika, cuma setiap telpon ke sana Dr. Edo nya ngga pernah ada, sekali nya ada, kita yang ngga bisa kesana. sehari setelah kita dari klinik amanda, saya masih penasaran ingin 4d, kebetulan saat saya telpon ke rs lira medika, ternyata Dr. edo nya ada, jelas lah saya dan suami buru-buru kesana. temen saya bilang, kalo mau USG coba adik bayi nya di kasih yang manis-manis, siapa tau dia mau banyak bergerak, jadi bisa USG4d. ok! hari itu saya ngga puasa khusus buat sogok adik bayi biar makan atau minum yang manis-manis. sepanjang perjalanan ke Rs. lira medika, saya makan puding. hihi malu juga engga puasa.

tepat jam 13.20 wib saya sampai di rs. lira medika, saya pun mengejar waktu takutnya Dr. edo nya keburu pergi lagi, dan ternyata bersyukurlah masih bisa ketemu. haha akhirnya waktu pemeriksaan di mulai, sempet deg-degan takutnya si bayi masih posisi yang sama, tapi ternyata metode makan manis-manis  IT WORKS! minimal si bayi mau ngelirik ke depan dan bisa sedikitnya pamer jenis kelamin, yang katanya laki-laki. hehe.. walaupun dia cuma tampak samping tp dari mulutnya, hidungnya, mata nya jelas terlihat. alhamdulillah sejauh ini semua normal. rasanya bahagia bukan kepalang, dan engga sia-sia juga ngga puasa dan panas-panasan kesana. sehat selalu ya bayikkkk!!!

 32 weeks

makin ga kerasa.. perut makin melendung. dan masih belum tau juga mau beli persiapan apa aja. padahal orang-orang udah pada nanya.. “udah beli apa aja??” “udh  beli baju bayi belum?” hahhaa kadang emang pengen rasanya beli beli perlengkapan bayi.. tapi kok bingung ya mau beli apa dulu… butuh bimbingan dari para leluhur yg berpengalaman dalam urusan perbayian.. hahhaa…
keluhan di 32 minggu ini? perut makin berat. jelas!. punggung makin teras remuk? jelas! tapi seperti biasa, di nikmatin aja sis setiap prosesnya, yang penting tau bahwa perjuangan untuk menjadi seorang ibu itu ga mudah. ternyata keluhan-keluhan ini sudah berjalan selama hampir 8 bulan. dan itu gak kerasa kok! setiap hari nya justru senang karena anak mas semakin aktif dan semakin terasa tendangannya.. kaya ada sensasi bahagia bahagia nya gitu deh. hahahaa.. 

di minggu ke 32 ini pas banget di bulan puasa, kadang kadang suka gak kuat nahan haus nih, jadi kadang batal ajalah padahal udh tanggung mau maghrib tapi udah kerasa kaya dehidrasi banget. jangan maksain sis, inget juga ada kakak bayik di dalam perut yang mungkin kehausan hehehe…

Cerita ilmiah tentang cinta #repost

Postingan ini saya buat waktu tahun 2011, setelah saya lihat-lihat blog lama sewaktu saya kuliah. gaya bahasanya dan penulisannya juga kayanya masih asal tulis “banget” haha..

begini,

Saat saya terinspirasi sesuatu untuk membuat suatu catatan mengenai cinta. Yang terpikirkan paling utama itu adalah sebenarnya apa arti cinta ??? yap .. mungkin masih terlalu dini untuk gadis seumuran saya berbicara masalah cinta ((hey kuliah juga belum lulussss udah ngomong cinta-cintaan ^_^)). Tapi setelah membaca buku ilmiah yang memutar otak dari kiri ke kanan dari kanan ke kiri, dari depan ke belakang dan dari belakang ke depan dan akhirnya sampai otak saya ngebul :-D. Buku ilmiah konyol tapi memang cukup banyak mengeluarkan kata “oh iya ya” hahhaaaa ….. ini yang bikin seru .. tenyata banyak hal yang belum saya ketahui.

Begini katanya :

Apa yang sesungguhnya terjadi dengan kepala anda ?? pada tahun 2001 Profesor Semir dan Andreas Bartel mencari relawan-relawan yang sedang “dimabuk cinta”. Para relawan itu merelakan otak mereka untuk dipindai sambil melihat foto kekasih mereka, dan hasilnya menunjukkan kegiatan yang terjadi dalam otak ketika sedang jatuh cinta. Hiruk pikuk terjadi padamedical insula, daerah yang menjadi persimpangan saluran dari seluruh sensor pada otak. Kesibukan yang sama juga sering terjadi pada anterior cingulate yang dikenal sebagai bagian otak yang merespon euphoria-ketika seseorang dalam pengaruh obat-obatan. Pusat kesenangan di daerah basal ganglia otak yang lebih dalam dan lebih primitive juga mendadak heboh. Semakin sibuknya kegiatan dalam korteks postsingulat meningkatkan euphoria. Hormone apa saja yang ditembakan untuk menyemarakan suasana ?? Dopamine, phenylethylamine, testosterone, serotonin, oestrogen, oxytocin dan beragam pheromone.. tidak mengherankan jika cinta membuat gila. Semua kericuhan itu terjadi demi menetaskan generasi berikutnya .

Dalam bidang percintaan yang dikuasai emosi, sebuah gambar, sekali saja terlukis dan tidak akan terhapus oleh realita apapun. Bukan hanya karena pikiran anda ingin melihat apa yang dia lihat, pikiran anda secara aktif tidak mau melihat apa yang tidak ingin dia lihat “

Banyak mendengar kata “Cinta itu buta” saya pun pernah bilang begitu hehehe tapi sebenarnya cinta itu dibutakan dengan sengaja. Ada kutipan kata “Cinta tidak dilihat oleh mata, tapi oleh pikiran, dan oleh sebab itu cupid bersayap dilukiskan buta” ada benarnya juga. suatu ketika saat kita melihat seseorang, dia terlihat biasa, tapi kenapa kita selalu memandangnya ? apa yang membuat dia itu begitu menarik ?? beda hal nya dengan seseorang yang hanya kita lihat dengan mata, terkadang sering ada kata “bosan”. Jika hati berkata ya, maka mata adalah hanya sebagai media. Apapun yang di katakan hati, pasti itulah yang terbaik. Jika awalnya mata yang berbicara, hati belum tentu menerima 😀

Dan seseorang pernah bilang “apa yang membuat anda menyayangi saya???” terkadang bingung untuk menjawab dan selintas berfikir “iya ya apa yang saya suka dari anda ?” jawaban dalam hati. dan jawaban terakhir yang diucapkan selalu “ya tidak tahu” (jawaban yang standar :p) tapi bener susah untuk bicara dan menjelaskan sebenarnya apa yang membuat saya tertarik.

Tapi tenyata memang “hati mempunyai alasan sendiri yang tidak diketahui alasan” dan pada akhirnya jawabannya memang hanya hati yang tahu. Kadang suatu omongan itu berbeda dengan perkataan hati.

Dan terakhir dibuku itu tertulis

Bagaimana jika seseorang tidak mendapat balasan cinta ? bagaimana cara menyembuhkan rasa sakit hati dari cinta yang tak terbalaskan ?? Wendy Cope menjawab dalam puisinya “Dua pengobat cinta”

  1. Jangan menemuinya, jangan menelpon atau menulis surat
  2. Cara yang lebih mudah : kenali dia lebih dekat.

Dan ada kutipan kata dari Mignon Mclaughlin seorang wartawan Amerika, berkata bahwa pernikahan yang berhasil memerlukan jatuh cinta berkali-kali kepada orang yang sama.

Banyak kata-kata ilmiah diatas yang memang harus saya cari tahu lagi. Ini Sekedar share aja, nambah-nambah ilmu pengetahuan hehehe ………….