Awal belajar toilet training Ragnar

Bulan ini Ragnar sudah 20 bulan lho!

Hari ini tanggal 24 april 2018, yap! Hari kedua Ragnar tidak pakai diapers. Awalny sempet ragu untuk nyoba toilet training, tapi saya rasa Ragnar sudah mulai siap untuk diajak toilet training. Kenapa bisa tau siap? Karna beberapa hari yang lalu sering di sounding “kalo mau pipis bilang yaaa” dan intensitas pakai diapers mulai d kurangi , misalny pas dirumah gak pakai, tapi pas mau pergi dipakein diapers,

Nah, setiap mandi juga terus aja diomongin kaya gitu, sampai akhirnya dia selalu bilang pipis tapi kondisi ny celana ny udah basah alias ngompol ūüėā , tapi gapapa menurut saya dengan dia bilang pipis pun minimal dia tau kalo dia itu pipis, trus karna udah beberapa kali ngompol, celana dia basah dan dia merasa gak nyaman dia pasti minta ke kamar mandi, bahkan pas dia pakai diapers pun dia pipis slalu dipegang dan bilang pipis, jadi saya rasa dia sudah cukup siap buat diajak bener- bener gak pakai diapers.

Day 1 ( 23 april 2018)

Beberapa kali ngompol dan kejebolan tiap bilang pipis tapi si pipis sudah keluar, di sounding terus “kalo mau pipis ke kamar mandi” , nah pas hari itu dia tampak keliatan gelisah dan pegangin terus “anu” nya, tanda tanda mau pipis nih, saya tanya “mau pipis?” Dia bilang “iya” sambil manggut-manggut dan ngajak ke kamar mandi, tapi sesampainta di kamar mandi, ya gak langsung pipis, malah main air, main gayung dan lain lain sampai akhirnya pipis juga, cukup kemajuan sih karna minimal dia mau pipis di kamar mandi, pokonya hari itu tiada hari tanpa bilang”kalo pipis bilang ya” atau “mau pipis gak? Atau mau ee gak” ūüėā dan di hari itu cukup lumayan ada beberapa kali pipis di kamar mandi dan beberapa kali juga kebobolan alias ngompol. Dan dia pun masih belum bisa bedain ee sama pipis, dia bilang pipis taunya poop ūüėā

Day 2 (24 april 2018)

Sama seperti kemarin, tidak pakai diapers lagi, dan tampaknya Ragnar sudah mulai tau jelas kalau mau pipis gimana, dan kalau saya suruh tahan dulu pipisnya sampai kamar mandi dia mau, setelah shalat zuhur saya titip Ragnar di nenek nya dan bawa banyak celana karna takut dia ngompol dan pesan pada neneknya untuk tidak dipakein diapers, alhamdulillah katanya walaupun dia ngompol tp dia emang bilang kalo mau pipis, pas malam hari nya saya dan ayah nya ajak dia ke minimarket, dan saya yakin gausah dipakein diapers, gpp ngompol juga deh! Sewaktu Di minimarket dia sempet pegang “anu” nya dan bilang pipis, disitu saya yang panik takut dia ngompol, saya bilang “pipis dirumah ya nak, yuk pulang” dia manggut-manggut, tapi saya ngga sepenuhnya percaya jadi saya gendong aja biar kalau pipis ke baju saya, eh ternyata dia tahan loh sampai rumah, dan pas sampai di rumah di ajak ke kamar mandi dia langsung pipis … yeaaaayy!

Iklan

Perkembangan ragnar 7 bulan

Aduh sangat lama sekali ngga update blog karena paciweuh ngurus Ragnar, ngurus rumah dan kerjain kerjaan design yang alhamdulillah selalu ada. Nulis blog ini tanggal 23 maret 2017 tepat usia Ragnar 7bulan 6 hari. Berarti sudah 1 bulan Ragnar mulai Mpasi ya. (Share soal Mpasi nya belum kelar2 masih terkurung di draft

Next

Perkembangan Ragnar di usia 7bulan ini dia sudah sangat pintar nyeloteh , kata pertama yang dia ucap itu waktu usia nya 6bulan menuju 7 bulan tanggal 10 maret 2017, dia bilang “mi..mi,,” sering saya becandain, “mau panggil Bunda Umi? Nanti langsung nyanyi Umi yaūüėā”  sempet tanpa sengaja juga denger dia bilang “nen” . Ya Alhamdulillah banget dia belajar kata demi kata. Dan tepat di usia 7bulan 17 maret 2017 dia sering nyeloteh “ma..ma.. maaa” entah itu mama atau “mam” (makan) karena, gpp nak mau panggil Bunda sebutannya Mama juga wkwkwk.. 

nah tanggal 20 maret 2017 kebetulan ayah nya itu ada pelatihan dari kantornya dan harus pergi sampai 5 hari, otomatis saya ngungsi dulu ke rumah Mama saya. Entah Ragnar mungkin gelisah karena biasanya ada ayahnya tiba-tiba ayahnya gak ada, tiap magrib biasanya ayahnya pulang, selama training pas jam magrib dia gak pernah mau tidur (biasanya tidur) dan biasanya tidur siang, selama di rumah Mama dia gak pernah mau tidur siang, selalu pengen main, dan dia bener-bener seneng main. Sampe disuruh tidur pun sulit dan saya merasa sangat lelah buat jagain dia, karena biasanya di rumah ngga se heboh itu main nya, entah juga karena ada neneknya yang ngajak main terus, entah emang dia merasa belum biasa buat tinggal di tempat yang bukan rumahnya. Sampe mandi aja dia gak mau, sampe kudu agak di paksa biar mandi.

Di usia 7 bulan ini dia semakin aktif ngerayap-rayap di tembok, pengen berdiri terus, sudah ngerondang sangat cepat dan celotehannya makin banyak “baa baaa baaa” “mam mam mam” pas dia bilang “mam” saya kasih makan, eh iya loh dia kayanya laper banget sampe habis, 

Biasanya kalau di rumah saya menerapkan metode BLW (cerita BLW nya menyusul), selama di rumah Mama saya menggunakan metode BLW saat snack time aja. Untuk menu makan besarnya saya bikin bubur dan saya suapi, biar gak terlalu berantakan. Alhamdulillah selama makan disuapi, selalu mangap dan belum sampai tutup mulut, entah dia memang suka buburnya atau karna kelewat lapar karena mainnya terlalu over jadi dia kecapean.
Nah dari pas selasa tanggal 21 maret 2017, (tepat hari ke 2 d rumah Mama), saya kaget kok Poop dia pekat dan hitam. Waktu hari seninnya saya bikinin bubur pakai teri, wortel, tahu. Entah itu pertama kalinya makan dalam porsi banyak makanya Poop nya sangat padat, entah salah menu juga (mungkin ada yang tau itu kenapa) . Karena selama BLW d rumah, Poop dia gak sampai seperti itu, saya mikirnya sih klo BLW kan yang masuk ke perutnya hanya sedikit, kalo bubu dan di suapi jadi ketahuan dia makannya seberapa banyak. Saya browsing ada yg bilang mungkin kelebihan Zat besi, sejak hari itu saya jadi mengamati poop Ragnar, hari itu dia makan banyak, dan tumben juga Poop nya lebih dari 1 kali karena biasanya 1 kali sehari. Hari ketiga di rumah Mama, warna poop sudah biasa tapi masih pekat, (sejauh ini masih mengamati soal poop, mungkin kalau sudah menggunakan Metode BLw lagi di rumah poop nya kembali normal) . Besok kita pulang ke rumah ya nak, kembali lagi BLW kita. Makin pintar ya makannya nak!

Perkembangan Ragnar 1-3 bulan

Hari ini tanggal 7 januari 2017 , Ragnar sudah memasuki usia 4 bulan 21 hari yeayy!!!! ¬†Sebentar lagi 5 bulan dan bulan depan dia sudah bisa MPASI. Pengen bahas soal persiapan Mpasi tapi Skip dulu soal Mpasi deh, karena selama 4 bulan ini banyak banget moment perkembangan Ragnar yang gak ke tulis d blog, karena lebih banyak di abadikan di Instagram haha…

Keingetan banget dari awal Ragnar lahir, dia masih mungil banget, berat badan masih 3.3kg panjangnya 50cm, 2 bulan awal saya masih bolak balik di rumah orang tua dan rumah mertua, kalo di rumah orang tua saya, saya seperti merawat Ragnar sendiri, karena Mama menyerahkan semuanya ke saya, tapi itu bagus sih bikin saya belajar. Saya mandiin Ragnar sejak Ragnar usia 7hari, setelah dia puput puser. Takut? Pasti. Secara saya sama sekali belum pernah gendong bayi apalagi mandiin bayi. Tapi, dengan naluri keibuan yang telah timbul saya memberanikan diri dan meyAkinkan diri kalau saya bisa. Karena hampir 97% orang yang kenal saya gak percaya saya bisa ngurua anak. Sampe kalau di rumah mertua aja saya gak berani mandiin Ragnar dan ngaku nya kalo di rumah orang tua saya, Ragnar masih di mandiin sama Bidan. Xixi.

Perkembangan Ragnar 1bulan

Saya inget betul awal-awal lahir saat masih menjadi zombie, dan bergelut dengan pompa asi, tiap malem di rumah mertua saya sibuk ngompa asi,buat tengah malem, karena saat itu Ragnar belum bisa direct bf. kalau di rumah mertua saya, nyuapi asi pakai sendok, kalo di rumah mama saya waduh repot, gak setelaten itu! Akhirnya umur 1 mingguan Ragnar mulai di perkenalkan dot. Dan dia mulai keenakan pakai dot karena alirannya deres kali yee. Tapi saya tetep mengajari dia buat direct bf. karena saya harus bisa bikin dia menyusui langsung.

Saya belum paham juga ternyata dot bikin kembung, karena mama saya suka kasi dot kosong kalau asi nya habis, jadi di biarkan Ragnar tetep ngenyot dot, pantes aja dia sering gumoh. Pernah tengah malem pertama kalinya saya panik karena saya liat Ragnar gumoh parah. Saya hanya takut cairan gumohnya itu masuk telinga. Wah saya panik setengah mati. Ditambah mata ngantuk, kepala pusing kurang tidur. Ohlalaa zombie banget!

Awal melahirkan tidak jauh dengan google. Apapun yang terjadi dengan Ragnar saya cari tau di google, dari mulai mandiin, susunan bedongan, apa aja yang di pakai setelah mandi dan lain-lain. Semua serba latihan sendiri. Usia 2 minggu saya mulai memperkenalkan nipple shield pigeon k ragnar biar dia mau direct bf. Yap! Dia mau. Tapi repot banget, harus d cuci dulu, d steril dulu. Sampai akhirnya saya menemukan titik kelelahan untuk nyuci nipple. Dan mulai mengajari Ragnar menyusui langsung tanpa nipple. 7 september tepat 3 minggu! Dia mau menyusui langsung. Wah bahagianya. Dari situ mompa asi udah mulai berkurang karena dia udah bisa menyusui langsung. Tinggal belajar menyusui sambil tiduran. Ragnar semakin pintar, makin lama dia makin pintar menyusui langsung, akhirnya asal sabar dan di biasakan akhirnya di usia ke 2 bulan Ragnar sudah bisa menyusui sambil tiduran. 22 september, Mata Ragnar sudah bisa fokus loh, saking senengnya akhirnya saya ajak selfie dan subhanallah, dia lihat kamera sambil senyum.

IMG_3218IMG_3210IMG_3169IMG_3141IMG_3117
img_3349.jpg

Perkembangan Ragnar 2 Bulan.

Tepat di 2 bulan 17 Oktober 2016, saya, suami dan Ragnar pulang ke rumah sendiri, saya senang, walaupun saya udah mikir pasti repot banget ngurus rumah dan urus ragnar sendiri. ah.. saya optimis saya bisa. jadi pasti bisa. malam pertama tidur di rumah Ragnar anteng-anteng aja, paling hari ke 2 sampai seterusnya masih bangun malam itupun hanya nenon dan lanjut tidur lagi. Saya kembali buka onlineshop, bisa melakukan pekerjaan rumah, pokonya masih ke handle karena ragnar masih stay di kasur belum bisa kesana kemari. Hanya sebatas belajar miring itu pun belum lancar. Jadi selama umur 2 bulan bunda masih aman ngerjain semua kerjaan bunda karena Ragnar masih sering bobok.

IMG_3716IMG_4152IMG_4162

Perkembangan Ragnar 3 bulan.

Sebenarnya masih 2 bulan lebih mau ke 3 bulan tepat di tanggal 4 november 2016, Ragnar mulai lincah, sedang berusaha miring-miring sampai akhirnya di tanggal inilah Ragnar pertama kali nya bisa bener-bener miring. alhamdulillah saya yang exciting lihat dia bisa miring sendiri, hahaa setelah mau memasuki usia 3 bulan Rasanya perkembangan Ragnar kian pesat. Semakin pintar. Contohnya di tanggal 6 november Ragnar sudah bisa memasukan teether k dalam mulutnya, karna sebelumnya masih meleset-meleset, sampai akhirnya sudah mahir gigit teether hehee.

Mainan Ragnar belum banyak, di usia 2bulan duduk di bouncer tapi hanya sebatas duduk dan belum tertarik dengan mainan yang ada di depan nya, eh tapi d tanggal 9 november Ragnar sudah mulai tertarik loh sama mainan nya, 15 november Ragnar sudah mulai ngoceh! Bahagianya denger celotehan anak,  dan 19 november Ragndr bisa tengkurep sendiri dengan posisi kepala bener2 tegak lho. Dari awal lahir Ragnar itu gak pernah tidur tengkurep, padahal katanya bayi nyaman ya tidur di posisi itu, tapi Ragnar sih malah gabisa, tapi tanggal 1 desember, perdana lho dia tidur tengkurep, walaupun sebentar.

Bahagia banget ya bisa lihat perkembangan anak setiap hari- ny, senang bisa menemani di masa usia keemasan nya, alhamdulillah sejauh ini belum dan gak ada kepikiran dulu pengen kerja lagi, fokus gimana ngurus Ragnar dan pengen punya usaha sendiri, insha Allah meski bunda kerja di rumah , rejeki kamu selalu ada ya nak,

di usia 3 bulan ini juga Ragnar baru sempet di botakin kepalanya, hehe..

IMG_4668IMG_4724IMG_4772IMG_4778IMG_4812

Bunda teledor

Dear ragnar…

Maafkan bunda nak, maafkan atas keteledoran bunda, bunda tinggalin kamu k dapur sebentar untuk k toilet dengan posisi kamu tidak tidur, kamu lagi asyik denger lagu di tv dan mainan d kasur. Padahal biasany kamu juga anteng walaupun kamu lagi aktif-aktifnya dan bunda tinggal sebentar untuk melakukan kerjaan rumah, mungkin hari itu tanggal 14 feb 2017 , musibah datang dan mengharuskan bunda untuk lebih hati-hati menjaga kamu., kamu terjatuh dari kasur, itu hal yg paling ayah, bunda takut selama ini, tapi bersyukurny posisi jatuh kamu miring dengan tangan memegang sprei dan pas bunda lihat kamu, kepala kamu mulai kebentur lantai, seperti waktu kamu belajar merangkak d   Lantai, setelah itu kamu nangis. Mungkin poSisi jatuhny tangan kamu yang nyentuh lantai duluan, masih bersyukur bukan kepala duluan, Terlepas dari kejadian itu, masih ada rasa alhamdulillah, kamu masih baik-baik saja, nangis sebentar dan kemudian ceria lagi. Alhamdulillah lagi tidak sampai luka atau muntah.. itu sesuatu hal yg paling disesalkan. Bunda harus lebih telaten menjaga kamu, setelah 3 hari dari kejadian itu, alhamdulillah tidak ada hal yang aneh, kamu sehat. Bunda gak berani bilang ayah, tapi bunda harus bilang ayah, karena hati bunda juga gak tenang. maafkan bunda nak. Mudah-mudahan kamu sehat selalu. Bunda janji akan jauh lebih hati-hati menjaga kamu, mungkin ini juga sentilan untuk bunda untuk tidak lengah meninggalkan kamu saat kamu tidak tidur, meskipun itu hanya untuk cuci piring, bunda bakal temani kamu main dan bunda lakukan semua aktifitas bunda kalo kamu tidur, dan itu pun bunda tidurin kamu d playmat aj bukan d kasur, biar saat kamu bangun ternyata bunda lagi nyuci baju atau lagi d dapur, setidakny jauh sesuatu yang tinggi. Dan insha Allah masih aman.

Terimakasih ragnar, saat bunda peluk kamu setelah kamu nangis habis jatuh, justru kamu yang lihat bunda dan seolah bilang im okay, dan kamu ceria lagi seolah tidak ada apa-apa. Bunda masih sangat merasa berdosa, menyesal. 

Terimakasih ya Allah atas teguran ini, insha Allah hamba lebih hati-hati dalam menjaga titipan-Mu. Sehat kan selalu Ragnar, lindungi ia dari segala marabahaya. 

Guru terbaik

Dear mamah…

Tahun 2016 ini, status saya pun sudah menjadi seorang Ibu. Akhirnya saya tau bagaimana menjadi seorang Ibu. Ketika anak sakit, rasanya gelisah bukan kepalang. Dimana waktu tidur berkurang dan cenderung tidak ada karena banyak yang harus saya lakukan di rumah selagi anak saya tidur. Saat ini Ragnar 4 bulan, saya masih berlatih untuk menjadi seorang Ibu, seorang Istri, seorang pekerja onlineshop. dimana saya harus sibuk mengurus bayi, mengurus rumah dan mengurus deadline pesanan design saya. Lelah? Pasti. Tapi ternyata semua itu kalau di lakukan dengan ikhlas terasa ringan. Dulu, saya selalu menentang mamah, selalu membuat menangis karna ulah saya. Akhirnya saya tau rasanya khawatir terhadap anak. Saat saya merasa capek, dan ketika Ragnar rewel, saya pun tau rasanya kenapa banyak juga Ibu-ibu sering kesel karna ulah anaknya, ternyata disitulah tantangannya, apakah saya bisa mengendalikan emosi saya? Apakah saya bisa melatih atau mendidik anak saya dengan baik? Waktu tidur saya sangat berkurang semenjak punya anak. Karena saat Ia tidur itulah waktu yang pas untuk saya melakukan semua pekerjaan saya. Pekerjaan rumah yang tidak habis-habis. Harus sabar ketika pekerjaan belum selesai ternyata anak bangun dan menangis. Tapi, saat lelah, kalau lihat wajah anak saya sedang tidur, rasa lelah itu hilang. Ya… saya akhirnya tau kenapa mamah selalu nangis ketika saya pergi jauh. Waktu kuliah dan waktu saya kerja di jakarta. Dulu saya selalu bilang mamah lebay. Tapi.. ohh ini ternyata rasanya, ingin rasanya selalu dekat dengan anak. Saya merasa dekat dengan mamah semenjak saya selesai kuliah, setelah saya sudah kembali ke rumah, ya.. selama ini saya biasa saja, selama kuliah di Bandung saya jarang pulang, jarang sms apalagi telepon. Saya tidak tau juga ternyata di rumah mamah mengkhawatirkan saya, hanya saja tidak di ungkap. Alasannya satu “takut saya jadi gak fokus kuliah” . Selama kuliah apa saya memikirkan mamah? Tidak. Saya hanya memikirkan main main main. Saya pergi ke gunung, pergi k luar kota, apa saya bilang? No. Alasan saya pun satu “takut mamah khawatir dan kepikiran”. 

Setelah saya kembali ke rumah setelah 4 tahun merantau, saya tau bagaimana mamah memperjuangkan supaya saya tetap bisa bayar kuliah, di Bandung saya enak tinggal minta uang, apa saya tau ternyata mamah saya mengalami sulit uang? No. Pada saat itu mana saya peduli. Mamah selalu tidak pernah mau melihat saya pergi, karena beliau selalu bilang “mamah menganggap kamu main, jadi kamu pasti pulang, jd untuk apa mamah lihat kamu pergi, kan kamu main” itulah cara beliau supaya tidak nangis. 

Saat semua orang menilai saya buruk, hanya mamah yang selalu menilai saya baik. Mengaggap Saya tidak pernah salah. Disaat saya di kucilkan orang, mamah lah orang yang menguatkan saya dan meyakinkan saya bahwa saya lebih baik. Beberapa orang tua teman saya menilai saya bukan anak baik, karena dandanan saya yang semrawut dan anak kosan pergaulan pasti bebas, jadi takut berdampak buruk terhadap anaknya, tapi mamah saya tetap percaya saya tidak macem-macem. Ya.. hanya mamah yang percaya saya anak baik. 

Sampai saat ini, sampai saya sudah menikah dan sudah menjadi Ibu pun, mamah tetap menjadi malaikat penolong saya, dan saya merasa saya sangat membutuhkan mamah, dan tidak mau jauh lagi. Semua yang mamah rasakan mungkin sebagian telah saya rasakan. Ternyata begini menjadi seorang Ibu, bekerja di rumah, menjadi guru untuk anak, menjadi Istri , menjadi perawat, dan masih banyak lagi. 

Mamah saya seorang guru SD kelas 1, saya belajar membaca di rumah dan di sekolah, hingga akhirnya saya pandai membaca, mamah guru terbaik di kehidupan saya, guru yang mengajari arti kehidupan, arti keikhlasan dan arti kejujuran. Bagi saya, mamah saya yang paling terbaik. 

Semoga mamah dan bapa sehat selalu. 

Selamat hari Ibu,Mah. 

HAPPY MIND, HAPPY LIFE

True story of a friend :

4da1aed62de598b9b3962355898d2821

Ketika Usaha mu di nilai tidak penting, maka saat itulah kamu sedang belajar tentang keikhlasan”

sesuai dengan quotes di atas, seorang teman bercerita mengenai kehidupan rumah tangganya. yang baru ia bina sekitar 2 tahun kurang. usia pernikahan yang masih sangat muda. sudah di karuniai 1 orang puteri. dia sama seperti saya, bukan seorang wanita Karir, setelah menikah ia memutuskan untuk menjadi Ibu rumah tangga. sebut saja nama teman saya itu Jelita.   Ia merasa suaminya sudah tidak seperti dahulu. yang selalu berbicara dengan konotasi yang rendah, akhir-akhir ini suaminya selalu mudah emosi, kalau di mintai tolong seperti tidak ikhlas, selalu di awali dengan emosi. tapi ternyata Jelita bilang suaminya sudah mulai berubah semenjak ia hamil. memang sih, suaminya kalau kerja pulang selalu tepat waktu, tidak pernah telat. selalu berusaha pulang cepat karena saat itu istrinya sedang hamil. ia merasa suami nya sedang di atas angin, dimana posisinya seperti yang merasa dibutuhkan sehingga berperilaku semaunya. berbeda saat mereka masih pacaran dulu, ketika Jelita mengeluh sakit, sang suami banyak memberikan perhatian, setelah menikah, saat jelita mengeluh sakit, suami malah marah padahal jelita juga tidak membutuhkan yang lain, hanya ingin mengeluh kepada suami dan di beri sedikit perhatian, ketika fisik terasa sakit, batin pun ikut sakit. Jelita bilang sebenarnya setelah menikah ia berjanji pada dirinya sendiri, tidak mau cerita atau curhat soal rumah tangga kepada siapapun termasuk kepada keluarga khusunya orang tua. tapi, saya pun merasakan apa yang di rasakan jelita, sebagai ibu rumah tangga yang daerah kekuasaannya hanya sebatas di rumah, berbeda dengan ibu pekerja yang mungkin bisa saja meluapkan emosi atau kekesalannya ke teman kantor atau sekedar ke mall untuk refreshing. Mungkin itulah salah satu kejenuhan seorang Ibu rumah tangga, ketika yang dibutuhkan itu hanya sekedar teman berbicara.

Jelita bilang, sebelum menikah memang ia nakal, ia pernah selingkuh. karena posisinya saat itupun dia sedang merasa di atas angin juga. sang suami memohon-mohon dan jelita dengan angkuhnya pun mengacuhkannya. hingga akhirnya sampailah dimana mereka memutuskan untuk menikah karena Jelita juga tidak mau menikah dengan selingkuhannya karena banyak sebab. Setelah menikah, semua berubah Jelita sudah tidak mau memikirkan lagi mantan selingkuhannya itu, tapi jangan salah, Jelita berselingkuh juga ternyata sebelumnya sang suami pun pernah berselingkuh. Yap ! saya pun merasakan hal yang sama, dimana karma itu pasti berlaku, walaupun Jelita tidak berniat selingkuh, siapa sih yang bisa membolak balikkan hati. saya pun tau saat Jelita dulu pernah terpuruk juga saat sang suami berselingkuh, PEOPLE WHO CREATE THEIR OWN DRAMA. DESERVE THEIR OWN KARMA. kirain hanya saya yang merasakan hal seperti itu, ternyata memang itu fase kehidupan. percayalah karma memang ada gengs!

kadang sepertinya harus berterimakasih juga dengan masa lalu. kalau tidak melalui jalur seperti itu mungkin hari ini pun tidak mungkin seperti ini. saya dan suami pun sudah merasakan bagaimana rasanya disakiti dan menyakiti, selingkuh dan di selingkuhi. so,  saya sudah tidak aneh lagi kenapa banyak orang yang berselingkuh. ya! karna saya pernah tau rasanya, emang sulit di deskripsikan, intinya manis di awal, akhirnya yaaa gitu deh.

oops! saya jadi keikutan baper inget masa lalu.  balik lagi ke curhatan Jelita, ia bilang setelah menikah dia mau fokus dengan keluarganya, tidak mau lagi mengenang masa lalu nya. apalagi tidak lama setelah menikah Jelita langsung hamil, jelas saja dia akan fokus dengan kehamilannya juga. kurang lebih waktu usia kehamilannya sekitar 2 bulan, ia sedang ngidam ingin makan Richeese, saat itu suaminya ngga mau pergi dan malah marah-marah. sontak saja Jelita ikutan sedih, di tambah kondisinya lagi ngidam. karena lelaki tak tau rasanya kalau ngidam itu seperti apa dan kalau ngga di turutin sedihnya seperti apa ahhaa. dari situlah suaminya mulai terlihat sering marah-marah lagi. (memang sih katanya marah-marahnya atau galaknya saat ini ngga sejahat dulu waktu dia pas waktu selingkuh) cuma kurang lebih sekarang karena sudah menikah juga suaminya mungkin sudah merasa jelita tidak akan lari kemana-mana lagi. dan jelita pun maunya mempertahankan pernikahannya dengan tidak mau cari gara-gara. hanya saja menurut Jelita, sekarang-sekarang ini disaat Jelita ingin berniat baik ingin menyenangkan suaminya pasti selalu salah, dan bikin suaminya marah. ya! itu bikin jelita frustasi. kenapa selalu salah. kenapa niat selalu tidak sesuai dengan realita. Yap, pada intinya Jelita hanya ingin belajar lebih baik. niatnya selalu di patahkan suaminya, suaminya selalu menganggap Jelita tidak bisa, kurang lebih tampak melecehkan, seolah tak percaya bahwa jelita Bisa. Jelita selalu di anggap tidak bisa melakukan pekerjaan multitasking, yang melakukan pekerjaan lebih dari satu. Kata siapa ? Sebelum menikah, Jelita sama seperti saya, Pemalas. tidak pernah melakukan pekerjaan rumah sama sekali, jarang di rumah, dan suka jajan. setelah menikah dan akhirnya punya anak semua pekerjaan dia belajar harus manage dengan baik, harus tau kapan jam anaknya bangun, harus tau kapan waktunya menyetrika baju, mencuci baju, beres-beres rumah. itu semua harus di lakukan saat anaknya tidur. kalau pas bangun, ya waktunya hanya untuk anaknya. gak mungkin kan anaknya di anggurin haha. dan berusaha setiap suaminya pulang rumah keadaan rapi. itu sungguh pekerjaan yang hebat untuk jelita, karena seumur hidupnya itu dia malas-malasan. dan selalu berantakan. perubahan yang drastis.

Saya pernah bertanya, apa kamu menyesal menikah dengannya? jawabannya Tidak. saya selalu bersyukur bisa menikah dengan dia, saya kenal lama dengan dia, saya tau saat dia jahat seperti apa, saat dia berubah menjadi baik seperti apa. walaupun dia seperti itu, dia masih lebih baik dari pada orang lain , menurut saya. kalau saya menyesal, trus saya mau apa ? saya tidak mau punya rasa menyesal, mungkin memang kalau berumah tangga seperti itu, tidak mungkin selalu lurus. konflik selalu ada, tinggal kita menyikapinya seperti apa. dan nikmatilah. walaupun dia seperti itu, dia suami saya, saya sayang dia, dia sayang saya dan keluarga kecil saya, hanya mungkin cara penyampaian dan timing kami selalu salah sehingga kami selalu bertengkar. lalu, kalau dia tau ini adalah resiko suatu pernikahan, kenapa dia harus panjang lebar cerita sama saya? oh yaa ternyata dia hanya butuh teman untuk mencurahkan keluh kesahnya sementara, dia tidak berani lagi cerita dengan lawan jenis, yap pengalaman saat sedang menhadapi masalah kemudian cerita dengan lawan jenis, malah timbul kenyamanan tersendiri. kita sudah menikah bro! jaga jarak aja dengan lawan jenis, kita tidak akan pernah tau kedepannya seperti apa, lebih baik mencegah sebelum terjadi hal yang tidak diinginkan. dia hanya ingin suaminya memperlakukan dia dengan baik dan tidak berbicara keras lagi. walaupun kadang suaminya itu katanya kalau marah tidak lama kemudian dia minta maaf. marah suaminya itu sebentar tapi kata-katanya cukup menyakitkan. sehingga refleks Jelita selalu menangis di buatnya. Apa dia harus melakukan semuanya sendiri lagi seperti dia sebelum menikah? kalau suaminya di mintai tolong selalu marah. tapi kalau melakukan sendiri, suaminya merasa tidak di hargai, so? serbasalah memang jadi wanita.

 

dari cerita di atas, kesimpulannya adalah hidup rumah tangga itu rumit, kadang mudah di jalani tapi kadang juga terasa berat. Pilihan untuk menjadi Ibu rumah tangga sebenarnya bukan pilihan sulit, tapi awalnya saya memang tidak berniat jadi IRT, semenjak menikah dan hamil, sayapun memutuskan untuk menjadi IRT, dengan sendirinya keinginan itu muncul. menjadi IRT pun ternyata tidak mudah, mengerjakan pekerjaan rumah yang tidak selesai, dari pagi ketemu malam masih selalu ada pekerjaan segunung, di tambah sekarang sudah punya bayi (walaupun kadang segitu masih di anggap saya tidak melakukan apa-apa, apalagi kalau sehari berantakan, di anggapnya saya masih jadi seorang pemalas, padahal sakiyeu ge uyuhan , dari anak pemalas seperti saya bisa melakukan kerjaan rumah, menurut saya ini suatu kebanggaan tersendiri, dan masih saja selalu di remehkan, resiko anak pemalas begitu, selalu di cap malas meski berniat berubah hahaha ) selain itu IRT pun membutuhkan teman bicara, butuh hiburan. saya selalu mencari cara supaya saya tidak bosan di rumah, untung saja di rumah saya ada fasilitas wifi yang bikin otak saya cukup segar, bisa semangat melakukan sesuatu. bisa mencari inspirasi dan tentunya bisa berjualan online. terimakasih teman, sudah berbagi pengalaman. Sebut dia Jelita karna nama asli disamarkan. hahaha

 

my journey pregnancy #4month

4
USG 4 bulan

 

 

Yeayy ….

setelah USG sudah 16 minggu. dan ajaib sekali di minggu ke 16 ini. setelah kemarin-kemarin anti banget ke dapur, karna mencium bau bau yang aneh, di minggu ini semua itu beneran hilang. dan saya sudah bisa kembali melakukan aktivitas di dapur lho. alhamdulillah sekali jadi bisa kembali masak, dan pengeluaran lebih irit haha..

banyak yang bilang memasuki usia kehamilan 4 bulan pertumbuhan si adik itu bakal lebih cepat dari sebelumnya. saya sih sempet merasa perut saya sudah agak mulai keras. dan tepat di tanggal 9 maret 2016 saya mengadakan syukuran 4 bulanan di rumah orang tua saya. ditambah sedang ada fenomena gerhana matahari . sempet beberapa orang menyarankan untuk menyuruh saya ngumpet di bawah kolong meja. hihi gitu sih mitosnya. saya engga melakukan itu, hanya saya memang tidak keluar rumah saja. saat ada gerhana itu saya cuma bisa liat di televisi.

alhamdulillah si Adik ini sudah bisa sampai di tahap 4 bulan, berarti sudah ditiupkan ruh nya. ditambah lagi saat USG si Adik ini sudah bisa menendang, walaupun saya belum merasakan tendangannya itu sih .kondisi badan saya juga sudah lebih baik, karena tidak mabok lagi. hanya saja paling kondisi si punggung yang semakin hari semakin pegel yang tak tertahan. sempet sih mau beli bantal hamil. cuma kayanya entar aja deh. masih bisa di ganjal menggunakan guling.

 

17 Weeks

yaps! di setiap minggu nya saya menanti perubahan si adik. hihi .. ditambah lagi saya mulai mendowload aplikasi di Hp yang mengikuti perkembangan si bayi. nama aplikasinya “my pregnancy”

IMG-20160410-WA0000.jpg

 

jadi tambah semangat dan tidak sabar melihat setiap minggu nya dia sudah bisa apa di dalam sana. rasanya jadi tak sabar ingin segera melihat langsung hehe. kadang jadi keluhan yang sering di sebutkan suka kalah kalau sudah melihat perkembangan si Adik ini hihi.. begini ya rasanya sebagai calon ibu.

ditambah lagi, di usia ke 17 minggu ini, saya pertama kali nya mulai merasa ada sesuatu yang menendang lho. waw rasanya Amazing. masih halus-halus gitu sih. awalnya saya belum bisa bedakan apa ini karna lapar atau emang si adik yang udah mulai kerasa tendangannya. semakin lama semakin sering. dan saya membaca forum-forum ibu hamil, ternyata memang kebanyakan mulai merasakan tendangan halus sekitar 17 minggu. wah senangnyaaaa.

 

18 Weeks

minggu ke minggu, hari ke hari, selalu lihat youtube melihat perkembangan si bayi di usia 18 weeks ini sudah bisa apa. haha katanya di usia ini si adik sudah bisa mulai mendengar suara dari luar, dari situ saya mulai sering ajak ngobrol dan sedikit banyaknya sering bacakan dongeng saat siang hari sebelum saya tidur siang. walaupun kadang-kadang sebenernya agak susah buat tidur siang, karna saya juga belum terbiasa tidur siang. hanya saja di usia 18 weeks ini saya maunya tiduran terus. ya karena punggung masih pegel dan minta di lurusin. selain itu, perut di bagian bawah itu sakitnya luar biasa. katanya sih karna kondisi rahim sedang membesar, jadi di nikmati saja ya sis! cuma karena sekarang sudah mulai merasakan tendangan, dan sudah semakin terasa, kadang pegel nya itu terasa hilang, karna keburu amazing dengan rasa tendangan si adik ini. hehehe

19 Weeks

di usia 19 weeks ini, payudara saya sudah semakin sakit. berasa keras dan sakit. terutama saat saya bangun pagi-pagi. di minggu ini saya sedang melakukan aktifitas yang agak sibuk, dan si adik agak di cuekin. kadang saya sering terlalu kecapean dan akhirnya lupa ajak ngobrol. di minggu ini dia mendadak tidak bergerak. awalnya saya tidak ngeuh. tapi saat saya sedang rebahan, kok saya merasa si adik belum ada menendang ya hari ini?? saya mulai panik. dan setiap saya mengalami keluhan, saya pasti langsung buka forum ibu hamil dan lihat apakah ada juga yang mengalami hal yang sama dengan saya ? dan ternyata memang ada. dan umur kehamilannya pun sama dengan saya . katanya di usia 19 weeks ini si adik sedang mulai belajar bernafas, mungkin di minggu ini dia lagi konsen mengatur pernafasan kali ya, sehingga si gerakan nya jadi berkurang (keep positif thinking) hahaa.. atau saya fikir si adik sedang ngambek karena saya nyuekin dia?? tapi memang entah perasaan saya saja atau memang normalnya begitu, saat saya ajak ngobrol dia dan minta maaf karena saya nyuekin dia sehingga lupa ajak dia ngobrol tiba-tiba dia ada ngasih tendangan sekali. akhirnya saya lega. iyaaa.. jangan sampai lupa kalo si adik juga butuh perhatian sis! ahahaa..

 

 

my journey pregnancy #3month

3
USG 3 BULAN

 

akhirnya setelah sekian lama cerita ini ada di draft, bisa segera di publish juga. karena banyak banget keluhan-keluhan yang lagi di alami. jadi belum sempet bikin pengalaman. sekarang sebenernya kehamilan saya sudah menuju 22 week . tapi belum sempet share dari 12 minggu- sekarang. jadi dicicil yaa.. hehee

12 weeks

Minggu ini, kehamilan saya sudah menuju minggu ke 12 alias 3 bulan. Keluhan yang saya rasakan di mulai dari sudah malas makan, perut lapar tapi engga tau mau makan apa. Paling membuat kentang goreng sebagai salah satu alternatif mengisi kekosongan perut. Karena beberapa hari ini saya kurang minat untuk makan nasi, makanya di siasati dengan makan kentang.

Pagi ini yang saya rasakan sama seperti kemarin, perut bawah saya lebih sering terasa sakit. Rasanya seperti kram. Sempat khawatir tapi setelah saya membaca beberapa artikel dan beberapa forum ibu hamil, ternyata bukan hanya saya yang merasakan itu, di minggu ke 12 ini memang sedang menuju masa transisi dari trimester pertama ke trimester kedua. Selain itu, sakit perut bagian bawah itu di akibatkan karena uterus membesar, jadi otot dan ligamen yang mendukung juga ikut berkembang sehingga terjadi perengangan rahim. dan ini wajar karena dengan adanya rasa sakit ini, tubuh juga akan semakin menunjukkan bahwa kita sedang hamil. rasa sakit ini saya rasakan ketika sedang bersin dan setelah bersin ada rasa sakit seperti ditusuk yang berlangsung selama beberapa detik di perut bagian bawah dan saya pun belum tau kalau round ligament pain akan semakin terasa setiap bersin.   Karna ini kehamilan pertama, jadi masih ngerasa takut-takut terjadi apa-apa. Akhirnya saya mencari solusi bagaimana cara nya agar menangani saat bersin supaya tidak terlalu sakit, menurut forum yang saya baca katanya dengan mencondongkan badan agak ke depan saat bersin sambil memegang perut itu mampu mengurangi rasa sakit nya lho.

13 weeks

di minggu ke 13 ini saya masih merasakan sakit yang sama seperti di minggu kemarin. hidung masih sangat sensitif, sehingga belum mau pergi ke dapur, jangankan buat masak. buat ambil sendok atau piring pun bener-bener engga mau. entah kenapa merasa jijik banget kalo ke dapur, terutama kalo lihat tempat cuci piring. dan lebih parahnya lagi, ke ruang tengah pun sudah mulai malas. perasaan saya hidung saya ini mencium sesuatu yang aneh. makanya di minggu ke 13 ini saya cuma bisa diem di kamar dan males keluar. jadi kesibukan nya itu cuma nonton tv, browsing-browsing di kamar. selain itu, perasaan saya, saya lebih manja, dan mau nya engga mau jauh dari suami. haha kadang itu bikin suami jengkel. tapi ya mau gimana. saya juga maunya sih biasa aja .

14 weeks

minggu ke 14, masih rewel soal makanan. mau makan ini itu tapi engga masuk. alhasil perut lapar tapi ngga tau mau makan apa. kembali lagi bikin suami jengkel. di tanya mau makan apa. jawaban paling bener itu “engga tau”. “terserah” haha dan engga sekali dua kali suami saya pun emosi kalo udah di tanya atau denger jawaban itu. tapi jujur aja sih di kehamilan saya ini, saya mendadak engga begitu suka¬†junkfood seperti KFC, PH, atau makanan cepat saji yang biasa saya konsumsi sebelumnya. ada bagusnya sih, jadi bisa kasih asupan makanan lebih bergizi. di minggu ini punggung saya mulai terasa sakit. serasa mau patah. sakit bukan kepalang. maunya sih di usap-usap terus. saya sempat takut juga katanya jangan keseringan menggunakan koyo, terutama koyo yang panas banget. katanya berpengaruh ke bayi. saya cek cek forum beberapa ada yang pro ada yang kontra. saya sih positif thinking saja. insha allah tidak apa-apa. karena mau gimana lagi, koyo dan kayu putih udah jadi sahabat banget deh buat punggung. terutama kalo udah melakukan aktifitas yang engga banyak jalan. atau diem di satu tempat.

menurut dokter, ya kalo sakit yang di alami sekarang ini masih belum ada apa-apanya di banding pas melahirkan nanti. ini hanya sekian persen sakitnya daripada saat melahirkan nanti. jadi saya pun selalu positif thinking dan keluhan ini cuma bisa di nikmati. paling mengeluh sedikit ke suami walaupun pasti jengkel juga dia dengerin keluhans saya tiap hari. XOXO

15 Weeks

Kok saya merasa mendadak sering melupakan sesuatu? di baca mendadak pikun. kadang saya mendadak lupa nyimpen barang dimana. dan lebih sering sendawa. itu keluhan di 15 minggu ini. ditambah lagi perut mendadak seperti kembung terus jadi selalu buang angin. saya suka di belikan makan siang oleh suami saya sayuran . kadang suka ada sayur bayam dan saya pun ada sekitar beberapa mengkonsumsi bayam . beberapa kali saya baca katanya bayam itu bisa membuat perut kembung jadi wajar kalo selalu buang angin, apalagi kalo sayur bayam itu hasil angetan lagi. sebenernya yang saya tau bayam itu baik untuk ibu hamil, katanya khasiatnya bisa mencegah cacat lahir, mengurangi resiko bayi lahir prematur, mencegah anemia, mencegah definsiasi folat, membantu pertumbuhan paru-paru, mencegah wasir dan sembelit, menjaga sistem kekebalan tubuh dan masih banyak lagi khasiatnya. nah bisa jadi kembung yang saya alami karena sayur bayam nya sudah di buat dari pagi dan di konsumsi siang hari. makanya sayur bayam baiknya di konsumsi saat baru matang dan tidak di hangatkan kembali karna katanya dapat meningkatkan kadar nitrit dari oksidasi nitrat yang ada pada sayur bayam ini. dan zat nitrit ini bisa berubah menjadi racun bagi manusia. jadi baiknya kalo nanti sudah bisa ke dapur, lebih baik masak sayur bayam sendiri. hehe

my journey pregnancy #2 month

2
USG 2 bulan

sekian lama saya mau menulis blog, tapi rasanya badan ini cepat sekali lelah, ditambah bulan lalu saya masih bekerja , disaat pulang kerja yang paling saya rindukan adalah kasur. haha saya hanya menulis d handphone  dan menyimpannya di draft dan tidak langsung di posting, haha.

tepat tanggal 5 januari 2016 saya kembali check up  ke Dr. sitorus, untuk melihat perkembangan adik bayi. ternyata usia kandungannya sudah menginjak 8-9 Minggu , WOW! rasanya bahagia sekali, di tambah lagi saat cek menggunakan USG Transvaginal detak bayi nya sudah terlihat. wah rasanya bahagia bukan kepalang dan berat badan saya pun naik 1Kg dan menurut Dokter itu salah satu prestasi, karena kebanyakan justru ibu hamil malah turun berat badannya karena akibat mual dan muntah, dan mulai naik berat badan di minggu ke 20 atau ke 21 ,Di bulan ke 2 ini mulai banyak sekali keluhan yang saya rasakan , dari mulai sering sakit punggung yang mengakibatkan suka kebangun di malam hari karena sulit menentukan posisi tidur yang benar, sudah mulai merasakan mual yang dasyat, kalau telat makan sedikit perut terasa seperti kosong dan seperti belum makan seharian padahal kondisi nya baru 1 jam yang lalu habis makan. haha

perut bagian bawah suka mulai keram, dan yang pasti payudara sudah mulai sakit dan berasa mengencang. penciuman jauh lebih sensitif. ada cerita waktu itu saya mendadak lapar di malam hari sekitar jam setengah 11 malam, dan saya menginginkan kewtiaw , dan semenjak hamil d bulan kedua ini saya memang mendadak jadi jijik melihat ceker, dengkul, atau jeroan ayam seperti usus, ati ampela dan lain-lain. saat itu suami saya membelikan saya kwetiaw ayam, saat bungkus nya di buka, yang saya cium pertama itu adalah bau ati ampela, padahal jelas-jelas itu tidak ada ati ampela nya, dan biasanya juga saya tidak pernah mencium bau ati ampela seperti apa. langsung perut saya mendadak mual. antara perut mual dan laper, ditambah saya juga tidak enak dengan suami saya yang sudah jauh jauh membelikan kwetiau tapi masa tidak makan. saat saya mencicipi kwetiau itu, rasanya seperti ada ati ampela nya , disitu saya benar-benar mual, akhirnya saya menyerah makan itu. dan memilih minum susu hamil saja.

dan biasanya saya tidak begitu jijik dengan bau nasi, beberapa hari kebelakang ini saya tidak pernah membuka magic com langsung, saya masih suka nasi, tapi tidak suka bau nasi yang langsung dari magic com. memang ya keanehan saat hamil ada ada saja.  setiap ada keluhan yang terjadi pada saya, yang saya lakukan adalah browsing, saya selalu membaca artikel-artikel mengenai ibu hamil, karena ini adalah kehamilan saya yang pertama jadi saya masih butuh banyak belajar.

seperti waktu kemarin saat saya merasakan mual paling dasyat dan yang keluar itu cairan kuning dan rasanya pahit seperti saat asam lambung kita naik, dan saya mencari tahu melalui forum ibu hamil dan ternyata memang banyak juga ibu hamil yang merasakan itu, itu di karena kan memang perutnya kosong, mungkin sinyal juga kalo dedek bayi ini lapar minta makan, padahal 2 jam yang lalu habis makan besar. hahaha intinya memang harus sedia cemilan setiap saat. biar saat alarm mual berbunyi bisa langsung di kasih asupan buat dedek bayi. hehehe

sehat terus yaaa adik kecil .

xoxo,