Demam Pertama Ragnar – Imunisasi DPT

26 oktober 2016, jadwalnya Ragnar Imunisasi. dan hari ini kebetulan jadwal imunisasi DPT. yang katanya mampu meningkatkan kekebalan tubuh seseorang secara aktif terhadap penyakit Difteri, Pertusis, dan tetanus. dan saya denger efek samping dari imunisasi ini bikin anak demam atau anget. 2 hari ini kebetulan Ragnar agak rewel, maunya nempel mulu. di tinggal sedikit dia pasti bangun. dan nangis. sebenernya dia kenyang juga cuma dia minta nenon terus. pas hari ini jadwalnya imunisasi, dan imunisasi nya bikin rewel, cocok! makin rewel dan makin nemplok nih.

sepanjang perjalanan di mobil menuju bidan, Ragnar ngga mau tidur. maunya duduk. biasanya dia kalo imunisasi tidur. hari ini itu dia lagi susah di tidurin karena selalu kebangun sebentar-sebentar dan bikin saya jadi ngga bisa beraktifitas karena dia nangis mulu. sepertinya dia kena grow spurt lagi. Grow spurt  itu adalah  sebuah kondisi saat pertumbuhan bayi berjalan lebih cepat dari biasanya. bulan lalu sempet seperti ini juga dan memang setelah itu dia sudah pintar dan mau mulai di ajak ngobrol dan matanya pun mulai fokus, jadi udah asyik di ajak bercanda. nah kali ini dia mau pinter apa ya?

sesampainya di bidan, dia masih belum tidur, alhasil dia di suntik dalam keadaan melek dan akhirnya nangis lah sejadi-jadinya. Duh rasanya saya ngga tega lihat dia d suntik. sesampainya di rumah, saya segera memberikan obar paracetamol drop yang di berikan bidan tadi. katanya mencegah panas. yang ternyata tengah malem pun masih aja demam. jam 11 malam itu, dia masih belum begitu panas. suhunya pun masih sekitar 36 derajat. dan sampai akhirnya jam setengah 1 malam mendadak nangis kejer yang bener-bener ngamuk, setelah saya pegang jidatnya badannya panas. pas di cek suhunya naik menjadi 38.4 derajat. karena ini pengalaman pertama untuk saya mengatasi anak sakit, saya mencoba untuk tidak panik dan harus tenang. saya coba pakai kompresan bawang yang di tumbuk. tapi ternyata pas Ragnar sedang menyusui, entah kenapa badan nya Ragnar mendadak seperti yang agak kejang. Dia memang mudah kagetan, tapi malam itu saya merasa kagetannya agak beda, mata nya agak melotot dan kagetannya pun tidak hanya sekali tapi berkali kali dalam waktu beberapa detik, disitu saya mulai panik. hal yang saya lakukan pertama adalah browsing, apa itu termasuk kejang demam.

saya baca baca memang sebagian ada yang mengalami kejang demam setelah melakukan suntik imunisasi DPT, katanya kalau sampai tahap kejang itu biasanya ada turunan. menurut Ibu saya, saya belum pernah sampai kejang / step. tapi ternyata suami saya pernah. menurut artikel-artikel yang saya baca, baiknya si anak di tidurkan dalam keadaan miring, benar saja. alhamdulillah nya Ragnar tidur pulas setelah di posisi miring. minimal jadi tidak begitu kagetan. saya masih bingung itu benar demam kejang atau bukan. berharap sih bukan, hanya kagetan seperti biasa. karena tidurnya miring, akhirnya kompresan bawang di sudahi. di ganti jadi kompresan air hangat. pada intinya saya mengawasi jangan sampai panasnya sampai atau melebihi 39. jadi semalaman itu saya benar-benar jadi zombie yang mengawasi dia sampai pagi.

menjelang pagi pun panasnya masih ada, walaupun agak turun. sampai siang pun masih hangat. tapi sudah bisa tertawa-tertawa seperti biasa, yap! tapi masih rewel dan tidak mau di tinggal. setiap minum obat, wajahnya menunjukkan  rasa ketidaknyamanan. beberapa yang tau boleh sih bayi di kasih air putih sedikit kalau minum obat, tapi saya ngga berani kasih, jadi mungkin rasanya di mulutnya kurang enak. lebih baik saya cari tau cara lain supaya mengobati anak tanpa harus minum obat ya. kasian juga kalau minum obat, atau anak bayi sudah terkontaminasi dengan bahan kimia. setelah saya cari tau, ada yang namanya young living essential oil yang katanya minyak ajaib bisa membantu menyembuhkan beberapa keluhan untuk dewasa dan untuk bayi. akhirnya saya memutuskan memesan minyak ajaib itu. review menyusul karena barangnya belum sampai.

Iklan

Breastfeeding journey

Hari ini tepat usia Ragnar 7 minggu. Sore ini saya sedang santai sambil menyusui ragnar dan menonton acara televisi. Ketika saya di sibukkan dengan Ragnar yang selalu sibuk saat minum susu (tangan dan kaki nya gak mau diem) saya jadi teringat ketika saya pertama kali menyusui Ragnar. Beberapa jam setelah Ragnar lahir, dia menangis meronta-ronta mungkin lapar. Tangisan nya yang kencang bikin semua orang kasihan! Haha saat setelah melahirkan saya tidak melakukan IMD (inisiasi menyusui dini) karena saat itu ragnar belum menangis, lalu segera di bawa ke ruangan sebelah. Satu jam kemudian, susternya membawa Ragnar dan menyuruh saya menggendong , iya itu adalah moment pertama saya liat wajahnya.  Rasa nya susah di deskripsikan bagaimana bahagianya saat itu. Tidak lama kemudia suster kembali membawa Ragnar untuk di bawa ke ruangan lantai atas.

Saat itu saya masih di ruangan bersalin, setelah itu saya ke ruangan dimana saya akan menginap satu hari saja. Di dalam kamar semua keluarga saya sudah berkumpul. 

Ragnar nangis, iya nangis! Dia mau minum susu. Kembali saya menggendong ragnar, bingung! Gimana nyusuin nya nih!! Akhirnya ragnar di sodorkan payudara saya, iya dia mangap-mangap, memang sepertinya dia kelaparan. Tapi setelah disodorkan ternyata dia tampak kesel karena putingnya gak keluar, saya panik! Ragnar makin heboh. Semakin saya panik dia semakin riweuh.

Saya berniat ngasih ragnar asi eksklusif jadi jangan sampai di racuni pikiran untuk dikasih susu formula. Gak lama akhirnya dia tidur di pangkuan saya. Karena kondisi badan yang masih lemas., saya minta tolong kakak ipar saya untuk menaruh ragnar di kasur. 

Malam itu alhamdulillah lancar! Ragnar tertidur juga.

Eh Ternyata, saat tengah malam ragnar bangun, nangis sejadi-jadinya, bedong udah berantakan. oh my God! Ini bayi tenagany super duper gede banget, kembali berontak karena lapar. Saatnya belajar menyusui sambil tiduran. Lagi-lagi kesel karena gak dapet putingnya. Akhirnya di eyong-eyong dia tidur juga.

Subuh tiba, saya ingat saya bawa breast pump. Saya coba pumping payudara saya. Yes keluar! Masih berwarna kuning. Belum banyak tapi alhmdulillah. Metode ysng di gunakan untuk ngasih makan ragnar akhirnya make sendok, it works! Cuma terlihat dia sangat tidak sabaran. 

Finally, waktunya pulang. Hari pertama saya tinggal di rumah mertua saya. Sesampainya di sana disambut juga para tetangga yang pengen lihat adik bayik! 😍

Kondisi saya, kaki masih sakit di bawa jalan, badan, kaki masih bengkak. Jalan masih perih perih nikmat haha. Selama di rumah mertua Ragnar di gendong nenek nya karena saya juga masih nasa pemulihan belum berani banyak gendong karna badan masih sakit. Jadi saya hanya sibuk pumping asi. Awal keluar selalu 10ml, Ragnar selalu minta nambah jadi selalu rewel dan nangis. 

Saya mencoba bersikap tenang, karena saya tau bayi 1-3 haru itu kalaupun tidak di kasih minum dia masih kuat. Dan kalaupun minum perutnya masih sebesar kelereng atau sekitar 5ml cukup. Saya tenang belum tentu juga di sekeliling saya tenang. Saat Ragnar meronta-ronta nangis, neneknya pun kasian. Ditambah Ragnar belum pipis, karena asupan cairan nya kurang. 

Datanglah teman saya yang menjenguk ragnar. Kebetulan memang dia sudah punya anak. Ibu mertua saya nanya, gapapa kali ya kalo di kasih susu formula? Abis nangis terus kasian. Jawab teman saya ya gapapa kasian juga kalau nangis terus. Saya mau melarang rasanya gak enak. Alhasil saya nerimo juga liat Ragnar di kasih sufor untuk pertama kalinya. Rasanya sedih aja sih, karena niat saya ngasih asi eksklusif gagal, tapi mungkin itu memang lebih baik daripada Ragnar nangis terus. 

Rasa menyesel ada juga kenapa harus buru-buru di kasih sufor, nyatanya memang normalnya asi mulai banyak setelah Hari ke 3. Saya gak mau merasa stres, mau d bawa enjoy biar asi saya makin banyak. Makan sayuran hijau biar produksi asi meningkat.  Alhamdulillah pemberian sufor itu hanya satu hari dan sampai saat ini Ragnar di beri asi. Sengaja saya tidak menaruh sufor d rumah karena biar tidak ada setan yang menghantui saya untuk ngasih Ragnar sufor haha. Saya tidak anti sufor, hanya saja kalau ada susu gratis pemberian Allah yang jauh lebih kaya manfaat kenapa harus pakai sufor. Jelas manfaat dan kandungannya jauh lebih baik dari sufor.

Asi sudah lancar, tapi bukan berarti masalah selesai. Permasalahan lagi adalah Ragnar masih belum bisa menyusui langsung karena puting rata. Setelah satu mingguan akhirnya saya membeli nipple shield dari pigeon. Katanya bisa membantu bayi menyusui langsung dari puting. 

Setelah di coba, yap! Ragnar mau, hanya saja sebenarnya saya agak khawatir juga karena tekstur nipple  ini menurut saya agak besar, saya hanya takut nanti keterusan . Saat itu saya belum menperkenalkan dot.selain menggunakan nipple metode menyusui masih dengan cara disuapi pakai sendok. Setelah 2 minggu akhirnya saya memperkenalkan dot . Saya coba pakai pigeon peristaltic wide neck. Karena setiap malam dia rewel minta susu, agak ribet kalau nyendokin dalam keadaan ngantuk jadi belepotan dan takutnya berbahaya juga kalau nyuapi dalam keadaan ngantuk. Dia memang enjoy menggunakan dot, tapi kendalanya dia minumnya semakin cepat dan makin gak sabaran. Ditambah botol susu nya yang 240ml, jadi dia udah keenakan ngenyot sampai akhirnya saat susu habis pun dia masih mau ngenyot. Alhasil kembung! Jadi gumoh. Solusinya saya ubah ukuran dot nya yang lebih kecil, dan dia masih mau.

Saya tanya ke beberapa teman saya yang memang menggunakan Nipple juga. Mereka bilang nanti dia juga bis terbiasa tanpa nipple. Saya yakin dan percaya pasti bisa! Karena cukup repot juga pakai nipple, yang pasti harus bersih , harus di sterilkan, dan lumayan riweuh kalau Ragnar sudah keadaan lapar banget tapi nipple  lepas terus. Alhasil semua panik. 

Sempat takut juga dia sudah kenal dengan dot, dan keenakan pakai nipple jadi ngeri dia bakal bingung puting. Ragnar bayi pintar, saat usia 3 minggu, tanpa sengaja saat saya lagi malas mencuci nipple, keadaan belum merah asi di botol, dan Ragnar udah nangis kejer. Akhirnya saya coba untuk menyusui langsung tanpa nipple , kembali bersyukur dia mau menyusui langsung!. Pertama saya coba di payudara kanan. Dia tampak jauh lebih nyaman. Saya khawatir takutny kalau nanyi payudara di tutup puting ny masuk kedalam lagi dan ragnar sulit menyusui lagi. Tapi saya tetap berfikir positif , saya yakin ragnar bisa. Setelah saya coba tes dia menyusui di payudara kiri, ternyata dia mau juga! Akhirnya dia bisa menyusui tanpa nipple!  Dan hingga saat ini jadi nya fia menyusui langsung sampai akhirnya sambil tiduran pun dia sudah bisa menyusui langsung. Dia pun lulus tidak bingung puting karena sebagian besar saya susui langsung, penggunaan dot hanya saat saya tinggal sebentar atau saat di luar.

Pengalaman menyusui pertama kali rasanya menyenangkan walaupun rasanya sakit. Padahal dia belum punya gigi tapi rasanya sakit juga. Akhirnya di siasati setiap dia mau menyusui dan setelah menyusui pinggiran puting di basahi dengan asi. Yang katanya bisa mengurangi rasa sakit. Sejauh ini berhasil, sakitnya hanya saat awal dia menyusui lama-lama tidak begitu sakit. Entahlah gimana sakitnya saat dia sudah punya gigi ya?! Haha

Selamat datang ragnar!

Hari ini kamis, 15 september 2016. Yap udah lama sekali gak nulis blog semenjak kehamilan pas 9 bulan.  Hari rabu kemarin tepat debay sudah berusia 4 minggu. 

Oia nama anakku Ragnar Putra Wibowo , nama ragnar ini emang udah lama direncanakan, dari pas hamil 7 bulan, yang artinya pemimpin bijaksana. Biar kelak ia jadi seorang pemimpin.

Mau share pengalaman melahirkanku nih. Tanggal 17 agustus kemarin.

HPL ku sebenarnya tanggal 12 agustus, tapi dari sebelum tanggal 12 agustus itu belum ada tanda tanda mules, yakin nih pasti hpl mundur, cek ke dokter katanya klo hpl sesuai usg itu tanggal 29 agustus. Waduh mundurnya kok lama banget yak! Orang-orang sekitar udah pada nanya-nanya udah mules belum dll, tp emang yang saya rasain biasa aja, belum ada mules atau ada bercak dll. Memang sih keputihan udah agak banyak tapi belum ada darahnya, kata bu bidan kalo sudah ada darahnya baru boleh cek lagi ke bidan. 

Banyak yang menyarankan supaya cepet kontraksi dengan cara berhubungan badan, tapi di minggu minggu itu semua badan lagi bener-bener sakit. Jd agak males juga . Boro-boro buat kaya gitu, jalan pun sulit haha. 

Tanggal 14 agustus saya kembali cek ke bidan, setelah di periksa dalam masih belum ada pembukaan. Mulai agak khawatir nih di tambah orang sekeliling ikut khawatir juga, sampe ada yang menyarankan operasi saja. Sejauh ini saya USG posisi bayi dan lain lain nya normal keadaan bayi sudah di bawah, posisi sudah bagus, saya yakin saya bisa normal dan tidak mau buru-buru ambil jalan operasi karena memang semua normal dan memungkinkan lahiran tanpa operasi. 

Nah tanggal 15 agustus saya mulai keluar bercak darah, langsung saya ke bidan katanya sudah ada pembukaan 1, kata orang orang biasanya kalo sudah ada pembukaan bisa cepet lahiran nih udah predikai jangan-jangan hari ini lahiran. Haha. Tapi kok mules sering nya belum ada. Katanya tanda tanda mau lahiran itu salah satu mulesnya udh per10 menit sekali . Tapi ini masih mules dikit dikit.

Akhirnya tanggal 17 agustus, tanggal merah. Hari libur. Saya rencana periksa lagi ke bidan dan ternyata dia bilang malah belum ada pembukaan, padahal katanya kemaren udah pembukaan 1, bidan bilang itu masih lama dan belum siap lahir, padahal bercak darah sudah keluar terus masa iya belum ada pembukaan. Akhirnya saya segera ke dokter untuk melakukan usg, mau lihat bagaimana perkembangan di dalam sana. Setelah d cek bagian dalam sama dokter ternyata dia bilang bayi sudah d bawah dan siap lahir, hanya saja lubang rahim kecil sehingga belum adanya pembukaan terus, selain itu hasil usg juga menunjukkan ketuban sudah makin sedikit, dan sudah mulai mau pengapuran, karena memang sudah waktunya keluar, besok itu hitungannya sudah masuk 41 minggu! Akhirnya dokter menyarankan untuk lahiran hari ini dengan cara induksi kateter balon. Dengar kata induksi itu dari sebelum lahiran banyak yang bilang sakitnya melebihi sakit mules normal, tapi induksi itu juga ngga bisa sembarangan dilakukan karena banyak resikonya, nah karna kandungan saya sudah melebihi batas hpl jadi di bantu induksi kateter balon unuk membuka lubang rahim yang masih belum mau terbuka. 

Jam setengah 12 siang mulai di masukkan balon ke dalam rahim, gak sakit sih dan biasa saja. Perasaan saya mau lahiran saat itu adalah antara senang, bingung, takut karena itu mendadak banget. Niat saya mau usg aja ternyata lahiran hari itu juga. Alhamdulillah. Haha

30 menit awal pemasangan balon biasa saja, masih bisa jalan ke toilet atau jalan pindah kamar, mulai jam setengah 2 siangvsudah agak mulai mules, tapi masih bisa tertahankan. Semua keluarga sudah berkumpul karena memang pas hari libur kan. Jam setengah 3 sore di cek perawat ternyata sudah langsung bukaan 7. Balon di lepas dan pindah ke ruang bersalin. Mulai deg-degan. Di sebelah saya pun ada ibu muda juga yang sedang melakukan induksi balon juga sama seperti saya, saat itu dia sudah pembukaan 5, jam 3 sore di cek sudah naik ke pembukaan 8. Mules semakin menjadi, bersyukurlah suami mau menemani jadi saya bisa genggam terus tangan nya kalo pas lagi mules. Sempet juga saya bilang ke suami saya kalo saya ga kuat, dia tetep semangatin saya, peranan suami disitu penting banget! Saat saya udah hampir menyerah dia kembali menaikkan semangat. Di tambah lagi saya berfikir kalo semakin sakit berarti debay sudah ingin segera keluar dan cepet ketemu. Akhirnya setengah  4 sore pembukaan lengkap! Dan mulai siap eksekusi. 

Mules yang semakin sulit di deskripsikan, rasanya seperti mau buang air tapi bukan, alhamdulillaah saat itu banyak bidan yang membantu persalinan dan saling menyemangati, karena suasana tujuh belasan kali ya jadi pada semangat. Hahaa 

Saya riweuh juga bilang saya kaya mau buang air nih, semua sibuk nyuruh saya tarik nafas. Akhirnya saat dimana saya harus ngeden. Hampir 5 kali ngeden, sampai akhirnya keluar jugavtepat di jam 15:45. Ternyata si debay posisinya terlilit makanya dia agak sulit keluar, saat bayi keluar rasanya? Spechless, tak henti nya mengucap alhamdulillah bayi keluar normal, lengkap, sempurna. Masih gak percaya saat itu saya bisa melalui proses dimana saya merasa sempurna menjadi seorang wanita, sudah merasakan nikmatnya melahirkan. 

Sulit di ungkapkan saat ragnar di taruh di dada saya. Harusnya sih dilakukan proses IMD (inisiasi menyusui dini) tapi saatbitu ragnar masih belum menangis jadi harus d bawa dulu dan di buat menangis. Akhirnya saya dengar ragnar menangis. Alhamdulillah lengkap sudah jadi istri dan jadi ibu. Selamat datang ragnar!

my journey pregnancy #4month

4
USG 4 bulan

 

 

Yeayy ….

setelah USG sudah 16 minggu. dan ajaib sekali di minggu ke 16 ini. setelah kemarin-kemarin anti banget ke dapur, karna mencium bau bau yang aneh, di minggu ini semua itu beneran hilang. dan saya sudah bisa kembali melakukan aktivitas di dapur lho. alhamdulillah sekali jadi bisa kembali masak, dan pengeluaran lebih irit haha..

banyak yang bilang memasuki usia kehamilan 4 bulan pertumbuhan si adik itu bakal lebih cepat dari sebelumnya. saya sih sempet merasa perut saya sudah agak mulai keras. dan tepat di tanggal 9 maret 2016 saya mengadakan syukuran 4 bulanan di rumah orang tua saya. ditambah sedang ada fenomena gerhana matahari . sempet beberapa orang menyarankan untuk menyuruh saya ngumpet di bawah kolong meja. hihi gitu sih mitosnya. saya engga melakukan itu, hanya saya memang tidak keluar rumah saja. saat ada gerhana itu saya cuma bisa liat di televisi.

alhamdulillah si Adik ini sudah bisa sampai di tahap 4 bulan, berarti sudah ditiupkan ruh nya. ditambah lagi saat USG si Adik ini sudah bisa menendang, walaupun saya belum merasakan tendangannya itu sih .kondisi badan saya juga sudah lebih baik, karena tidak mabok lagi. hanya saja paling kondisi si punggung yang semakin hari semakin pegel yang tak tertahan. sempet sih mau beli bantal hamil. cuma kayanya entar aja deh. masih bisa di ganjal menggunakan guling.

 

17 Weeks

yaps! di setiap minggu nya saya menanti perubahan si adik. hihi .. ditambah lagi saya mulai mendowload aplikasi di Hp yang mengikuti perkembangan si bayi. nama aplikasinya “my pregnancy”

IMG-20160410-WA0000.jpg

 

jadi tambah semangat dan tidak sabar melihat setiap minggu nya dia sudah bisa apa di dalam sana. rasanya jadi tak sabar ingin segera melihat langsung hehe. kadang jadi keluhan yang sering di sebutkan suka kalah kalau sudah melihat perkembangan si Adik ini hihi.. begini ya rasanya sebagai calon ibu.

ditambah lagi, di usia ke 17 minggu ini, saya pertama kali nya mulai merasa ada sesuatu yang menendang lho. waw rasanya Amazing. masih halus-halus gitu sih. awalnya saya belum bisa bedakan apa ini karna lapar atau emang si adik yang udah mulai kerasa tendangannya. semakin lama semakin sering. dan saya membaca forum-forum ibu hamil, ternyata memang kebanyakan mulai merasakan tendangan halus sekitar 17 minggu. wah senangnyaaaa.

 

18 Weeks

minggu ke minggu, hari ke hari, selalu lihat youtube melihat perkembangan si bayi di usia 18 weeks ini sudah bisa apa. haha katanya di usia ini si adik sudah bisa mulai mendengar suara dari luar, dari situ saya mulai sering ajak ngobrol dan sedikit banyaknya sering bacakan dongeng saat siang hari sebelum saya tidur siang. walaupun kadang-kadang sebenernya agak susah buat tidur siang, karna saya juga belum terbiasa tidur siang. hanya saja di usia 18 weeks ini saya maunya tiduran terus. ya karena punggung masih pegel dan minta di lurusin. selain itu, perut di bagian bawah itu sakitnya luar biasa. katanya sih karna kondisi rahim sedang membesar, jadi di nikmati saja ya sis! cuma karena sekarang sudah mulai merasakan tendangan, dan sudah semakin terasa, kadang pegel nya itu terasa hilang, karna keburu amazing dengan rasa tendangan si adik ini. hehehe

19 Weeks

di usia 19 weeks ini, payudara saya sudah semakin sakit. berasa keras dan sakit. terutama saat saya bangun pagi-pagi. di minggu ini saya sedang melakukan aktifitas yang agak sibuk, dan si adik agak di cuekin. kadang saya sering terlalu kecapean dan akhirnya lupa ajak ngobrol. di minggu ini dia mendadak tidak bergerak. awalnya saya tidak ngeuh. tapi saat saya sedang rebahan, kok saya merasa si adik belum ada menendang ya hari ini?? saya mulai panik. dan setiap saya mengalami keluhan, saya pasti langsung buka forum ibu hamil dan lihat apakah ada juga yang mengalami hal yang sama dengan saya ? dan ternyata memang ada. dan umur kehamilannya pun sama dengan saya . katanya di usia 19 weeks ini si adik sedang mulai belajar bernafas, mungkin di minggu ini dia lagi konsen mengatur pernafasan kali ya, sehingga si gerakan nya jadi berkurang (keep positif thinking) hahaa.. atau saya fikir si adik sedang ngambek karena saya nyuekin dia?? tapi memang entah perasaan saya saja atau memang normalnya begitu, saat saya ajak ngobrol dia dan minta maaf karena saya nyuekin dia sehingga lupa ajak dia ngobrol tiba-tiba dia ada ngasih tendangan sekali. akhirnya saya lega. iyaaa.. jangan sampai lupa kalo si adik juga butuh perhatian sis! ahahaa..

 

 

my journey pregnancy #3month

3
USG 3 BULAN

 

akhirnya setelah sekian lama cerita ini ada di draft, bisa segera di publish juga. karena banyak banget keluhan-keluhan yang lagi di alami. jadi belum sempet bikin pengalaman. sekarang sebenernya kehamilan saya sudah menuju 22 week . tapi belum sempet share dari 12 minggu- sekarang. jadi dicicil yaa.. hehee

12 weeks

Minggu ini, kehamilan saya sudah menuju minggu ke 12 alias 3 bulan. Keluhan yang saya rasakan di mulai dari sudah malas makan, perut lapar tapi engga tau mau makan apa. Paling membuat kentang goreng sebagai salah satu alternatif mengisi kekosongan perut. Karena beberapa hari ini saya kurang minat untuk makan nasi, makanya di siasati dengan makan kentang.

Pagi ini yang saya rasakan sama seperti kemarin, perut bawah saya lebih sering terasa sakit. Rasanya seperti kram. Sempat khawatir tapi setelah saya membaca beberapa artikel dan beberapa forum ibu hamil, ternyata bukan hanya saya yang merasakan itu, di minggu ke 12 ini memang sedang menuju masa transisi dari trimester pertama ke trimester kedua. Selain itu, sakit perut bagian bawah itu di akibatkan karena uterus membesar, jadi otot dan ligamen yang mendukung juga ikut berkembang sehingga terjadi perengangan rahim. dan ini wajar karena dengan adanya rasa sakit ini, tubuh juga akan semakin menunjukkan bahwa kita sedang hamil. rasa sakit ini saya rasakan ketika sedang bersin dan setelah bersin ada rasa sakit seperti ditusuk yang berlangsung selama beberapa detik di perut bagian bawah dan saya pun belum tau kalau round ligament pain akan semakin terasa setiap bersin.   Karna ini kehamilan pertama, jadi masih ngerasa takut-takut terjadi apa-apa. Akhirnya saya mencari solusi bagaimana cara nya agar menangani saat bersin supaya tidak terlalu sakit, menurut forum yang saya baca katanya dengan mencondongkan badan agak ke depan saat bersin sambil memegang perut itu mampu mengurangi rasa sakit nya lho.

13 weeks

di minggu ke 13 ini saya masih merasakan sakit yang sama seperti di minggu kemarin. hidung masih sangat sensitif, sehingga belum mau pergi ke dapur, jangankan buat masak. buat ambil sendok atau piring pun bener-bener engga mau. entah kenapa merasa jijik banget kalo ke dapur, terutama kalo lihat tempat cuci piring. dan lebih parahnya lagi, ke ruang tengah pun sudah mulai malas. perasaan saya hidung saya ini mencium sesuatu yang aneh. makanya di minggu ke 13 ini saya cuma bisa diem di kamar dan males keluar. jadi kesibukan nya itu cuma nonton tv, browsing-browsing di kamar. selain itu, perasaan saya, saya lebih manja, dan mau nya engga mau jauh dari suami. haha kadang itu bikin suami jengkel. tapi ya mau gimana. saya juga maunya sih biasa aja .

14 weeks

minggu ke 14, masih rewel soal makanan. mau makan ini itu tapi engga masuk. alhasil perut lapar tapi ngga tau mau makan apa. kembali lagi bikin suami jengkel. di tanya mau makan apa. jawaban paling bener itu “engga tau”. “terserah” haha dan engga sekali dua kali suami saya pun emosi kalo udah di tanya atau denger jawaban itu. tapi jujur aja sih di kehamilan saya ini, saya mendadak engga begitu suka junkfood seperti KFC, PH, atau makanan cepat saji yang biasa saya konsumsi sebelumnya. ada bagusnya sih, jadi bisa kasih asupan makanan lebih bergizi. di minggu ini punggung saya mulai terasa sakit. serasa mau patah. sakit bukan kepalang. maunya sih di usap-usap terus. saya sempat takut juga katanya jangan keseringan menggunakan koyo, terutama koyo yang panas banget. katanya berpengaruh ke bayi. saya cek cek forum beberapa ada yang pro ada yang kontra. saya sih positif thinking saja. insha allah tidak apa-apa. karena mau gimana lagi, koyo dan kayu putih udah jadi sahabat banget deh buat punggung. terutama kalo udah melakukan aktifitas yang engga banyak jalan. atau diem di satu tempat.

menurut dokter, ya kalo sakit yang di alami sekarang ini masih belum ada apa-apanya di banding pas melahirkan nanti. ini hanya sekian persen sakitnya daripada saat melahirkan nanti. jadi saya pun selalu positif thinking dan keluhan ini cuma bisa di nikmati. paling mengeluh sedikit ke suami walaupun pasti jengkel juga dia dengerin keluhans saya tiap hari. XOXO

15 Weeks

Kok saya merasa mendadak sering melupakan sesuatu? di baca mendadak pikun. kadang saya mendadak lupa nyimpen barang dimana. dan lebih sering sendawa. itu keluhan di 15 minggu ini. ditambah lagi perut mendadak seperti kembung terus jadi selalu buang angin. saya suka di belikan makan siang oleh suami saya sayuran . kadang suka ada sayur bayam dan saya pun ada sekitar beberapa mengkonsumsi bayam . beberapa kali saya baca katanya bayam itu bisa membuat perut kembung jadi wajar kalo selalu buang angin, apalagi kalo sayur bayam itu hasil angetan lagi. sebenernya yang saya tau bayam itu baik untuk ibu hamil, katanya khasiatnya bisa mencegah cacat lahir, mengurangi resiko bayi lahir prematur, mencegah anemia, mencegah definsiasi folat, membantu pertumbuhan paru-paru, mencegah wasir dan sembelit, menjaga sistem kekebalan tubuh dan masih banyak lagi khasiatnya. nah bisa jadi kembung yang saya alami karena sayur bayam nya sudah di buat dari pagi dan di konsumsi siang hari. makanya sayur bayam baiknya di konsumsi saat baru matang dan tidak di hangatkan kembali karna katanya dapat meningkatkan kadar nitrit dari oksidasi nitrat yang ada pada sayur bayam ini. dan zat nitrit ini bisa berubah menjadi racun bagi manusia. jadi baiknya kalo nanti sudah bisa ke dapur, lebih baik masak sayur bayam sendiri. hehe

my journey pregnancy #2 month

2
USG 2 bulan

sekian lama saya mau menulis blog, tapi rasanya badan ini cepat sekali lelah, ditambah bulan lalu saya masih bekerja , disaat pulang kerja yang paling saya rindukan adalah kasur. haha saya hanya menulis d handphone  dan menyimpannya di draft dan tidak langsung di posting, haha.

tepat tanggal 5 januari 2016 saya kembali check up  ke Dr. sitorus, untuk melihat perkembangan adik bayi. ternyata usia kandungannya sudah menginjak 8-9 Minggu , WOW! rasanya bahagia sekali, di tambah lagi saat cek menggunakan USG Transvaginal detak bayi nya sudah terlihat. wah rasanya bahagia bukan kepalang dan berat badan saya pun naik 1Kg dan menurut Dokter itu salah satu prestasi, karena kebanyakan justru ibu hamil malah turun berat badannya karena akibat mual dan muntah, dan mulai naik berat badan di minggu ke 20 atau ke 21 ,Di bulan ke 2 ini mulai banyak sekali keluhan yang saya rasakan , dari mulai sering sakit punggung yang mengakibatkan suka kebangun di malam hari karena sulit menentukan posisi tidur yang benar, sudah mulai merasakan mual yang dasyat, kalau telat makan sedikit perut terasa seperti kosong dan seperti belum makan seharian padahal kondisi nya baru 1 jam yang lalu habis makan. haha

perut bagian bawah suka mulai keram, dan yang pasti payudara sudah mulai sakit dan berasa mengencang. penciuman jauh lebih sensitif. ada cerita waktu itu saya mendadak lapar di malam hari sekitar jam setengah 11 malam, dan saya menginginkan kewtiaw , dan semenjak hamil d bulan kedua ini saya memang mendadak jadi jijik melihat ceker, dengkul, atau jeroan ayam seperti usus, ati ampela dan lain-lain. saat itu suami saya membelikan saya kwetiaw ayam, saat bungkus nya di buka, yang saya cium pertama itu adalah bau ati ampela, padahal jelas-jelas itu tidak ada ati ampela nya, dan biasanya juga saya tidak pernah mencium bau ati ampela seperti apa. langsung perut saya mendadak mual. antara perut mual dan laper, ditambah saya juga tidak enak dengan suami saya yang sudah jauh jauh membelikan kwetiau tapi masa tidak makan. saat saya mencicipi kwetiau itu, rasanya seperti ada ati ampela nya , disitu saya benar-benar mual, akhirnya saya menyerah makan itu. dan memilih minum susu hamil saja.

dan biasanya saya tidak begitu jijik dengan bau nasi, beberapa hari kebelakang ini saya tidak pernah membuka magic com langsung, saya masih suka nasi, tapi tidak suka bau nasi yang langsung dari magic com. memang ya keanehan saat hamil ada ada saja.  setiap ada keluhan yang terjadi pada saya, yang saya lakukan adalah browsing, saya selalu membaca artikel-artikel mengenai ibu hamil, karena ini adalah kehamilan saya yang pertama jadi saya masih butuh banyak belajar.

seperti waktu kemarin saat saya merasakan mual paling dasyat dan yang keluar itu cairan kuning dan rasanya pahit seperti saat asam lambung kita naik, dan saya mencari tahu melalui forum ibu hamil dan ternyata memang banyak juga ibu hamil yang merasakan itu, itu di karena kan memang perutnya kosong, mungkin sinyal juga kalo dedek bayi ini lapar minta makan, padahal 2 jam yang lalu habis makan besar. hahaha intinya memang harus sedia cemilan setiap saat. biar saat alarm mual berbunyi bisa langsung di kasih asupan buat dedek bayi. hehehe

sehat terus yaaa adik kecil .

xoxo,

my journey pregnancy #1 month

1
USG 1 bulan 

sewaktu tanggal 7 desember saat saya check up k dr. sitorus spesialis kandungan, ternyata usia kehamilan saya sudah 1 bulan atau sekitar 4 minggu. rasa bahagia campur kaget ternyata selama ini sudah ada janin di dalam rahim saya. pantas saja beberapa hari kebelakang ini rasa nya perut mudah lapar, mudah lelah, lebih sensitif dan rasanya perut bawah terasa keram seperti mau haid.

beberapa hari ke belakang juga setiap tengah malam saya selalu bangun karena kebelet buang air kecil. sempat geer juga apa ini hamil?

setelah testpack dan ternyata positif dan pas cek ke dokter memang benar hamil ya barulah percaya kalo ternyata hamil. yang di rasakan saat menikmati kehamilan dibulan pertama, pagi-pagi terkadang mual tapi tidak sampai muntah, punggung mudah lelah, perut selalu lapar, dan setiap malam saya selalu merasa meriang atau panas dingin. tapi saya menikmati nikmatnya sebagai ibu hamil. semua keluh kesah yang di rasa di bawa enjoy walau terkadang mengganggu aktivitas. tapi alhamdulillahnya sepertinya kehamilan saya cukup tidak repot seperti kehamilan yang di alami teman kantor saya, apni. dia bilang sampai benar- benar mabok sampai harus izin kerja karena mabok.

saya hanya merasa tidak enak badan saat malam hari, mungkin lelah juga karena seharian bekerja.

tapi tepat di awal tahun 2016, saya fix sudah tidak bekerja lagi alias resign dari pekerjaan saya kemarin. di masa bulan pertama kehamilan yang paling di rasakan saat ini sudah mulai mabok. sudah mulai mencium bau-bau yang tidak enak. penciuman saya lebih sensitif dari biasanya. dan beberapa kali saya merasakan mual dan muntah.

tapi saat ini saya sedang menikmati nikmatnya sebagai ibu hamil, mulai merasakan morning sickness, mulai susah makan tapi perut berasa kosong dan pengen makan, mual yang tak tertahankan. tapi itu semua terbayar saat melihat hasil USG dan itu menjadikan semangat untuk saya agar bisa membuat adik bayi ini tumbuh dan berkembang dengan menikmati masa-masa mabok kehamilan di trismester pertama ini.

 

xoxo ,