Kebanggaan Bunda

hai happy new year 2018!!!

setelah lama ngga isi blog, (padahal niat nulis udah dari beberapa bulan lalu, dan catatan cuma masuk draft) tapi masih aja belum di post.

kalo ga salah terakhir post blog itu waktu soal  perkembangan ragnar 7 bulan . dan bulan Januari ini Ragnar usianya 17 bulan ! si bayik itu semakin beranjak besar. berati sudah 17 bulan menjadi seorang Ibu. melihat perkembangan Ragnar dari hari ke hari, minggu ke minggu dan dari bulan ke bulan. dari mulai belajar berdiri, merangkak mundur, merangkak maju, mulai rambatan ke tembok, sampai pertama kali melangkahkan 1 step kaki nya buat berjalan, 7 langkah kaki sampai dia sekarang udah bisa lari-lari. Alhamdulillah.

tepatnya 18 Januari 2017 tepatnya usia 5 bulan, dia mulai bisa nahan badan walaupun masih suka jatuh, cuma dia punya keinginan keras untuk berusaha bisa

23 januari waktu mulai ngerangkak maju

24 Januari udah bisa mulai manjat-manjat bantal

9 februari duduk

17 maret pertama kali bilang maa. maaa

18 maret mulai berani rembetan buat jalan,

8 april  bisa berdiri agak lama dan pertama bilang ayah dengan jelas

12 april udah bisa pok ame ame

29 april pertama kaloo bisa make sedotan

15 mei bisa dadah dadah

2 Juni tumbuh gigi pertama

20 July pertama kali bisa turun kasur sendiri

25 agustus berani jalan 7 langkah

30 agustus jalan lancarrrrrrrrrrr

kurang lebih nya beberapa moment yang masih sempet ketulis dan keinget perkembangannya, kalo sekarang setiap hari pasti selalu ada banyak kosakata baru, perilaku baru jadi kalo di tulis pasti akan sangat banyak hahaa..

 

tapi yang paling special adalah menurut saya sebagai seorang Ibu, adalah saat pertama kali dia bangun tidur dan memanggil saya “nda.. nda.. ndaa” omaygaattt rasanya itu bahagia tiada tara, karena biasanya yang dia panggil itu selalu ayah ayah ayah, hahaha padahal setiap waktu, selalu bareng saya, tapi yang dipanggil pasti ayah, iya ga sih (cemburu mode on) wkwkw

karena biasanya saat dia bangun tidur siang, dia pasti nangis dulu, tapi di moment itu dia bangun tidur, duduk dan mencari saya dengan sebutan “nda” yaaa.. sekarang aku jadi bundaaa.. karna Ragnar sudah bisa panggil aku bunda .. saat itu ragnar usia 16 bulan.

saya merasa bangga bisa melihat perkembangan Ragnar setiap hari, setiap hari ada kosakata baru atau ekspresi baru, sudah bisa menolak kalau di tawari sesuatu, bisa meminta , selalu bilang “maaci” saat di kasih sesuatu, sudah bisa salim kalau mau berangkat kemana aja dan bilang “kum” (assalamualaikum) kalau mau pergi, pokoknya banyak.

hal yang menurutku paling membanggakan untuk saya adalah, ketika Ragnar merasa tidak nyaman (entah dia rebutan mainan sama temannya / dia dipukul temannya / dia jatuh dll) yang selalu dia cari itu saya, (harusnya emang gitu ya haaha orang gue emaknya) tapi, ada sensasi bangga buat saya saat anak saya lari k pelukan saya saat dia merasa gak nyaman, yaa.. saya merasa di butuhkan , untuk saya yang tidak pernah urus anak kecil sama sekali, saya benar-benar bangga dan merasa “Ya! aku Bundamu, peluk! Ragnar harus tau, hal kecil seperti itu bikin bunda sangat bahagia, Bunda merasa bangga ketika kamu peluk bunda, bunda merasa senang kalau kamu mencari bunda, bunda bahagia ketika kamu lari dan senyum senang ketika lihat bunda. tapi maafkan bunda kalau bunda belum terlalu sabar untuk menghadapi kamu, kadang bunda marah, Ya! tapi setelah marah, bunda selalu minta maaf dan kamu masih selalu ketawa untuk bunda.

terima kasih Ya Allah, engkau menganugerahkan Ragnar, Si pintar, si sholeh, si aktif, si cerdas, si sehat, si kuat, si sempurna….  terimakasih Ya Allah. ragnar7

Iklan

Perkembangan ragnar 7 bulan

Aduh sangat lama sekali ngga update blog karena paciweuh ngurus Ragnar, ngurus rumah dan kerjain kerjaan design yang alhamdulillah selalu ada. Nulis blog ini tanggal 23 maret 2017 tepat usia Ragnar 7bulan 6 hari. Berarti sudah 1 bulan Ragnar mulai Mpasi ya. (Share soal Mpasi nya belum kelar2 masih terkurung di draft

Next

Perkembangan Ragnar di usia 7bulan ini dia sudah sangat pintar nyeloteh , kata pertama yang dia ucap itu waktu usia nya 6bulan menuju 7 bulan tanggal 10 maret 2017, dia bilang “mi..mi,,” sering saya becandain, “mau panggil Bunda Umi? Nanti langsung nyanyi Umi ya😂”  sempet tanpa sengaja juga denger dia bilang “nen” . Ya Alhamdulillah banget dia belajar kata demi kata. Dan tepat di usia 7bulan 17 maret 2017 dia sering nyeloteh “ma..ma.. maaa” entah itu mama atau “mam” (makan) karena, gpp nak mau panggil Bunda sebutannya Mama juga wkwkwk.. 

nah tanggal 20 maret 2017 kebetulan ayah nya itu ada pelatihan dari kantornya dan harus pergi sampai 5 hari, otomatis saya ngungsi dulu ke rumah Mama saya. Entah Ragnar mungkin gelisah karena biasanya ada ayahnya tiba-tiba ayahnya gak ada, tiap magrib biasanya ayahnya pulang, selama training pas jam magrib dia gak pernah mau tidur (biasanya tidur) dan biasanya tidur siang, selama di rumah Mama dia gak pernah mau tidur siang, selalu pengen main, dan dia bener-bener seneng main. Sampe disuruh tidur pun sulit dan saya merasa sangat lelah buat jagain dia, karena biasanya di rumah ngga se heboh itu main nya, entah juga karena ada neneknya yang ngajak main terus, entah emang dia merasa belum biasa buat tinggal di tempat yang bukan rumahnya. Sampe mandi aja dia gak mau, sampe kudu agak di paksa biar mandi.

Di usia 7 bulan ini dia semakin aktif ngerayap-rayap di tembok, pengen berdiri terus, sudah ngerondang sangat cepat dan celotehannya makin banyak “baa baaa baaa” “mam mam mam” pas dia bilang “mam” saya kasih makan, eh iya loh dia kayanya laper banget sampe habis, 

Biasanya kalau di rumah saya menerapkan metode BLW (cerita BLW nya menyusul), selama di rumah Mama saya menggunakan metode BLW saat snack time aja. Untuk menu makan besarnya saya bikin bubur dan saya suapi, biar gak terlalu berantakan. Alhamdulillah selama makan disuapi, selalu mangap dan belum sampai tutup mulut, entah dia memang suka buburnya atau karna kelewat lapar karena mainnya terlalu over jadi dia kecapean.
Nah dari pas selasa tanggal 21 maret 2017, (tepat hari ke 2 d rumah Mama), saya kaget kok Poop dia pekat dan hitam. Waktu hari seninnya saya bikinin bubur pakai teri, wortel, tahu. Entah itu pertama kalinya makan dalam porsi banyak makanya Poop nya sangat padat, entah salah menu juga (mungkin ada yang tau itu kenapa) . Karena selama BLW d rumah, Poop dia gak sampai seperti itu, saya mikirnya sih klo BLW kan yang masuk ke perutnya hanya sedikit, kalo bubu dan di suapi jadi ketahuan dia makannya seberapa banyak. Saya browsing ada yg bilang mungkin kelebihan Zat besi, sejak hari itu saya jadi mengamati poop Ragnar, hari itu dia makan banyak, dan tumben juga Poop nya lebih dari 1 kali karena biasanya 1 kali sehari. Hari ketiga di rumah Mama, warna poop sudah biasa tapi masih pekat, (sejauh ini masih mengamati soal poop, mungkin kalau sudah menggunakan Metode BLw lagi di rumah poop nya kembali normal) . Besok kita pulang ke rumah ya nak, kembali lagi BLW kita. Makin pintar ya makannya nak!

Perkembangan Ragnar 1-3 bulan

Hari ini tanggal 7 januari 2017 , Ragnar sudah memasuki usia 4 bulan 21 hari yeayy!!!!  Sebentar lagi 5 bulan dan bulan depan dia sudah bisa MPASI. Pengen bahas soal persiapan Mpasi tapi Skip dulu soal Mpasi deh, karena selama 4 bulan ini banyak banget moment perkembangan Ragnar yang gak ke tulis d blog, karena lebih banyak di abadikan di Instagram haha…

Keingetan banget dari awal Ragnar lahir, dia masih mungil banget, berat badan masih 3.3kg panjangnya 50cm, 2 bulan awal saya masih bolak balik di rumah orang tua dan rumah mertua, kalo di rumah orang tua saya, saya seperti merawat Ragnar sendiri, karena Mama menyerahkan semuanya ke saya, tapi itu bagus sih bikin saya belajar. Saya mandiin Ragnar sejak Ragnar usia 7hari, setelah dia puput puser. Takut? Pasti. Secara saya sama sekali belum pernah gendong bayi apalagi mandiin bayi. Tapi, dengan naluri keibuan yang telah timbul saya memberanikan diri dan meyAkinkan diri kalau saya bisa. Karena hampir 97% orang yang kenal saya gak percaya saya bisa ngurua anak. Sampe kalau di rumah mertua aja saya gak berani mandiin Ragnar dan ngaku nya kalo di rumah orang tua saya, Ragnar masih di mandiin sama Bidan. Xixi.

Perkembangan Ragnar 1bulan

Saya inget betul awal-awal lahir saat masih menjadi zombie, dan bergelut dengan pompa asi, tiap malem di rumah mertua saya sibuk ngompa asi,buat tengah malem, karena saat itu Ragnar belum bisa direct bf. kalau di rumah mertua saya, nyuapi asi pakai sendok, kalo di rumah mama saya waduh repot, gak setelaten itu! Akhirnya umur 1 mingguan Ragnar mulai di perkenalkan dot. Dan dia mulai keenakan pakai dot karena alirannya deres kali yee. Tapi saya tetep mengajari dia buat direct bf. karena saya harus bisa bikin dia menyusui langsung.

Saya belum paham juga ternyata dot bikin kembung, karena mama saya suka kasi dot kosong kalau asi nya habis, jadi di biarkan Ragnar tetep ngenyot dot, pantes aja dia sering gumoh. Pernah tengah malem pertama kalinya saya panik karena saya liat Ragnar gumoh parah. Saya hanya takut cairan gumohnya itu masuk telinga. Wah saya panik setengah mati. Ditambah mata ngantuk, kepala pusing kurang tidur. Ohlalaa zombie banget!

Awal melahirkan tidak jauh dengan google. Apapun yang terjadi dengan Ragnar saya cari tau di google, dari mulai mandiin, susunan bedongan, apa aja yang di pakai setelah mandi dan lain-lain. Semua serba latihan sendiri. Usia 2 minggu saya mulai memperkenalkan nipple shield pigeon k ragnar biar dia mau direct bf. Yap! Dia mau. Tapi repot banget, harus d cuci dulu, d steril dulu. Sampai akhirnya saya menemukan titik kelelahan untuk nyuci nipple. Dan mulai mengajari Ragnar menyusui langsung tanpa nipple. 7 september tepat 3 minggu! Dia mau menyusui langsung. Wah bahagianya. Dari situ mompa asi udah mulai berkurang karena dia udah bisa menyusui langsung. Tinggal belajar menyusui sambil tiduran. Ragnar semakin pintar, makin lama dia makin pintar menyusui langsung, akhirnya asal sabar dan di biasakan akhirnya di usia ke 2 bulan Ragnar sudah bisa menyusui sambil tiduran. 22 september, Mata Ragnar sudah bisa fokus loh, saking senengnya akhirnya saya ajak selfie dan subhanallah, dia lihat kamera sambil senyum.

IMG_3218IMG_3210IMG_3169IMG_3141IMG_3117
img_3349.jpg

Perkembangan Ragnar 2 Bulan.

Tepat di 2 bulan 17 Oktober 2016, saya, suami dan Ragnar pulang ke rumah sendiri, saya senang, walaupun saya udah mikir pasti repot banget ngurus rumah dan urus ragnar sendiri. ah.. saya optimis saya bisa. jadi pasti bisa. malam pertama tidur di rumah Ragnar anteng-anteng aja, paling hari ke 2 sampai seterusnya masih bangun malam itupun hanya nenon dan lanjut tidur lagi. Saya kembali buka onlineshop, bisa melakukan pekerjaan rumah, pokonya masih ke handle karena ragnar masih stay di kasur belum bisa kesana kemari. Hanya sebatas belajar miring itu pun belum lancar. Jadi selama umur 2 bulan bunda masih aman ngerjain semua kerjaan bunda karena Ragnar masih sering bobok.

IMG_3716IMG_4152IMG_4162

Perkembangan Ragnar 3 bulan.

Sebenarnya masih 2 bulan lebih mau ke 3 bulan tepat di tanggal 4 november 2016, Ragnar mulai lincah, sedang berusaha miring-miring sampai akhirnya di tanggal inilah Ragnar pertama kali nya bisa bener-bener miring. alhamdulillah saya yang exciting lihat dia bisa miring sendiri, hahaa setelah mau memasuki usia 3 bulan Rasanya perkembangan Ragnar kian pesat. Semakin pintar. Contohnya di tanggal 6 november Ragnar sudah bisa memasukan teether k dalam mulutnya, karna sebelumnya masih meleset-meleset, sampai akhirnya sudah mahir gigit teether hehee.

Mainan Ragnar belum banyak, di usia 2bulan duduk di bouncer tapi hanya sebatas duduk dan belum tertarik dengan mainan yang ada di depan nya, eh tapi d tanggal 9 november Ragnar sudah mulai tertarik loh sama mainan nya, 15 november Ragnar sudah mulai ngoceh! Bahagianya denger celotehan anak,  dan 19 november Ragndr bisa tengkurep sendiri dengan posisi kepala bener2 tegak lho. Dari awal lahir Ragnar itu gak pernah tidur tengkurep, padahal katanya bayi nyaman ya tidur di posisi itu, tapi Ragnar sih malah gabisa, tapi tanggal 1 desember, perdana lho dia tidur tengkurep, walaupun sebentar.

Bahagia banget ya bisa lihat perkembangan anak setiap hari- ny, senang bisa menemani di masa usia keemasan nya, alhamdulillah sejauh ini belum dan gak ada kepikiran dulu pengen kerja lagi, fokus gimana ngurus Ragnar dan pengen punya usaha sendiri, insha Allah meski bunda kerja di rumah , rejeki kamu selalu ada ya nak,

di usia 3 bulan ini juga Ragnar baru sempet di botakin kepalanya, hehe..

IMG_4668IMG_4724IMG_4772IMG_4778IMG_4812

Guru terbaik

Dear mamah…

Tahun 2016 ini, status saya pun sudah menjadi seorang Ibu. Akhirnya saya tau bagaimana menjadi seorang Ibu. Ketika anak sakit, rasanya gelisah bukan kepalang. Dimana waktu tidur berkurang dan cenderung tidak ada karena banyak yang harus saya lakukan di rumah selagi anak saya tidur. Saat ini Ragnar 4 bulan, saya masih berlatih untuk menjadi seorang Ibu, seorang Istri, seorang pekerja onlineshop. dimana saya harus sibuk mengurus bayi, mengurus rumah dan mengurus deadline pesanan design saya. Lelah? Pasti. Tapi ternyata semua itu kalau di lakukan dengan ikhlas terasa ringan. Dulu, saya selalu menentang mamah, selalu membuat menangis karna ulah saya. Akhirnya saya tau rasanya khawatir terhadap anak. Saat saya merasa capek, dan ketika Ragnar rewel, saya pun tau rasanya kenapa banyak juga Ibu-ibu sering kesel karna ulah anaknya, ternyata disitulah tantangannya, apakah saya bisa mengendalikan emosi saya? Apakah saya bisa melatih atau mendidik anak saya dengan baik? Waktu tidur saya sangat berkurang semenjak punya anak. Karena saat Ia tidur itulah waktu yang pas untuk saya melakukan semua pekerjaan saya. Pekerjaan rumah yang tidak habis-habis. Harus sabar ketika pekerjaan belum selesai ternyata anak bangun dan menangis. Tapi, saat lelah, kalau lihat wajah anak saya sedang tidur, rasa lelah itu hilang. Ya… saya akhirnya tau kenapa mamah selalu nangis ketika saya pergi jauh. Waktu kuliah dan waktu saya kerja di jakarta. Dulu saya selalu bilang mamah lebay. Tapi.. ohh ini ternyata rasanya, ingin rasanya selalu dekat dengan anak. Saya merasa dekat dengan mamah semenjak saya selesai kuliah, setelah saya sudah kembali ke rumah, ya.. selama ini saya biasa saja, selama kuliah di Bandung saya jarang pulang, jarang sms apalagi telepon. Saya tidak tau juga ternyata di rumah mamah mengkhawatirkan saya, hanya saja tidak di ungkap. Alasannya satu “takut saya jadi gak fokus kuliah” . Selama kuliah apa saya memikirkan mamah? Tidak. Saya hanya memikirkan main main main. Saya pergi ke gunung, pergi k luar kota, apa saya bilang? No. Alasan saya pun satu “takut mamah khawatir dan kepikiran”. 

Setelah saya kembali ke rumah setelah 4 tahun merantau, saya tau bagaimana mamah memperjuangkan supaya saya tetap bisa bayar kuliah, di Bandung saya enak tinggal minta uang, apa saya tau ternyata mamah saya mengalami sulit uang? No. Pada saat itu mana saya peduli. Mamah selalu tidak pernah mau melihat saya pergi, karena beliau selalu bilang “mamah menganggap kamu main, jadi kamu pasti pulang, jd untuk apa mamah lihat kamu pergi, kan kamu main” itulah cara beliau supaya tidak nangis. 

Saat semua orang menilai saya buruk, hanya mamah yang selalu menilai saya baik. Mengaggap Saya tidak pernah salah. Disaat saya di kucilkan orang, mamah lah orang yang menguatkan saya dan meyakinkan saya bahwa saya lebih baik. Beberapa orang tua teman saya menilai saya bukan anak baik, karena dandanan saya yang semrawut dan anak kosan pergaulan pasti bebas, jadi takut berdampak buruk terhadap anaknya, tapi mamah saya tetap percaya saya tidak macem-macem. Ya.. hanya mamah yang percaya saya anak baik. 

Sampai saat ini, sampai saya sudah menikah dan sudah menjadi Ibu pun, mamah tetap menjadi malaikat penolong saya, dan saya merasa saya sangat membutuhkan mamah, dan tidak mau jauh lagi. Semua yang mamah rasakan mungkin sebagian telah saya rasakan. Ternyata begini menjadi seorang Ibu, bekerja di rumah, menjadi guru untuk anak, menjadi Istri , menjadi perawat, dan masih banyak lagi. 

Mamah saya seorang guru SD kelas 1, saya belajar membaca di rumah dan di sekolah, hingga akhirnya saya pandai membaca, mamah guru terbaik di kehidupan saya, guru yang mengajari arti kehidupan, arti keikhlasan dan arti kejujuran. Bagi saya, mamah saya yang paling terbaik. 

Semoga mamah dan bapa sehat selalu. 

Selamat hari Ibu,Mah.