Keloid Scar | Manfaat Air Liur Basi

ada yang tau ngga sih keloid itu apa ??

kalau saya sih awalnya ngga tau, apa itu keloid. jadi di betis kiri saya itu ada seperti bintik hitam kecil , dan bintik itu selalu bikin saya ngga nyaman, kadang nyut nyutan, kadang gatal, kadang sakit. saya bilang ke orang tua saya, cuman ibu saya juga ngga komentar yang gimana-gimana dan menganggap itu biasa aja. saya pun membiarkan itu, tapi prasaan saya lama-kelamaan kenapa bintik hitam itu agak melebar dan semakin terasa gatal,

kelo

sebelumnya kilas balik dulu sebelum cerita soal keloid, di kantor lama saya, ada anak PKL yang memang sedang magang disana, saya pun bercerita sama dia, kalau saya punya mata ikan di telapak kaki, dan dia bilang, dia juga sama. akhirnya dia menyarankan saya menggunakan rinso dan kapur sirih lalu di aduk dan di oles di mata ikan. setelah saya coba, rasanya luarbiasa sakitnya! terasa perih, panas dan benar-benar sakit. dan tepat di mata ikan saya setelah d oles itu, ternyata jadi bolong, saya berfikir mungkin akar mata ikan saya pun ikut melepuh. dan sebelumnya waktu saya SMA saya pernah oprasi kecil mata ikan, ternyata dia masih tumbuh. setelah menggunakan kapur sirih dan rinso itu saya optimis mata ikan saya itu hilang, dan setelah kulit kembali tumbuh memang tidak sekeras awal, dan sampai sekarang masih sering berasa sakit tapi tidak separah waktu itu….

setelah itu, saya berfikir apa mungkin bintik hitam di betis saya juga bisa ikut bolong kalau pakai kapur sirih dan rinso? daripada penasaran akhirnya saya mencoba, dan sakitnya sama seperti mata ikan dan akhirnya bolong juga. saya berfikir itu akan hilang. awalnya memang rata hasilnya dan saya mulai senang mungkin itu sembuh. tapi ternyata tidak. justru semakin lama dia semakin tumbuh dan malah semakin membesar dan lebih menonjol jauh dari sebelumnya. dan dia berwarna ungu gelap. dan semakin sakiit dan semakin gatal. akhirnya saya memutuskan untuk bertanya ke dokter kulit. waktu itu saya di anter teman saya, ayu.  saya dan dia sempat berfikir, paling juga disuruh operasi kecil nih buat ilangin ini , setelah sampai di dokter, dokter yang agak sedikit judes pas nanya keluhan saya, saya hanya kasih lihat bintik itu dan dia hanya meraba nya saja. dia langsung bilang “ini keloid” , saya nanya dong, keloid itu apa . dia cuma bilang kalo suatu saat kamu melahirkan, kamu bilang sama dokternya atau bidannya kalo kamu punya riwayat keloid, karena kulitnya orang yang mempunyai riwayat keloid cara jahitannya itu berbeda, dan kalo kamu ada luka sedikit, kamu hati-hati kulit kamu mudah untuk timbul keloid lagi. dan kamu jangan pernah berfikir kalo saya akan menyuruh kamu untuk operasi. karena keloid ngga bisa di operasi, karena bekas jahitan dari operasi itu bisa menimbulkan keloid baru, jadi memang itu susah untuk disembuhkan. paling hanya di kasih obat pengurang rasa gatalnya, karena kalo kamu semakin mencoba mengobati itu, dia akan semakin tumbuh besar,  dan saya jujur dulu sebelumnya ini bintik kecil, dan saya kasih rinso dan kapur sirih malah membesar, dan itu juga yang di bilang ibu dokter, sebaiknya memang keloid itu tidak usah di usik usik. resiko dia bukan sembuh, melainkan membesar.

itu katanya, saya masih sedikit agak bingung kan sebenarnya itu penyakit apa, kenapa bisa? setelah saya browsing beberapa gambar, ternyata keloid itu macam-macam, dan banyak yang sangat parah. beruntunglah saya keloidnya tidak sebesar yang ada di google. hiiii….

jadi keloid itu Keloid adalah pertumbuhan jaringan ikat yang tumbuh berlebihan pada kulit bekas luka. Secara normal, ketika kulit terluka, maka akan terjadi proses penyembuhan, dimana jaringan fibrosa atau yang sering disebut dengan jaringan ikat terbentuk diatas luka guna memperbaiki dan melindungi luka. Hanya saja pada beberapa kasus, jaringan ikat ini tumbuh secara berlebihan, hingga menebal, menonjol, melebar dengan permukaan yang licin, dan teraba kebagian atas. Inilah yang disebut dengan keloid, dengan istilah lain keloid adalah bekas luka yang menebal.

memang sih, katanya keloid ini memang tidak berbahaya, hanya bisa mengganggu penampilan dan agak sedikit risih kalo mulai terasa gatal, saya lihat beberapa orang yang terkena keloid rata-rata kebanyakan tumbuh di belakang telinga, dan di bagian dada, malah sampai ada yang di area wajah. saya suka tindik telinga, jadi agak takut malah muncul keloid disana, paling tindikan nya agak di kurangi aja, cari aman hehe.

tapi saya pernah nanya ke dokter waktu di jakarta, dia menyarankan untuk operasi plastik, tapi saya ngga mau ambil resiko, saya tetap nurut dengan dokter yang sebelumnya, bahwa keloid ngga harus di apa-apain. ada juga yang menyarankan di laser, dan saya membaca beberapa artikel pun memang salah satunya bisa dengan di laser atau disuntik.

beberapa waktu lalu saya bertemu saudara saya, dia menyarankan saya mencoba mengolesi keloid dengan ludah basi. ludah basi itu air liur yang di hasilkan waktu pertama kali saat kita bangun tidur dan belum melakukan aktifitas apa-apa, ambil air liur yang paling ujung dekat tenggorokan, oleskan beberapa kali saja tepat di keloidnya. saya cari tau mengenai ludah basi ini, ternyata memang ludah basi ini salah satunya berfungsi Dapat membantu mempercepat proses penyembuhan luka. saya baru mencoba sekitar beberapa hari, dan di usahakan rutin setiap hari , dan mau tau hasilnya itu seperti apa. semoga berhasil!