Perkembangan Ragnar 1-3 bulan

Hari ini tanggal 7 januari 2017 , Ragnar sudah memasuki usia 4 bulan 21 hari yeayy!!!!  Sebentar lagi 5 bulan dan bulan depan dia sudah bisa MPASI. Pengen bahas soal persiapan Mpasi tapi Skip dulu soal Mpasi deh, karena selama 4 bulan ini banyak banget moment perkembangan Ragnar yang gak ke tulis d blog, karena lebih banyak di abadikan di Instagram haha…

Keingetan banget dari awal Ragnar lahir, dia masih mungil banget, berat badan masih 3.3kg panjangnya 50cm, 2 bulan awal saya masih bolak balik di rumah orang tua dan rumah mertua, kalo di rumah orang tua saya, saya seperti merawat Ragnar sendiri, karena Mama menyerahkan semuanya ke saya, tapi itu bagus sih bikin saya belajar. Saya mandiin Ragnar sejak Ragnar usia 7hari, setelah dia puput puser. Takut? Pasti. Secara saya sama sekali belum pernah gendong bayi apalagi mandiin bayi. Tapi, dengan naluri keibuan yang telah timbul saya memberanikan diri dan meyAkinkan diri kalau saya bisa. Karena hampir 97% orang yang kenal saya gak percaya saya bisa ngurua anak. Sampe kalau di rumah mertua aja saya gak berani mandiin Ragnar dan ngaku nya kalo di rumah orang tua saya, Ragnar masih di mandiin sama Bidan. Xixi.

Perkembangan Ragnar 1bulan

Saya inget betul awal-awal lahir saat masih menjadi zombie, dan bergelut dengan pompa asi, tiap malem di rumah mertua saya sibuk ngompa asi,buat tengah malem, karena saat itu Ragnar belum bisa direct bf. kalau di rumah mertua saya, nyuapi asi pakai sendok, kalo di rumah mama saya waduh repot, gak setelaten itu! Akhirnya umur 1 mingguan Ragnar mulai di perkenalkan dot. Dan dia mulai keenakan pakai dot karena alirannya deres kali yee. Tapi saya tetep mengajari dia buat direct bf. karena saya harus bisa bikin dia menyusui langsung.

Saya belum paham juga ternyata dot bikin kembung, karena mama saya suka kasi dot kosong kalau asi nya habis, jadi di biarkan Ragnar tetep ngenyot dot, pantes aja dia sering gumoh. Pernah tengah malem pertama kalinya saya panik karena saya liat Ragnar gumoh parah. Saya hanya takut cairan gumohnya itu masuk telinga. Wah saya panik setengah mati. Ditambah mata ngantuk, kepala pusing kurang tidur. Ohlalaa zombie banget!

Awal melahirkan tidak jauh dengan google. Apapun yang terjadi dengan Ragnar saya cari tau di google, dari mulai mandiin, susunan bedongan, apa aja yang di pakai setelah mandi dan lain-lain. Semua serba latihan sendiri. Usia 2 minggu saya mulai memperkenalkan nipple shield pigeon k ragnar biar dia mau direct bf. Yap! Dia mau. Tapi repot banget, harus d cuci dulu, d steril dulu. Sampai akhirnya saya menemukan titik kelelahan untuk nyuci nipple. Dan mulai mengajari Ragnar menyusui langsung tanpa nipple. 7 september tepat 3 minggu! Dia mau menyusui langsung. Wah bahagianya. Dari situ mompa asi udah mulai berkurang karena dia udah bisa menyusui langsung. Tinggal belajar menyusui sambil tiduran. Ragnar semakin pintar, makin lama dia makin pintar menyusui langsung, akhirnya asal sabar dan di biasakan akhirnya di usia ke 2 bulan Ragnar sudah bisa menyusui sambil tiduran. 22 september, Mata Ragnar sudah bisa fokus loh, saking senengnya akhirnya saya ajak selfie dan subhanallah, dia lihat kamera sambil senyum.

IMG_3218IMG_3210IMG_3169IMG_3141IMG_3117
img_3349.jpg

Perkembangan Ragnar 2 Bulan.

Tepat di 2 bulan 17 Oktober 2016, saya, suami dan Ragnar pulang ke rumah sendiri, saya senang, walaupun saya udah mikir pasti repot banget ngurus rumah dan urus ragnar sendiri. ah.. saya optimis saya bisa. jadi pasti bisa. malam pertama tidur di rumah Ragnar anteng-anteng aja, paling hari ke 2 sampai seterusnya masih bangun malam itupun hanya nenon dan lanjut tidur lagi. Saya kembali buka onlineshop, bisa melakukan pekerjaan rumah, pokonya masih ke handle karena ragnar masih stay di kasur belum bisa kesana kemari. Hanya sebatas belajar miring itu pun belum lancar. Jadi selama umur 2 bulan bunda masih aman ngerjain semua kerjaan bunda karena Ragnar masih sering bobok.

IMG_3716IMG_4152IMG_4162

Perkembangan Ragnar 3 bulan.

Sebenarnya masih 2 bulan lebih mau ke 3 bulan tepat di tanggal 4 november 2016, Ragnar mulai lincah, sedang berusaha miring-miring sampai akhirnya di tanggal inilah Ragnar pertama kali nya bisa bener-bener miring. alhamdulillah saya yang exciting lihat dia bisa miring sendiri, hahaa setelah mau memasuki usia 3 bulan Rasanya perkembangan Ragnar kian pesat. Semakin pintar. Contohnya di tanggal 6 november Ragnar sudah bisa memasukan teether k dalam mulutnya, karna sebelumnya masih meleset-meleset, sampai akhirnya sudah mahir gigit teether hehee.

Mainan Ragnar belum banyak, di usia 2bulan duduk di bouncer tapi hanya sebatas duduk dan belum tertarik dengan mainan yang ada di depan nya, eh tapi d tanggal 9 november Ragnar sudah mulai tertarik loh sama mainan nya, 15 november Ragnar sudah mulai ngoceh! Bahagianya denger celotehan anak,  dan 19 november Ragndr bisa tengkurep sendiri dengan posisi kepala bener2 tegak lho. Dari awal lahir Ragnar itu gak pernah tidur tengkurep, padahal katanya bayi nyaman ya tidur di posisi itu, tapi Ragnar sih malah gabisa, tapi tanggal 1 desember, perdana lho dia tidur tengkurep, walaupun sebentar.

Bahagia banget ya bisa lihat perkembangan anak setiap hari- ny, senang bisa menemani di masa usia keemasan nya, alhamdulillah sejauh ini belum dan gak ada kepikiran dulu pengen kerja lagi, fokus gimana ngurus Ragnar dan pengen punya usaha sendiri, insha Allah meski bunda kerja di rumah , rejeki kamu selalu ada ya nak,

di usia 3 bulan ini juga Ragnar baru sempet di botakin kepalanya, hehe..

IMG_4668IMG_4724IMG_4772IMG_4778IMG_4812

Leave a Reply

