my journey pregnancy #7month

29 Weeks

29 weeks berarti usia kehamilan sudah masuk ke 7 bulan, dag dig dug serrrr .. semakin deket dengan persalinan. perasaan antara takut, bahagia, ngga sabar, ah pokonya campur aduk. keluhan di minggu ini tendangan super sudah semakin kerasa, dan saya merasa banyak banget mengalami keputihan, jadi harus sering ganti-ganti celana. memang bener ya selama hamil itu harus sering bersih-bersih terutama di daerah sensitif. selain itu, di minggu ini saya juga mendadak terkena diare, setelah baca-baca itu bisa di sebabkan pengaruh dari susu hamil, dan ternyata memang benar setelah saya stop dulu minum susu hamilnya, diare nya berkurang. padahal awalnya minum susu hamil itu biasa saja, dan tidak berpengaruh apa-apa. tapi memang, minggu kemaren itu agak males untuk bikin susu, mungkin karna beberapa hari libur minum susu, jadi sekalinya minum lagi perutnya butuh membiasakan lagi, mungkin. 😀

biasanya selama kehamilan ini, saya ngga pernah merasakan keluhan pusing, atau kurang enak badan, justru malah saya semangat melakukan aktivitas. sayangnya di minggu ini berbanding terbalik, badan mendadak drop, agak-agak meriang dan kepala agak pusing. tapi saya sih sangat mengusahakan untuk tidak mengkonsumsi obat. kalo pusing ya saya milih tidur, berharap pusingnya hilang, tapi memang sih saat bangun pun pusingnya belum hilang juga.

30 Weeks

usia kehamilan sudah masuk 30 minggu, si anak emas ini lebih jago nendangnya, terutama tendangan ke arah sebelah kanan, kanan ngerasa benjol sebelah hahaa. kalau duduk di bawah, dia pasti ga mau diem, kadang-kadang tendangannya sampe linu ke tulang-tulang. apalagi kalau sambil makan, aktifnya luarbiasa.

kemarin, saya berniat mau USG 4D di klinik amanda karawang, itu tepat jam 18.30 wib. ternyata disana masih rame banget. sekitar jam 19.15 saya masuk ke ruangan dokter, dan disitu ada Dr. Farid. lihat kondisi anak emas, sehat tapi dia posisinya lagi sujud. dan ngga mau liat ke depan. kata dokternya kalo posisi gitu susah buat 4d karna wajahnya ga kelihatan. agak lama nunggu si bayi ini muter, ternyata dia emang ngga mau muter-muter sampe akhirnya dokternya nyerah. ahhaa mungkin si bayi memang ngga mau ngasih lihat atau dia malu? atau dia lagi bobok?  karna bulan lalu, periksa ke Dr. Sitorus di jam malam juga, posisi si bayi ini memang sama, engga mau tampak depan. OK! ambil kesimpulan di jam itu dia bobok, berarti kalo mau periksa jangan jam segitu. hahha karna sebelum-sebelumnya, kalo tiap periksa pagi, dia pasti ga mau diem, justru cenderung sangat aktif.

 

31 Weeks

sewaktu percobaan USG 4d pertama itu udah usia 30w 5D, dan sekarang lagi mencoba peruntungan buat USG lagi pas di usia 31 W. katanya 31 W itu udah ukuran besar untuk 4d, Tapi di coba saja, siapa tau beruntung kan . hahhaa.. pergi ke klinik amanda lagi, hari ini datang pagi jam 8 pagi, posisi sedang puasa. klinik sepi. berharap si bayi kali ini mau pamer muka dan pamer jenis kelaminnya. setelah masuk dan diperiksa, ternyata si bayi MASIH ngga mau ngasih lihat muka nya, Hiks! dia anteng aja diem sambil membelakangi. jadi yang kelihatan hanya punggung, dan Jenis kelaminnya pun dia tutup rapat-rapat wkwk.. untuk kedua kalinya ayah bundanya di buat kecewa sama debay karna debay nya masih malu-malu. it’s OK! sebenernya rencana nya itu mau USG d Rs. Lira medika, cuma setiap telpon ke sana Dr. Edo nya ngga pernah ada, sekali nya ada, kita yang ngga bisa kesana. sehari setelah kita dari klinik amanda, saya masih penasaran ingin 4d, kebetulan saat saya telpon ke rs lira medika, ternyata Dr. edo nya ada, jelas lah saya dan suami buru-buru kesana. temen saya bilang, kalo mau USG coba adik bayi nya di kasih yang manis-manis, siapa tau dia mau banyak bergerak, jadi bisa USG4d. ok! hari itu saya ngga puasa khusus buat sogok adik bayi biar makan atau minum yang manis-manis. sepanjang perjalanan ke Rs. lira medika, saya makan puding. hihi malu juga engga puasa.

tepat jam 13.20 wib saya sampai di rs. lira medika, saya pun mengejar waktu takutnya Dr. edo nya keburu pergi lagi, dan ternyata bersyukurlah masih bisa ketemu. haha akhirnya waktu pemeriksaan di mulai, sempet deg-degan takutnya si bayi masih posisi yang sama, tapi ternyata metode makan manis-manis  IT WORKS! minimal si bayi mau ngelirik ke depan dan bisa sedikitnya pamer jenis kelamin, yang katanya laki-laki. hehe.. walaupun dia cuma tampak samping tp dari mulutnya, hidungnya, mata nya jelas terlihat. alhamdulillah sejauh ini semua normal. rasanya bahagia bukan kepalang, dan engga sia-sia juga ngga puasa dan panas-panasan kesana. sehat selalu ya bayikkkk!!!

 32 weeks

makin ga kerasa.. perut makin melendung. dan masih belum tau juga mau beli persiapan apa aja. padahal orang-orang udah pada nanya.. “udah beli apa aja??” “udh  beli baju bayi belum?” hahhaa kadang emang pengen rasanya beli beli perlengkapan bayi.. tapi kok bingung ya mau beli apa dulu… butuh bimbingan dari para leluhur yg berpengalaman dalam urusan perbayian.. hahhaa…
keluhan di 32 minggu ini? perut makin berat. jelas!. punggung makin teras remuk? jelas! tapi seperti biasa, di nikmatin aja sis setiap prosesnya, yang penting tau bahwa perjuangan untuk menjadi seorang ibu itu ga mudah. ternyata keluhan-keluhan ini sudah berjalan selama hampir 8 bulan. dan itu gak kerasa kok! setiap hari nya justru senang karena anak mas semakin aktif dan semakin terasa tendangannya.. kaya ada sensasi bahagia bahagia nya gitu deh. hahahaa.. 

di minggu ke 32 ini pas banget di bulan puasa, kadang kadang suka gak kuat nahan haus nih, jadi kadang batal ajalah padahal udh tanggung mau maghrib tapi udah kerasa kaya dehidrasi banget. jangan maksain sis, inget juga ada kakak bayik di dalam perut yang mungkin kehausan hehehe…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s