Cerita ilmiah tentang cinta #repost

Postingan ini saya buat waktu tahun 2011, setelah saya lihat-lihat blog lama sewaktu saya kuliah. gaya bahasanya dan penulisannya juga kayanya masih asal tulis “banget” haha..

begini,

Saat saya terinspirasi sesuatu untuk membuat suatu catatan mengenai cinta. Yang terpikirkan paling utama itu adalah sebenarnya apa arti cinta ??? yap .. mungkin masih terlalu dini untuk gadis seumuran saya berbicara masalah cinta ((hey kuliah juga belum lulussss udah ngomong cinta-cintaan ^_^)). Tapi setelah membaca buku ilmiah yang memutar otak dari kiri ke kanan dari kanan ke kiri, dari depan ke belakang dan dari belakang ke depan dan akhirnya sampai otak saya ngebul :-D. Buku ilmiah konyol tapi memang cukup banyak mengeluarkan kata “oh iya ya” hahhaaaa ….. ini yang bikin seru .. tenyata banyak hal yang belum saya ketahui.

Begini katanya :

Apa yang sesungguhnya terjadi dengan kepala anda ?? pada tahun 2001 Profesor Semir dan Andreas Bartel mencari relawan-relawan yang sedang “dimabuk cinta”. Para relawan itu merelakan otak mereka untuk dipindai sambil melihat foto kekasih mereka, dan hasilnya menunjukkan kegiatan yang terjadi dalam otak ketika sedang jatuh cinta. Hiruk pikuk terjadi padamedical insula, daerah yang menjadi persimpangan saluran dari seluruh sensor pada otak. Kesibukan yang sama juga sering terjadi pada anterior cingulate yang dikenal sebagai bagian otak yang merespon euphoria-ketika seseorang dalam pengaruh obat-obatan. Pusat kesenangan di daerah basal ganglia otak yang lebih dalam dan lebih primitive juga mendadak heboh. Semakin sibuknya kegiatan dalam korteks postsingulat meningkatkan euphoria. Hormone apa saja yang ditembakan untuk menyemarakan suasana ?? Dopamine, phenylethylamine, testosterone, serotonin, oestrogen, oxytocin dan beragam pheromone.. tidak mengherankan jika cinta membuat gila. Semua kericuhan itu terjadi demi menetaskan generasi berikutnya .

Dalam bidang percintaan yang dikuasai emosi, sebuah gambar, sekali saja terlukis dan tidak akan terhapus oleh realita apapun. Bukan hanya karena pikiran anda ingin melihat apa yang dia lihat, pikiran anda secara aktif tidak mau melihat apa yang tidak ingin dia lihat “

Banyak mendengar kata “Cinta itu buta” saya pun pernah bilang begitu hehehe tapi sebenarnya cinta itu dibutakan dengan sengaja. Ada kutipan kata “Cinta tidak dilihat oleh mata, tapi oleh pikiran, dan oleh sebab itu cupid bersayap dilukiskan buta” ada benarnya juga. suatu ketika saat kita melihat seseorang, dia terlihat biasa, tapi kenapa kita selalu memandangnya ? apa yang membuat dia itu begitu menarik ?? beda hal nya dengan seseorang yang hanya kita lihat dengan mata, terkadang sering ada kata “bosan”. Jika hati berkata ya, maka mata adalah hanya sebagai media. Apapun yang di katakan hati, pasti itulah yang terbaik. Jika awalnya mata yang berbicara, hati belum tentu menerima 😀

Dan seseorang pernah bilang “apa yang membuat anda menyayangi saya???” terkadang bingung untuk menjawab dan selintas berfikir “iya ya apa yang saya suka dari anda ?” jawaban dalam hati. dan jawaban terakhir yang diucapkan selalu “ya tidak tahu” (jawaban yang standar :p) tapi bener susah untuk bicara dan menjelaskan sebenarnya apa yang membuat saya tertarik.

Tapi tenyata memang “hati mempunyai alasan sendiri yang tidak diketahui alasan” dan pada akhirnya jawabannya memang hanya hati yang tahu. Kadang suatu omongan itu berbeda dengan perkataan hati.

Dan terakhir dibuku itu tertulis

Bagaimana jika seseorang tidak mendapat balasan cinta ? bagaimana cara menyembuhkan rasa sakit hati dari cinta yang tak terbalaskan ?? Wendy Cope menjawab dalam puisinya “Dua pengobat cinta”

  1. Jangan menemuinya, jangan menelpon atau menulis surat
  2. Cara yang lebih mudah : kenali dia lebih dekat.

Dan ada kutipan kata dari Mignon Mclaughlin seorang wartawan Amerika, berkata bahwa pernikahan yang berhasil memerlukan jatuh cinta berkali-kali kepada orang yang sama.

Banyak kata-kata ilmiah diatas yang memang harus saya cari tahu lagi. Ini Sekedar share aja, nambah-nambah ilmu pengetahuan hehehe ………….

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s