my journey pregnancy #3month

3
USG 3 BULAN

 

akhirnya setelah sekian lama cerita ini ada di draft, bisa segera di publish juga. karena banyak banget keluhan-keluhan yang lagi di alami. jadi belum sempet bikin pengalaman. sekarang sebenernya kehamilan saya sudah menuju 22 week . tapi belum sempet share dari 12 minggu- sekarang. jadi dicicil yaa.. hehee

12 weeks

Minggu ini, kehamilan saya sudah menuju minggu ke 12 alias 3 bulan. Keluhan yang saya rasakan di mulai dari sudah malas makan, perut lapar tapi engga tau mau makan apa. Paling membuat kentang goreng sebagai salah satu alternatif mengisi kekosongan perut. Karena beberapa hari ini saya kurang minat untuk makan nasi, makanya di siasati dengan makan kentang.

Pagi ini yang saya rasakan sama seperti kemarin, perut bawah saya lebih sering terasa sakit. Rasanya seperti kram. Sempat khawatir tapi setelah saya membaca beberapa artikel dan beberapa forum ibu hamil, ternyata bukan hanya saya yang merasakan itu, di minggu ke 12 ini memang sedang menuju masa transisi dari trimester pertama ke trimester kedua. Selain itu, sakit perut bagian bawah itu di akibatkan karena uterus membesar, jadi otot dan ligamen yang mendukung juga ikut berkembang sehingga terjadi perengangan rahim. dan ini wajar karena dengan adanya rasa sakit ini, tubuh juga akan semakin menunjukkan bahwa kita sedang hamil. rasa sakit ini saya rasakan ketika sedang bersin dan setelah bersin ada rasa sakit seperti ditusuk yang berlangsung selama beberapa detik di perut bagian bawah dan saya pun belum tau kalau round ligament pain akan semakin terasa setiap bersin.   Karna ini kehamilan pertama, jadi masih ngerasa takut-takut terjadi apa-apa. Akhirnya saya mencari solusi bagaimana cara nya agar menangani saat bersin supaya tidak terlalu sakit, menurut forum yang saya baca katanya dengan mencondongkan badan agak ke depan saat bersin sambil memegang perut itu mampu mengurangi rasa sakit nya lho.

13 weeks

di minggu ke 13 ini saya masih merasakan sakit yang sama seperti di minggu kemarin. hidung masih sangat sensitif, sehingga belum mau pergi ke dapur, jangankan buat masak. buat ambil sendok atau piring pun bener-bener engga mau. entah kenapa merasa jijik banget kalo ke dapur, terutama kalo lihat tempat cuci piring. dan lebih parahnya lagi, ke ruang tengah pun sudah mulai malas. perasaan saya hidung saya ini mencium sesuatu yang aneh. makanya di minggu ke 13 ini saya cuma bisa diem di kamar dan males keluar. jadi kesibukan nya itu cuma nonton tv, browsing-browsing di kamar. selain itu, perasaan saya, saya lebih manja, dan mau nya engga mau jauh dari suami. haha kadang itu bikin suami jengkel. tapi ya mau gimana. saya juga maunya sih biasa aja .

14 weeks

minggu ke 14, masih rewel soal makanan. mau makan ini itu tapi engga masuk. alhasil perut lapar tapi ngga tau mau makan apa. kembali lagi bikin suami jengkel. di tanya mau makan apa. jawaban paling bener itu “engga tau”. “terserah” haha dan engga sekali dua kali suami saya pun emosi kalo udah di tanya atau denger jawaban itu. tapi jujur aja sih di kehamilan saya ini, saya mendadak engga begitu suka junkfood seperti KFC, PH, atau makanan cepat saji yang biasa saya konsumsi sebelumnya. ada bagusnya sih, jadi bisa kasih asupan makanan lebih bergizi. di minggu ini punggung saya mulai terasa sakit. serasa mau patah. sakit bukan kepalang. maunya sih di usap-usap terus. saya sempat takut juga katanya jangan keseringan menggunakan koyo, terutama koyo yang panas banget. katanya berpengaruh ke bayi. saya cek cek forum beberapa ada yang pro ada yang kontra. saya sih positif thinking saja. insha allah tidak apa-apa. karena mau gimana lagi, koyo dan kayu putih udah jadi sahabat banget deh buat punggung. terutama kalo udah melakukan aktifitas yang engga banyak jalan. atau diem di satu tempat.

menurut dokter, ya kalo sakit yang di alami sekarang ini masih belum ada apa-apanya di banding pas melahirkan nanti. ini hanya sekian persen sakitnya daripada saat melahirkan nanti. jadi saya pun selalu positif thinking dan keluhan ini cuma bisa di nikmati. paling mengeluh sedikit ke suami walaupun pasti jengkel juga dia dengerin keluhans saya tiap hari. XOXO

15 Weeks

Kok saya merasa mendadak sering melupakan sesuatu? di baca mendadak pikun. kadang saya mendadak lupa nyimpen barang dimana. dan lebih sering sendawa. itu keluhan di 15 minggu ini. ditambah lagi perut mendadak seperti kembung terus jadi selalu buang angin. saya suka di belikan makan siang oleh suami saya sayuran . kadang suka ada sayur bayam dan saya pun ada sekitar beberapa mengkonsumsi bayam . beberapa kali saya baca katanya bayam itu bisa membuat perut kembung jadi wajar kalo selalu buang angin, apalagi kalo sayur bayam itu hasil angetan lagi. sebenernya yang saya tau bayam itu baik untuk ibu hamil, katanya khasiatnya bisa mencegah cacat lahir, mengurangi resiko bayi lahir prematur, mencegah anemia, mencegah definsiasi folat, membantu pertumbuhan paru-paru, mencegah wasir dan sembelit, menjaga sistem kekebalan tubuh dan masih banyak lagi khasiatnya. nah bisa jadi kembung yang saya alami karena sayur bayam nya sudah di buat dari pagi dan di konsumsi siang hari. makanya sayur bayam baiknya di konsumsi saat baru matang dan tidak di hangatkan kembali karna katanya dapat meningkatkan kadar nitrit dari oksidasi nitrat yang ada pada sayur bayam ini. dan zat nitrit ini bisa berubah menjadi racun bagi manusia. jadi baiknya kalo nanti sudah bisa ke dapur, lebih baik masak sayur bayam sendiri. hehe

Leave a Reply

