Perkembangan ragnar 7 bulan

Aduh sangat lama sekali ngga update blog karena paciweuh ngurus Ragnar, ngurus rumah dan kerjain kerjaan design yang alhamdulillah selalu ada. Nulis blog ini tanggal 23 maret 2017 tepat usia Ragnar 7bulan 6 hari. Berarti sudah 1 bulan Ragnar mulai Mpasi ya. (Share soal Mpasi nya belum kelar2 masih terkurung di draft

Next

Perkembangan Ragnar di usia 7bulan ini dia sudah sangat pintar nyeloteh , kata pertama yang dia ucap itu waktu usia nya 6bulan menuju 7 bulan tanggal 10 maret 2017, dia bilang “mi..mi,,” sering saya becandain, “mau panggil Bunda Umi? Nanti langsung nyanyi Umi ya😂”  sempet tanpa sengaja juga denger dia bilang “nen” . Ya Alhamdulillah banget dia belajar kata demi kata. Dan tepat di usia 7bulan 17 maret 2017 dia sering nyeloteh “ma..ma.. maaa” entah itu mama atau “mam” (makan) karena, gpp nak mau panggil Bunda sebutannya Mama juga wkwkwk.. 

nah tanggal 20 maret 2017 kebetulan ayah nya itu ada pelatihan dari kantornya dan harus pergi sampai 5 hari, otomatis saya ngungsi dulu ke rumah Mama saya. Entah Ragnar mungkin gelisah karena biasanya ada ayahnya tiba-tiba ayahnya gak ada, tiap magrib biasanya ayahnya pulang, selama training pas jam magrib dia gak pernah mau tidur (biasanya tidur) dan biasanya tidur siang, selama di rumah Mama dia gak pernah mau tidur siang, selalu pengen main, dan dia bener-bener seneng main. Sampe disuruh tidur pun sulit dan saya merasa sangat lelah buat jagain dia, karena biasanya di rumah ngga se heboh itu main nya, entah juga karena ada neneknya yang ngajak main terus, entah emang dia merasa belum biasa buat tinggal di tempat yang bukan rumahnya. Sampe mandi aja dia gak mau, sampe kudu agak di paksa biar mandi.

Di usia 7 bulan ini dia semakin aktif ngerayap-rayap di tembok, pengen berdiri terus, sudah ngerondang sangat cepat dan celotehannya makin banyak “baa baaa baaa” “mam mam mam” pas dia bilang “mam” saya kasih makan, eh iya loh dia kayanya laper banget sampe habis, 

Biasanya kalau di rumah saya menerapkan metode BLW (cerita BLW nya menyusul), selama di rumah Mama saya menggunakan metode BLW saat snack time aja. Untuk menu makan besarnya saya bikin bubur dan saya suapi, biar gak terlalu berantakan. Alhamdulillah selama makan disuapi, selalu mangap dan belum sampai tutup mulut, entah dia memang suka buburnya atau karna kelewat lapar karena mainnya terlalu over jadi dia kecapean.
Nah dari pas selasa tanggal 21 maret 2017, (tepat hari ke 2 d rumah Mama), saya kaget kok Poop dia pekat dan hitam. Waktu hari seninnya saya bikinin bubur pakai teri, wortel, tahu. Entah itu pertama kalinya makan dalam porsi banyak makanya Poop nya sangat padat, entah salah menu juga (mungkin ada yang tau itu kenapa) . Karena selama BLW d rumah, Poop dia gak sampai seperti itu, saya mikirnya sih klo BLW kan yang masuk ke perutnya hanya sedikit, kalo bubu dan di suapi jadi ketahuan dia makannya seberapa banyak. Saya browsing ada yg bilang mungkin kelebihan Zat besi, sejak hari itu saya jadi mengamati poop Ragnar, hari itu dia makan banyak, dan tumben juga Poop nya lebih dari 1 kali karena biasanya 1 kali sehari. Hari ketiga di rumah Mama, warna poop sudah biasa tapi masih pekat, (sejauh ini masih mengamati soal poop, mungkin kalau sudah menggunakan Metode BLw lagi di rumah poop nya kembali normal) . Besok kita pulang ke rumah ya nak, kembali lagi BLW kita. Makin pintar ya makannya nak!

Advertisements

Perkembangan Ragnar 1-3 bulan

Hari ini tanggal 7 januari 2017 , Ragnar sudah memasuki usia 4 bulan 21 hari yeayy!!!!  Sebentar lagi 5 bulan dan bulan depan dia sudah bisa MPASI. Pengen bahas soal persiapan Mpasi tapi Skip dulu soal Mpasi deh, karena selama 4 bulan ini banyak banget moment perkembangan Ragnar yang gak ke tulis d blog, karena lebih banyak di abadikan di Instagram haha…

Keingetan banget dari awal Ragnar lahir, dia masih mungil banget, berat badan masih 3.3kg panjangnya 50cm, 2 bulan awal saya masih bolak balik di rumah orang tua dan rumah mertua, kalo di rumah orang tua saya, saya seperti merawat Ragnar sendiri, karena Mama menyerahkan semuanya ke saya, tapi itu bagus sih bikin saya belajar. Saya mandiin Ragnar sejak Ragnar usia 7hari, setelah dia puput puser. Takut? Pasti. Secara saya sama sekali belum pernah gendong bayi apalagi mandiin bayi. Tapi, dengan naluri keibuan yang telah timbul saya memberanikan diri dan meyAkinkan diri kalau saya bisa. Karena hampir 97% orang yang kenal saya gak percaya saya bisa ngurua anak. Sampe kalau di rumah mertua aja saya gak berani mandiin Ragnar dan ngaku nya kalo di rumah orang tua saya, Ragnar masih di mandiin sama Bidan. Xixi.

Perkembangan Ragnar 1bulan

Saya inget betul awal-awal lahir saat masih menjadi zombie, dan bergelut dengan pompa asi, tiap malem di rumah mertua saya sibuk ngompa asi,buat tengah malem, karena saat itu Ragnar belum bisa direct bf. kalau di rumah mertua saya, nyuapi asi pakai sendok, kalo di rumah mama saya waduh repot, gak setelaten itu! Akhirnya umur 1 mingguan Ragnar mulai di perkenalkan dot. Dan dia mulai keenakan pakai dot karena alirannya deres kali yee. Tapi saya tetep mengajari dia buat direct bf. karena saya harus bisa bikin dia menyusui langsung.

Saya belum paham juga ternyata dot bikin kembung, karena mama saya suka kasi dot kosong kalau asi nya habis, jadi di biarkan Ragnar tetep ngenyot dot, pantes aja dia sering gumoh. Pernah tengah malem pertama kalinya saya panik karena saya liat Ragnar gumoh parah. Saya hanya takut cairan gumohnya itu masuk telinga. Wah saya panik setengah mati. Ditambah mata ngantuk, kepala pusing kurang tidur. Ohlalaa zombie banget!

Awal melahirkan tidak jauh dengan google. Apapun yang terjadi dengan Ragnar saya cari tau di google, dari mulai mandiin, susunan bedongan, apa aja yang di pakai setelah mandi dan lain-lain. Semua serba latihan sendiri. Usia 2 minggu saya mulai memperkenalkan nipple shield pigeon k ragnar biar dia mau direct bf. Yap! Dia mau. Tapi repot banget, harus d cuci dulu, d steril dulu. Sampai akhirnya saya menemukan titik kelelahan untuk nyuci nipple. Dan mulai mengajari Ragnar menyusui langsung tanpa nipple. 7 september tepat 3 minggu! Dia mau menyusui langsung. Wah bahagianya. Dari situ mompa asi udah mulai berkurang karena dia udah bisa menyusui langsung. Tinggal belajar menyusui sambil tiduran. Ragnar semakin pintar, makin lama dia makin pintar menyusui langsung, akhirnya asal sabar dan di biasakan akhirnya di usia ke 2 bulan Ragnar sudah bisa menyusui sambil tiduran. 22 september, Mata Ragnar sudah bisa fokus loh, saking senengnya akhirnya saya ajak selfie dan subhanallah, dia lihat kamera sambil senyum.

IMG_3218IMG_3210IMG_3169IMG_3141IMG_3117
img_3349.jpg

Perkembangan Ragnar 2 Bulan.

Tepat di 2 bulan 17 Oktober 2016, saya, suami dan Ragnar pulang ke rumah sendiri, saya senang, walaupun saya udah mikir pasti repot banget ngurus rumah dan urus ragnar sendiri. ah.. saya optimis saya bisa. jadi pasti bisa. malam pertama tidur di rumah Ragnar anteng-anteng aja, paling hari ke 2 sampai seterusnya masih bangun malam itupun hanya nenon dan lanjut tidur lagi. Saya kembali buka onlineshop, bisa melakukan pekerjaan rumah, pokonya masih ke handle karena ragnar masih stay di kasur belum bisa kesana kemari. Hanya sebatas belajar miring itu pun belum lancar. Jadi selama umur 2 bulan bunda masih aman ngerjain semua kerjaan bunda karena Ragnar masih sering bobok.

IMG_3716IMG_4152IMG_4162

Perkembangan Ragnar 3 bulan.

Sebenarnya masih 2 bulan lebih mau ke 3 bulan tepat di tanggal 4 november 2016, Ragnar mulai lincah, sedang berusaha miring-miring sampai akhirnya di tanggal inilah Ragnar pertama kali nya bisa bener-bener miring. alhamdulillah saya yang exciting lihat dia bisa miring sendiri, hahaa setelah mau memasuki usia 3 bulan Rasanya perkembangan Ragnar kian pesat. Semakin pintar. Contohnya di tanggal 6 november Ragnar sudah bisa memasukan teether k dalam mulutnya, karna sebelumnya masih meleset-meleset, sampai akhirnya sudah mahir gigit teether hehee.

Mainan Ragnar belum banyak, di usia 2bulan duduk di bouncer tapi hanya sebatas duduk dan belum tertarik dengan mainan yang ada di depan nya, eh tapi d tanggal 9 november Ragnar sudah mulai tertarik loh sama mainan nya, 15 november Ragnar sudah mulai ngoceh! Bahagianya denger celotehan anak,  dan 19 november Ragndr bisa tengkurep sendiri dengan posisi kepala bener2 tegak lho. Dari awal lahir Ragnar itu gak pernah tidur tengkurep, padahal katanya bayi nyaman ya tidur di posisi itu, tapi Ragnar sih malah gabisa, tapi tanggal 1 desember, perdana lho dia tidur tengkurep, walaupun sebentar.

Bahagia banget ya bisa lihat perkembangan anak setiap hari- ny, senang bisa menemani di masa usia keemasan nya, alhamdulillah sejauh ini belum dan gak ada kepikiran dulu pengen kerja lagi, fokus gimana ngurus Ragnar dan pengen punya usaha sendiri, insha Allah meski bunda kerja di rumah , rejeki kamu selalu ada ya nak,

di usia 3 bulan ini juga Ragnar baru sempet di botakin kepalanya, hehe..

IMG_4668IMG_4724IMG_4772IMG_4778IMG_4812

Bunda teledor

Dear ragnar…

Maafkan bunda nak, maafkan atas keteledoran bunda, bunda tinggalin kamu k dapur sebentar untuk k toilet dengan posisi kamu tidak tidur, kamu lagi asyik denger lagu di tv dan mainan d kasur. Padahal biasany kamu juga anteng walaupun kamu lagi aktif-aktifnya dan bunda tinggal sebentar untuk melakukan kerjaan rumah, mungkin hari itu tanggal 14 feb 2017 , musibah datang dan mengharuskan bunda untuk lebih hati-hati menjaga kamu., kamu terjatuh dari kasur, itu hal yg paling ayah, bunda takut selama ini, tapi bersyukurny posisi jatuh kamu miring dengan tangan memegang sprei dan pas bunda lihat kamu, kepala kamu mulai kebentur lantai, seperti waktu kamu belajar merangkak d   Lantai, setelah itu kamu nangis. Mungkin poSisi jatuhny tangan kamu yang nyentuh lantai duluan, masih bersyukur bukan kepala duluan, Terlepas dari kejadian itu, masih ada rasa alhamdulillah, kamu masih baik-baik saja, nangis sebentar dan kemudian ceria lagi. Alhamdulillah lagi tidak sampai luka atau muntah.. itu sesuatu hal yg paling disesalkan. Bunda harus lebih telaten menjaga kamu, setelah 3 hari dari kejadian itu, alhamdulillah tidak ada hal yang aneh, kamu sehat. Bunda gak berani bilang ayah, tapi bunda harus bilang ayah, karena hati bunda juga gak tenang. maafkan bunda nak. Mudah-mudahan kamu sehat selalu. Bunda janji akan jauh lebih hati-hati menjaga kamu, mungkin ini juga sentilan untuk bunda untuk tidak lengah meninggalkan kamu saat kamu tidak tidur, meskipun itu hanya untuk cuci piring, bunda bakal temani kamu main dan bunda lakukan semua aktifitas bunda kalo kamu tidur, dan itu pun bunda tidurin kamu d playmat aj bukan d kasur, biar saat kamu bangun ternyata bunda lagi nyuci baju atau lagi d dapur, setidakny jauh sesuatu yang tinggi. Dan insha Allah masih aman.

Terimakasih ragnar, saat bunda peluk kamu setelah kamu nangis habis jatuh, justru kamu yang lihat bunda dan seolah bilang im okay, dan kamu ceria lagi seolah tidak ada apa-apa. Bunda masih sangat merasa berdosa, menyesal. 

Terimakasih ya Allah atas teguran ini, insha Allah hamba lebih hati-hati dalam menjaga titipan-Mu. Sehat kan selalu Ragnar, lindungi ia dari segala marabahaya. 

Guru terbaik

Dear mamah…

Tahun 2016 ini, status saya pun sudah menjadi seorang Ibu. Akhirnya saya tau bagaimana menjadi seorang Ibu. Ketika anak sakit, rasanya gelisah bukan kepalang. Dimana waktu tidur berkurang dan cenderung tidak ada karena banyak yang harus saya lakukan di rumah selagi anak saya tidur. Saat ini Ragnar 4 bulan, saya masih berlatih untuk menjadi seorang Ibu, seorang Istri, seorang pekerja onlineshop. dimana saya harus sibuk mengurus bayi, mengurus rumah dan mengurus deadline pesanan design saya. Lelah? Pasti. Tapi ternyata semua itu kalau di lakukan dengan ikhlas terasa ringan. Dulu, saya selalu menentang mamah, selalu membuat menangis karna ulah saya. Akhirnya saya tau rasanya khawatir terhadap anak. Saat saya merasa capek, dan ketika Ragnar rewel, saya pun tau rasanya kenapa banyak juga Ibu-ibu sering kesel karna ulah anaknya, ternyata disitulah tantangannya, apakah saya bisa mengendalikan emosi saya? Apakah saya bisa melatih atau mendidik anak saya dengan baik? Waktu tidur saya sangat berkurang semenjak punya anak. Karena saat Ia tidur itulah waktu yang pas untuk saya melakukan semua pekerjaan saya. Pekerjaan rumah yang tidak habis-habis. Harus sabar ketika pekerjaan belum selesai ternyata anak bangun dan menangis. Tapi, saat lelah, kalau lihat wajah anak saya sedang tidur, rasa lelah itu hilang. Ya… saya akhirnya tau kenapa mamah selalu nangis ketika saya pergi jauh. Waktu kuliah dan waktu saya kerja di jakarta. Dulu saya selalu bilang mamah lebay. Tapi.. ohh ini ternyata rasanya, ingin rasanya selalu dekat dengan anak. Saya merasa dekat dengan mamah semenjak saya selesai kuliah, setelah saya sudah kembali ke rumah, ya.. selama ini saya biasa saja, selama kuliah di Bandung saya jarang pulang, jarang sms apalagi telepon. Saya tidak tau juga ternyata di rumah mamah mengkhawatirkan saya, hanya saja tidak di ungkap. Alasannya satu “takut saya jadi gak fokus kuliah” . Selama kuliah apa saya memikirkan mamah? Tidak. Saya hanya memikirkan main main main. Saya pergi ke gunung, pergi k luar kota, apa saya bilang? No. Alasan saya pun satu “takut mamah khawatir dan kepikiran”. 

Setelah saya kembali ke rumah setelah 4 tahun merantau, saya tau bagaimana mamah memperjuangkan supaya saya tetap bisa bayar kuliah, di Bandung saya enak tinggal minta uang, apa saya tau ternyata mamah saya mengalami sulit uang? No. Pada saat itu mana saya peduli. Mamah selalu tidak pernah mau melihat saya pergi, karena beliau selalu bilang “mamah menganggap kamu main, jadi kamu pasti pulang, jd untuk apa mamah lihat kamu pergi, kan kamu main” itulah cara beliau supaya tidak nangis. 

Saat semua orang menilai saya buruk, hanya mamah yang selalu menilai saya baik. Mengaggap Saya tidak pernah salah. Disaat saya di kucilkan orang, mamah lah orang yang menguatkan saya dan meyakinkan saya bahwa saya lebih baik. Beberapa orang tua teman saya menilai saya bukan anak baik, karena dandanan saya yang semrawut dan anak kosan pergaulan pasti bebas, jadi takut berdampak buruk terhadap anaknya, tapi mamah saya tetap percaya saya tidak macem-macem. Ya.. hanya mamah yang percaya saya anak baik. 

Sampai saat ini, sampai saya sudah menikah dan sudah menjadi Ibu pun, mamah tetap menjadi malaikat penolong saya, dan saya merasa saya sangat membutuhkan mamah, dan tidak mau jauh lagi. Semua yang mamah rasakan mungkin sebagian telah saya rasakan. Ternyata begini menjadi seorang Ibu, bekerja di rumah, menjadi guru untuk anak, menjadi Istri , menjadi perawat, dan masih banyak lagi. 

Mamah saya seorang guru SD kelas 1, saya belajar membaca di rumah dan di sekolah, hingga akhirnya saya pandai membaca, mamah guru terbaik di kehidupan saya, guru yang mengajari arti kehidupan, arti keikhlasan dan arti kejujuran. Bagi saya, mamah saya yang paling terbaik. 

Semoga mamah dan bapa sehat selalu. 

Selamat hari Ibu,Mah. 

Homecare – Baby Spa Karawang

Yang di Karawang, siapa yang galau nyari tempat untuk Baby Spa? sebagai Ibu baru, saya banyak belajar juga katanya baby spa itu bagus untuk perkembangan bayi. menurut sumber yang saya lihat, manfaat baby spa itu :

  • Melancarkan peredaran darah, sehingga perkembangan si kecil akan lebih pesat pada usia pertumbuhannya. Hal ini akan sangat berpengaruh terhadap sistem metabolisme tubuh dan bisa meningkatkan daya tahan tubuh si kecil agar tidak mudah terserang penyakit.
  • Memberikan efek relaksasi, sehingga si kecil bisa tumbuh dengan ceria dan membantu membentuk pribadi yang supel, ceria, dan mandiri.
  • Meningkatkan kualitas tidur, hal ini juga berpengaruh terhadap perkembangan otak bayi karena otak bayi akan berkembang selama masa tidurnya.
  • Mengoptimalkan Tumbuh Kembang anak, motorik bayi dapat berkembang lebih pesat dibanding anak lain seusianya. Spa bayi ini bisa membantu meningkatkan kecerdasan si kecil.
  • Membantu memperbaiki sistem pencernaan si kecil, dan membuatnya mudah makan.

yang saya tahu, tempat baby spa di Karawang itu, di jalan tuparev depan toko sahabat, namanya Momy n Me, eh tapi ternyata setelah di cek, tempatnya tutup terus. saya coba browsing lagi lokasi baby spa daerah karawang, katanya ada di daerah galuh mas, namanya sweety baby, dan lagi lagi di cek ricek lokasi itu sudah tidak ada. sempat bingung, saya mau baby spa tapi dimana ? masa iya di Karawang ngga ada tempat baby spa.

akhirnya saya mencoba tanya ke beberapa teman saya yang memiliki bayi juga. ternyata ada yang tau kalau ada baby spa yang bisa di panggil kerumah. wah itu lebih bagus. jadi tidak usah susah susah keluar rumah dan pasti lebih santai. akhirnya saya mencoba menghubungi terapis nya, yang ternyata seorang bidan. Novi namanya. umurnya di bawah saya. dan belum lama ini ia baru saja menikah, semenjak menikah katanya fokus untuk homecare khusus bayi tapi bisa juga pijat untuk ibu menyusui. ternyata saat saya menghubungi nya, tidak bisa langsung baby spa di hari yang sama, karena saat itu sedang full, jadi saya reservasi untuk keesokan harinya.

lokasi rumahnya dengan rumah saya tidak begitu jauh, sangat dekat malah. rumahnya di di perumahan Peruri, sedangkan saya di grand mutiara Village. paling hanya sampai beberapa menit aja. jam 9 pagi mba Novi datang ke rumah, Ragnar sang bayi baru saja bangun tidur, treatment pertama yang di lakukan itu pijat bayi, dasar Ragnar ngga mau diem, saat di pijet penuh drama, karna baru belajar tengkurep, selama di pijit ngga mau diem, maunya tengkurep terus, mulutnya juga yang ngga berhenti ngoceh, hihi.. di tambah lagi drama makin jadi pas mau nenon, treatment pun tertunda karena Ragnar mau mimi susu. setelah nenon lanjut lagi pijit dan kembali drama minta susu lagi, pokonya beberapa kali dia minta susu saat di pijit. tidak lama, dia lelah, dan nenon terakhirn akhirnya dia tidur. tapi katanya Mba Novi, memang suka seperti itu, bagusnya si bayi bobok dulu setelah di pijit biar pas bangun segar langsung bisa berenang.

selagi nunggu Ragnar bangun, saya juga di treatment pijat laktasi, punggung saya di pijat dan pijat payudara juga, saya juga di ajari memerah asi menggunakan tangan, hihi selama ini saya belum pernah merah asi menggunakan tangan, biasanya menggunakan breast pump  melulu. akhirnya jam setengah 12 juga, Ragnar bangun. waktu bangun, saat nya dia senam dulu sebelum berenang, peregangan kaki dan tangan. lalu kemudian berenang.

ternyata Ragnar anak Bawang, baru di masukin air langsung nangis -_- . bisa jadi karena dia kaget baru pertama kali berenang, saat dia gerakin kaki nya, taunya engga napak ke lantai dan dia nangis sejadi-jadinya. atau dia nangis karena air nya dingin? karena biasanya kalau mandi pakai air anget, who knows. ngga tau juga dia nangis nya karena alasan yang mana. pada intinya sih mukanya takut. kalau di pegang dia berhenti nangisnya.

WhatsApp Image 2016-12-02 at 1.52.05 PM.jpeg

WhatsApp Image 2016-12-02 at 12.23.08 PM (1).jpeg

baby swim nya akhirnya tidak begitu lama, karena Ragnar udah riweuh nangis melulu. dan treatment akhirnya selesai. jam 9 pagi sampai selesai jam 1 siang. waktu yang sangat lama. hihi cukup memuaskan karena bisa nungguin Ragnar bobok dulu sampai bangun. setelah lelah berenang dia tidur pules sampai sore hihi.

harga treatment  ini juga cukup murah, baby swim+ pijat+ senam bayi hanya 90rb dan pijat laktasi 35rb. yuk buibuk daerah Karawang yang mau baby spa, cobain treatment nya Mba Novi, ada nomer WA nya lho 085691316166 .